Comscore Tracker

Ini 5 Manfaat Vanila bagi Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!

Ampuh atasi masalah kecantikan hingga kesehatan jantung!

Vanila adalah salah satu bahan penyedap paling populer di seluruh dunia. Vanila berasal dari tumbuhan Anggrek genus Vanila yang menghasilkan buah-buahan yang berbentuk seperti polong.

Vanila terkenal memiliki aroma yang enak sehingga banyak digunakan sebagai penyedap kuliner, parfum, dan aromaterapi. Bukan hanya aromanya yang enak, ternyata vanila memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat vanila bagi kesehatan? Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Mengatasi kecemasan dan depresi

Ini 5 Manfaat Vanila bagi Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!pexels/mastercowley

Menghirup wangi aromaterapi vanila diketahui berdampak langsung pada saraf yang menginduksi ketenangan dan mengurangi stres kronis.

Studi neurologis telah membuktikan bahwa ekstrak vanila dapat memiliki efek positif pada mereka yang menderita gangguan depresi dan kecemasan. Penelitian yang dilakukan oleh Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di New York menunjukkan bahwa paparan aromaterapi vanila telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala claustrophobia (ketakutan pada ruang tertutup atau ruang sempit).

2. Menjaga kesehatan jantung

Ini 5 Manfaat Vanila bagi Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!medicalnewstoday.com

Ungkapan 'kecil-kecil cabe rawit' dapat disematkan pada pemberi rasa yang satu ini karena menurut banyak penelitian vanila berdampak pada kesehatan jantung.

Bahan aktifnya yang bernama vanilin menunjukkan bahwa vanila dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh secara terukur sehingga dapat mencegah dari penyakit jantung koroner.

Mengonsumsi vanila dalam jumlah yang cukup dapat memperkuat fungsi jantung dengan mencegah aterosklerosis dan radang di pembuluh darah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lipbalm yang Memiliki Aroma Vanilla

3. Perawatan kulit dan rambut

Ini 5 Manfaat Vanila bagi Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!pexels/bruno feitosa

Selain digunakan sebagai aromaterapi atau penyedap pada makanan, vanila juga terkenal sebagai bahan dalam produk kecantikan. Vanila adalah sumber vitamin B yang baik seperti niacin, thiamin, Vitamin B6 dan asam pantotenat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Vanila memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi lingkungan dan racun. Sifat anti bakteri pada vanila dapat melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan kulit bagi masalah kulit berjerawat.

Dalam produk perawatan rambut, vanila dapat membantu dalam mengatasi masalah rambut rontok dengan mengoleskan minyak atsiri vanila yang telah dilarutkan dengan minyak pembawa pada kulit kepala. Hasilnya dapat menguatkan rambut dan mendorong aliran darah ke kulit kepala sehingga mendorong pertumbuhan dan rambut yang lebih indah secara estetika.

4. Membantu penurunan berat badan

Ini 5 Manfaat Vanila bagi Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!pexels/raw pixel

Olahraga dan mengatur pola makan berperan utama dalam proses penurunan berat badan. Bagi kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan bisa melengkapinya dengan mengonsumsi ekstrak vanila.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak vanila memiliki sifat penekan nafsu makan, membantu menurunkan kadar kolesterol, membuat tubuh dan metabolisme lebih efisien, dan secara efektif mendukung tujuan penurunan berat badan.

5. Mengobati gangguan pernapasan

Ini 5 Manfaat Vanila bagi Kesehatan Tubuh, Jarang Diketahui!womanandhome.com

Menghirup aroma vanila tidak hanya menginduksi ketenangan namun juga bisa mengobati batuk, pilek, atau infeksi saluran pernapasannya. Ekstrak vanila memiliki sifat antininflamasi yang dapat membantu melapisi tenggorokan ketika menghirup ekstrak vanila yang dicampur dengan air hangat.

Selain itu, vanila juga menciptakan efek anestesi yang menenangkan yang secara bertahap mengurangi gejala batuk.

Itu dia beberapa manfaat vanila bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan baik dengan penggunaan dalam maupun luar. Kamu tertarik merasakan manfaat sehatnya gak nih?

Baca Juga: 5 Manfaat Jintan Hitam yang Berguna Bagi Kesehatan Tubuh

Mademoiselle Dii Photo Verified Writer Mademoiselle Dii

On a journey of life: dealing with myself.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya