Comscore Tracker

6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaat

Sudah sejak lama dipilih sebagai pengobatan alternatif

Herbal merupakan salah satu pilihan pengobatan yang masih diminati sebagian besar masyarakat Indonesia bahkan di sejumlah negara di dunia.

Bukan tanpa alasan, sejumlah tanaman memang terbukti mengandung senyawa yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Salah satunya adalah brotowali. Tanaman ini sudah terkenal sejak dulu dan banyak digunakan oleh orang tua untuk mengobati berbagai penyakit dan dikonsumsi sebagai jamu.

Tapi kira-kira apa sajakah khasiat tanaman ini? Menurut Hina Firdous, PhD farmakolog sekaligus kontributor di lybrate, brotowali memiliki manfaat kesehatan sebagai berikut.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaatrd.com

Manfaat pertama dari daun brotowali adalah kemampuannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus sebagai agen peremajaan. Brotowali memiliki sifat antioksidan yang meningkatkan kesehatan dan melawan penyakit berbahaya. Brotowali juga mampu membuang racun dari ginjal dan hati serta menghilangkan radikal bebas.

Selain itu, brotowali juga bersifat melawan bakteri penyebab penyakit dan penyakit hat serta infeksi saluran kemih

2. Mengobati demam kronis

6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaatblogs.discovermagazine.com

Manfaat selanjutnya dari brotowali adalah mengobati demam dan penyakit kronis. Karena bersifat anti piretik, brotowali dapat mengurangi tanda dan gejala beberapa kondisi yang mengancam jiwa, seperti meningkatkan jumlah trombosit darah dan mengurangi gejala demam berdarah juga.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu dapat mencampurkan sedikit ekstrak brotowali dengan madu. Campuran ini dijamin ampuh untuk mengobati malaria.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaatdoktersehat.com

Brotowali juga bisa menjaga sistem pencernaan. Ramuan brotowali ini terkenal dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Bahkan, kamu tetap bisa membuat obat sederhana ini di rumah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Caranya campurkan setengah gram bubuk brotowali dengan beberapa amla secara teratur.

Jus brotowali juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan mentega untuk memaksimalkan hasilnya. Singkatnya, bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan mencegah gangguan pencernaan.

Baca Juga: 5 Tanaman Terbaik untuk Usir Nyamuk dengan Baunya yang Harum

4. Obat diabetes

6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaatwebmd.com

Untuk orang dengan diabetes, brotowali juga merupakan obat alternatif yang efektif. Brotowali bertindak sebagai agen hipoglikemik yang bisa menurunkan tekanan darah dan lipid. Sehingga tanaman ini sangat efektif untuk mengobati diabetes tipe 2.

Pasien diabetes juga dapat mengonsumsi jus brotowali untuk mengurangi kadar gula darah yang tinggi.

5. Mengatasi artritis

6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaathealth.harvard.edu

Brotowali memiliki sifat sifat anti-inflamatori serta anti-rematik yang bermanfaat untuk mengatasi artritis dan gejala yang menyertainya, termasuk nyeri sendi. Tapi pastikan pasien berkonsultasi dulu dengan dokter ya.

6. Meningkatkan kesehatan mata

6 Khasiat Brotowali bagi Kesehatan, Tanaman Herbal Sejuta Manfaatbaycare.net

Brotowali juga bisa digunakan untuk mengobati gangguan mata yaitu untuk meningkatkan kemampuan melihat dengan jelas dan lebih baik tanpa kacamata. Bahkan, di beberapa bagian India, masyarakat di sana mengaplikasikan brotowali langsung ke mata.

Tapi untuk kamu yang ingin merasakan manfaat brotowali untuk mata, kamu bisa merebus beberapa helai daun ini dengan air. Setelah itu biarkan hingga dingin dan oleskan ke seluruh kelopak mata. Dijamin, kamu bisa langsung melihat hasilnya secara instan.

Gimana, luar biasa bukan manfaat brotowali bagi kesehatan? Semoga informasi di atas bermanfaat!

Baca Juga: 10 Bahan Alami Pengganti Gula yang Lebih Sehat, Kamu Suka yang Mana?

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You