Comscore Tracker

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!

Biar tetap nyaman bergerak

Olahraga memang merupakan aktivitas fisik yang membutuhkan energi atau tenaga cukup besar. Untuk itu diperlukan konsumsi makanan sebagai sumber energi. Namun meskipun demikian, tidak semua makanan cocok dikonsumsi sebelum berolahraga. Ada yang sebaiknya dikonsumsi beberapa jam sebelum berolahraga untuk menghindari dampak yang terjadi selama  kegiatan olahraga.

Tidak hanya makanan yang kurang sehat yang harus dihindari, beberapa jenis makanan yang tergolong sehat pun tidak baik dikonsumsi sebelum berolahraga karena kandungan zat tertentu  yang kemungkinan bereaksi selama kamu berolahraga.

Simak daftar jenis makanan  berikut ini yang harus kamu coret dari daftar menu sebelum berolahraga: 

1. Jus buah dalam kemasan 

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!ilustrasi jus dalam kemasan (unsplash.com/ Olena Sergienko)

Kandungan nutrisi dalam jus buah kemasan berbeda dengan buah utuh . Jika kamu ingin mendapat manfaat dari kandungan buah, lebih baik kamu memilih buah utuh sebelum berolahraga. Tetapi tetap perhatikan jenis buah apa yang sebaiknya kamu pilih.

Selain itu jus buah dalam kemasan kebanyakan juga mengandung kadar gula yang tinggi yang berisiko   menaikkan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, kamu harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

2. Makanan dengan lemak tinggi

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!ilustrasi makanan berlemak (pixabay.com/RitaE)

Proses perubahan lemak menjadi energi lebih lambat dibandingkan dengan karbohidrat dan protein, sehingga tubuhmu sulit mengandalkan lemak sebagai sumber energi selama berolahraga. Hindari  daging merah, susu, almond,  keju dan hasil olahannya.

Selain itu, makanan dengan lemak tinggi seperti alpukat juga berpotensi menyebabkan perut kembung karena serat tambahan yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Jangan Takut Konsumsi Makanan Berlemak, Ikuti 5 Tips Ini 

3. Makanan pedas 

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!ilustrasi makanan pedas (unsplash.com/Erny)

Jenis makanan ini bisa memicu refluks asam lambung karena zat asam yang keluar dari lambung naik ke kerongkongan, dapat pula menyebabkan  mulut jadi terasa pahit dan dada terasa terbakar. Kondiisi ini tentu saja akan sangat mengganggu kegiatan olahragamu kan?

Jadi, hindari semua jenis makanan yang pedas agar kegiatan olahraga tidak tersendat karena rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu.

 

4. Minuman bersoda

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!ilustrasi miuman bersoda (pexeks.com/ Scott Spedding)

Karbon dioksida dalam minuman bersoda ini dapat menyebabkan kembung dan sakit perut. Apalagi minuman bersoda yang memiliki kandungan gula atau pemanis buatan akan membuat kamu cepat kehilangan energi.

Terlalu banyak minum minuman bersoda juga bisa memberi banyak efek buruk bagi kesehatan. Lebih baik meminum air putih untuk mencegah dehidrasi.

 

5. Minuman energi berkafein

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!ilustrasi minuman energi ( unsplash.com/ Nathan Dumlao)

Minuman energi berkafein berpotensi meningkatkan detak jantung dan tekanan darah yang memicu perasaan gelisah. Kamu tentu saja tidak ingin merasa gelisah selama berolahraga kan?

Kamu bisa mengganti dengam minuman olahraga yang dipercaya mampu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang secara cepat selama melakukan olahraga maupun aktivitas berat lainnya. Minuman olahraga biasanya mengandung kalsium, magnesium dan klorida, bahkan ada yang dilengkapi dengan vitamin C dan vitamin D.

Tetapi meskipun demikian, kamu tetap harus bijaksana mengonsumsi minuman olahraga karena jika terlalu banyak, kandungan gula di dalamnya  juga berisiko buruk terhadap kesehatan gigi bahkan  kenaikan berat badan  jika tidak dibarengi dengan aktivitas atau olahraga yang sesuai.

5. Pisang mentah

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!ilustrasi makan pisang (pexels.com/ Anna)

Pisang sering menjadi pilihan makanan  sehat karena mengandung kalium dan karbohidrat.  Tetapi pisang yang masih mentah mengandung kadar pati yang tinggi yang sulit dicerna. Akibatnya perut akan terasa kembung dan tentu saja akan membuat kegiatan olahraga menjadi tidak nyaman.

Pilihlah pisang yang sudah matang, karena kandungan pati dalam pisang matang telah berubah menjadi gula yang baik untuk sumber tenaga.

7. Sayuran berserat tinggi

Sebelum Berolahraga, Hindari 7 Jenis Makanan dan Minuman Ini!ilustrasi sayuran (pexels.com/ Daria)

Sayur memang bahan makanan sehat, tetapi sayuran yang tinggi serat dapat memperlambat proses pencernaan makanan sehingga selama berolahraga, perut bisa terasa tidak nyaman karena kembung.

Sebaiknya hindari mengonsumsi salad dan sayuran jenis brokoli, kembang kol, kubis dan paprika sebelum berolahraga. Kamu bisa memakannya beberapa jam sebelum melakukan aktivitas olahraga atau bisa juga dilakukan usai berolahraga.

Agar olahraga dapat dilakukan dengan nyaman dan mendapat hasil sesuai harapan, ada baiknya kamu memperhatikan daftar makanan di atas yang harus kamu hindari. Dengan kecermatan memilih makanan dan  dan kehati-hatian  dalam menentukan waktu konsumsi sesuai jenis makanan sebelum berolahraga, kamu akan terhindar dari akibat-akibat buruk yang mungkin terjadi. Dengan begitu, tentu kegiatan olahragamu akan lebih menyenangkan. Selamat berolahraga ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga yang Perlu Kamu Tahu

Dream Praire Photo Writer Dream Praire

Menulis, membaca, karyawati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya