Comscore Tracker

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantung

Sayangi jantungmu!

Jantung adalah organ tubuh yang paling vital bagi manusia, bekerja memompa darah lewat pembuluh ke seluruh tubuh. Darah yang dipompakan oleh jantung ke seluruh tubuh berfungsi sebagai oksigen dan nutrisi bagi tubuh.

Di samping fungsi jantung yang sangat vital bagi manusia, hendaknya kita pun senantiasa menjaga dan melindungi jantung dari hal-hal yang mengatakan kesehatan.

Beberapa makanan di bawah ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, di antaranya sebagai berikut.

1. Pisang

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantungpixabay/Security

Pisang adalah buah-buahan yang berasal dari tumbuhan terna raksasa. Berkulit kuning dan buahnya terasa manis dan bisa diolah dengan berbagai kreasi makanan seperti bolu, kolak, dll.

Pisang bermanfaat baik bagi kesehatan jantung, karena dalam pisang terkandung mineral yaitu kalium. Kalium yang terkandung dalam pisang dapat langsung memasuki aliran darah melalui dinding usus. Kalium tersebut larut dalam cairan sel dan berjalan di sekitar sel seluruh tubuh.

2. Melon

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantungpixabay/Dgraph88

Melon ialah buah-buahan yang termasuk dalam kategori labu-labuan seperti timun suri. Buahnya yang manis dan segar biasa dijadikan sebagai dessert.

Buah melon mengandung zat adenosine yang mana zat tersebut bermanfaat mencegah dan menghentikan penggumpalan darah. Cara kerjanya ialah melancarkan peredaran sel darah merah yang mampu mengurangi serangan jantung.

3. Susu kedelai

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantungpixabay/rawpixel

Susu kedelai ialah minuman yang dihasilkan dari kedelai, minuman ini biasa dihidangkan saat sarapan. Susu Kedelai pun berfungsi baik bagi kesehatan jantung, dari kandungan yang terdapat pada susu kedelai seperti lemak, protein, dan kalori tentunya baik bagi kesehatan, salah satunya mencegah penyakit jantung (kardiovaskular). Dalam proses memperbaiki jantung membutuhkan sodium, protein, dan lemak jenuh, zat-zat tentunya terkandung dalam susu kedelai.

Dalam satu gelas susu kedelai mengandung 3,6 gram lemak, 104 kalori, 6,3 protein dan 0,5 gram lemak jenuh, kandungan-kandungan tersebut tentunya baik bagi kesehatan, salah satunya jantung.

Baca Juga: Mudah, Lakukan 8 Hal Sederhana Ini untuk Menjaga Kesehatan Jantungmu

4. Wortel

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantungpixabay/Couleur

Wortel umumnya disajikan sebagai sayuran, terkadang banyak orang yang memanfaatkannya dengan cara di jus. Tanaman yang harus dibudidayakan di ketinggian 1000 mdpl ini sudah menjadi rahasia umum kaya akan vitamin.

Namun ternyata wortel pun bermanfaat bagi kesehatan jantung, wortel mengandung zat anti-oksidan poliacetilan, di mana zat tersebut berperan penting dalam menangkal radikal bebas.

Jika kamu mengonsumsi satu gelas jus wortel setiap hari dipercaya dapat mencegah penyakit jantung.

5. Buah naga

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantungpixabay/skeeze

Buah naga ialah buah-buahan yang berasal dari jenis kaktus. Rasanya yang segar biasa disajikan dalam semangkok es campur.

Buah-buahan yang tinggi serat ini mengandung lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh tunggal tersebut berfungsi untuk kesehatan jantung, jika mengonsumsi buah naga jantung tetap dalam kondisi yang prima.

6. Kacang mete

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantungpixabay/wirdefalks

Kacang mete ialah makanan yang berasal dari biji jambu mete, biasa diolah dengan cara digoreng untuk dijadikan penganan camilan.

Ternyata kacang mete bermanfaat bagi kesehatan jantung, kacang mete mengandung zat seperti vitamin, vitamin E, vitamin B6, kalium, folat, dan serat. Kandungan zat dalam kacang mete tersebut berfungsi mencegah risiko penyakit jantung dan kadar kolesterol jahat LDL.

7. Kurma

7 Jenis Makanan Ini Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Jantunginstagram/Astrid Febriana Rizal

Kurma ialah buah-buahan yang berasal dari Timur Tengah, dalam buah kurma terkandung fosfor, magnesium, zinc, nutrisi, vitamin, selenium dan mangan.

Kurma jika dimakan langsung atau di jus baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya penyakit jantung. Hal tersebut berkat kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam kurma. Dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma secara rutin minimal 3 buah per hari.

Itulah beberapa buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sejatinya kita semua harus selalu menjaga kesehatan, cara pertama dari pola hidup sehat dan makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Saat Berbuka Ini Gak Baik Bagi Kesehatan, Wajib Dihindari!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You