Comscore Tracker

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!

Perlu menghindari makanan pedas dan asam

Hernia merupakan kondisi ketika ukuran organ membesar melalui titik lunak atau lemah di tubuh. Kondisi ini bisa menyakitkan dan bahkan mungkin mematikan, dan biasanya menyerang kelompok usia 50 tahun ke atas. 

Hernia biasanya memerlukan penanganan medis dan operasi. Namun, ada pula pengobatan alami yang bisa membantu meringankan gejala dan mengurangi risiko komplikasi hernia. Bagaimana caranya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Minyak biji jarak

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi minyak biji jarak (facefeelosophy.com)

Minyak biji jarak telah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan perut sejak dulu. Ini karena minyak biji jarak dapat membantu mencegah peradangan dan mendorong pencernaan yang baik. 

Kamu bisa mengoleskan minyak biji jarak di perut dan cara ini bisa membantu meredakan gejala hernia yang menyakitkan, mengutip Organic Facts.

2. Lidah buaya

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi lidah buaya (pixabay.com/casselesingold)

Lidah buaya yang dijadikan jus dapat efektif meredakan nyeri secara alami pada orang-orang dengan hernia. Ini karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan punya efek menenangkan.

Jus lidah buaya dapat diminum saat perut kosong pada pagi hari atau bisa juga dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, cairan dari lidah buaya juga bisa dioleskan ke area tubuh yang sakit, dilansir Times Now News.

3. Pijat

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi pijat (zamamassage.com)

Dilansir Stylecraze, pijat dapat membantu meringankan gejala hernia, khususnya hernia hiatus, yaitu kondisi bagian atas lambung masuk ke rongga dada.

Untuk melakukannya, kamu bisa berbaring telentang dan menempatkan jari-jari tepat di bawah tulang dada, tempat di mana tulang rusuk bisa dirasakan. Selanjutnya, tekan lembut dan perlahan bergerak ke arah pusar. Untuk efek terbaik, ulangi gerakan tersebut sebanyak lima kali. Pijatan ini bisa dilakukan dua kali sehari.

4. Kompres dengan es

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi kompres es di perut (cryolux.com.au)

Pada penderita hernia, mereka sering mengalami peradangan, kemerahan, dan nyeri di perut dan bagian tubuh lainnya. Mengaplikasikan kompres dengan es pada bagian tubuh yang mengalami hernia dapat mengurangi dan meredakan pembengkakan.

Selain itu, kompres es juga dapat meredakan kembung serta rasa nyeri yang dirasakan, mengutip Shuddhi.

Baca Juga: Dikenal dengan Turun Berok, Ini 5 Jenis Hernia yang Perlu Kamu Ketahui

5. Lada hitam

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi lada hitam (pixabay.com/ka_re)

Bukan cuma penyedap masakan, lada hitam juga bisa kamu andalkan untuk menenangkan dan mengurangi peradangan usus.

Lada hitam dikatakan dapat membantu menekan refluks asam, sehingga dapat merangsang penyembuhan di bagian tubuh yang terganggu ketika organ mulai mendorong melalui dinding rongga atau ketika tubuh mengalami pembengkakan.

6. Jahe

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi jahe (freepik.com/Racool_studio)

Jahe sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti sakit perut, masalah lambung, atau hernia. Sebab, jahe merupakan sumber antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan hernia.

Selain itu jahe juga dapat melindungi perut dan kerongkongan dari penumpukan cairan lambung, yang mungkin dialami oleh penderita hernia. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, dicampurkan ke dalam makanan, atau bisa juga dimakan mentah.

7. Makanan yang perlu dihindari dan yang sebaiknya dikonsumsi

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi jus sayur (unsplash.com/Alex Loup)

Dilansir Pristyn Care, penderita hernia harus menghindari makanan tertentu seperti makanan pedas dan asam. Ini karena jenis makanan tersebut sulit dicerna dan bisa "mengobarkan" lapisan lambung, sehingga menyebabkan proses penyembuhan hernia jadi lebih sulit.

Sementara itu, mengonsumsi segelas jus sayuran, terutama wortel, bayam, bawang, brokoli, dan/atau kangkung bisa amat bermanfaat dan efektif untuk meringankan gejala hernia.

Nutrisi dan sifat antiinflamasi dalam sayur-sayuran dapat menenangkan gejala nyeri dan sensasi terbakar yang muncul akibat hernia. Menambahkan sedikit garam pada jus sayur yang dikonsumsi juga dipercaya dapat meningkatkan efeknya.

Baca Juga: 7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambat

8. Menurunkan berat badan dan mengusir stres

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilustrasi menurunkan berat badan (remediesforme.com)

Kelebihan berat badan hingga obesitas adalah salah satu faktor risiko utama dari hernia. Karenanya, menurunkan berat badan merupakan kunci untuk mencegah hernia.

Obesitas juga dapat memperlambat proses penyembuhan pengidap hernia, sehingga menurunkan berat badan merupakan pilihan pengobatan alami yang amat baik untuk meredakan gejala hernia.

Ketika berat badan turun, pengidap mungkin menjadi tidak terlalu tegang secara fisik dan postur tubuh membaik, sehingga hernia mungkin bisa hilang secara alami. Disarankan juga untuk makan dalam porsi kecil untuk mengurangi tekanan pada perut dan pada sfingter.

Selain obesitas, stres dan kecemasan juga berperan dalam pembentukan dan berkembangnya penyakit hernia. Hormon stres yang berlebih dalam tubuh dapat membuat organ-organ tubuh melemah, sehingga tekanan pada metabolisme dapat meningkat.

Masalah perut dan refluks asam juga dapat dipengaruhi oleh stres, yang dapat berujung pada peningkatan risiko hernia. Karenanya, mengelola stres dengan baik sangat diperlukan. Bisa dengan meditasi, yoga, akupunktur, pijat, atau menggunakan minyak esensial dan aromaterapi.

Melakukan yoga dan meditasi dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh dan mengurangi kemungkinan jatuh sakit. Tidak hanya itu, yoga juga dapat membantu meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan otot.

9. Menghindari olahraga berat atau aktivitas fisik yang berlebihan

9 Cara Meredakan Gejala Hernia secara Alami, Mudah Dilakukan!ilutrasi angkat beban (unsplash.com/Victor Freitas)

Melakukan olahraga berat atau aktivitas fisik berlebihan merupakan salah satu penyebab utama hernia. Penderita hernia pun disarankan untuk menguranginya, dan supaya aman gantikan dengan latihan ringan selama masa pemulihan.

Bila punya riwayat hernia sebelumnya, sebaiknya tahan diri untuk tidak mengangkat berat badan sebagai langkah pencegahan untuk mencegah hernia kambuh.

Bila kamu punya hernia, anjuran latihan atau aktivitas fisik yang bisa dilakukan antara lain:

  • Berjalan di dalam kolam renang dengan menyelesaikan 4-5 putaran
  • Berbaring di matras dan lakukan gerakan mengayuh sepeda dengan posisi kaki di atas
  • Jalan cepat minimal 30 menit setiap hari

Sebelum mencoba cara-cara alami di atas, penting buat pengidap hernia untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter. Sebab, bila mengalami tanda atau gejala hernia, sebaiknya itu diperiksakan dulu agar dokter bisa menentukan pengobatan yang tepat. Sebagian hernia mungkin tidak bisa sembuh secara alami tanpa operasi.

Baca Juga: 10 Penyakit yang Sebabkan Batuk serta Durasi Batuk Berlangsung

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya