Comscore Tracker

6 Manfaat Menakjubkan Daging Burung Puyuh, Bikin Sehat

Rasa dagingnya juga lezat lho

Puyuh merupakan jenis burung mirip ayam dengan ayam tetapi berukuran lebih kecil. Sama seperti ayam, puyuh juga termasuk burung yang tidak dapat terbang. Selama ini burung puyuh kerap diternak sebagai burung penghasil telur. Telur burung puyuh yang berukuran mini ini terkenal memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Tapi selain telurnya yang sangat bergizi, ternyata daging burung puyuh juga memiliki khasiat yang hebat bagi kesehatan lho. Kira-kira apa saja khasiat daging burung puyuh bagi kesehatan? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Baik untuk diet dan jantung

6 Manfaat Menakjubkan Daging Burung Puyuh, Bikin Sehatnhs.uk

Buat kamu yang lagi diet, daging burung puyuh bisa jadi pilihan santapan yang lezat dan menyehatkan. Kandungan lemak yang terdapat pada daging burung puyuh merupakan lemak tak jenuh, yang mana lemak tersebut termasuk dalam golongan lemak baik. Lemak tak jenuh dapat mengendalikan kadar kolesterol yang menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah dan dapat menganggu sirkulasi darah dalam tubuh termasuk gangguan fungsi jantung. Jadi selain gak bikin gemuk, konsumsi daging burung puyuh juga bikin jantung kamu lebih sehat.

2. Memperbaiki jaringan tubuh

6 Manfaat Menakjubkan Daging Burung Puyuh, Bikin SehatMindbodygreen.com

Daging burung puyuh juga kaya akan protein. Protein sendiri merupakan senyawa esensial yang diperlukan dalam pembentukan berbagai jaringan pada tubuh, menguatkan kuku, rambut, serta produksi hormon dan enzim dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit

6 Manfaat Menakjubkan Daging Burung Puyuh, Bikin Sehatsiobeauty.com

Dalam daging burung puyuh juga terdapat vitamin E, yaitu senyawa yang menjadi kunci dalam dunia kecantikan sejak lama. Vitamin E bermanfaat dalam meningkatkan produksi kolagen, mempercepat regenerasi sel kulit, serta bersifat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Alhasil, dengan rutin konsumsi daging burung puyuh kamu akan mendapatkan kulit yang lebih kenyal dan awet muda.

Baca Juga: 5 Manfaat Daging Burung Unta, Hidangan Khas Berbuka di Pakistan

4. Mencegah osteoporosis

6 Manfaat Menakjubkan Daging Burung Puyuh, Bikin SehatMumby.com

Untuk orang dengan usia lanjut, olahan daging burung puyuh bisa menghambat osteoporosis karena daging puyuh kaya akan fosfor dan kalsium, yang mana keduanya merupakan senyawa penyusun tulang. Sehingga konsumsi daging burung puyuh dapat membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Cocok banget buat orangtua atau kakek nenek kamu yang masih aktif bergerak!

5. Kaya akan zat besi yang dapat mengatasi anemia

6 Manfaat Menakjubkan Daging Burung Puyuh, Bikin Sehatwellandgood.com

Buat kamu yang punya anemia, konsumsi daging burung puyuh secara rutin bisa membantu mengatasi anemia. Ini lantaran daging burung puyuh mengandung tinggi zat besi, yaitu salah satu unsur penyusun hemoglobin dalam darah. Dengan memiliki jumlah hemoglobin yang normal, niscaya proses suplai oksigen dan sari makanan dalam darah akan berjalan normal. Alhasil kamu pun bisa terbebas dari rasa lemas dan sering pusing.

6. Nutrisi yang baik bagi janin

6 Manfaat Menakjubkan Daging Burung Puyuh, Bikin SehatWomenshealthmag.com

Para ibu hamil tentunya perlu mengonsumsi hidangan yang kaya akan nutrisi demi tumbuh kembang janin yang cerdas dan sehat. Nah, daging burung puyuh bisa jadi sumber nutrisi yang bagus untuk ibu hamil. Ini lantaran daging burung puyuh kaya akan senyawa yang bermanfaat seperti protein, vitamin, mineral, lemak baik, kolin, yang mana semua senyawa tersebut dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam rahim.

Gimana? Hebat banget kan khasiat daging burung puyuh bagi kesehatan. Menurut kamu, daging burung puyuh paling mantap kalau diolah menjadi apa?

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup yang Bisa Kamu Pelajari Dari Seekor Burung

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya