Comscore Tracker

5 Manfaat Timun Suri, Si Hidangan Favorit Saat Buka Puasa

Cek manfaatnya

Jenis buah yang satu ini kerap jadi hidangan favorit banyak orang selama bulan Ramadan. Selain pengolahannya yang mudah, timun suri juga bisa diolah menjadi minuman menyegarkan yang sangat cocok disantap saat berbuka puasa. Nah ternyata timun suri memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuhmu, lho. Yuk simak beberapa manfaat timun suri seperti berikut.

1. Membantu melancarkan sistem pencernaan

5 Manfaat Timun Suri, Si Hidangan Favorit Saat Buka Puasaalodokter.com

Timun suri memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi. Sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang memiliki gangguan terhadap pencernaan. Namun jika kamu tak memiliki keluhan mengenai pencernaan, kamu tetap boleh mengonsumsi buah ini untuk mencegah gangguan pencernaan.

2. Mencegah kanker

5 Manfaat Timun Suri, Si Hidangan Favorit Saat Buka Puasapexels.com/Pixabay

Ternyata timun suri sangat baik untuk menghambat pertumbuhan kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan saponin yang terdapat di dalam timun suri. Saponin terbukti bisa melawan semua radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi timun suri secara rutin bisa mengurangi risiko kanker.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

5 Manfaat Timun Suri, Si Hidangan Favorit Saat Buka Puasapexels.com/Pixabay

Manfaat lain dari timun suri yaitu mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Buah yang satu ini memiliki kandungan potasium, magnesium, saponin dan juga serat. Di mana keempat kandungan tersebut bisa membuat tekanan darah menjadi stabil. Sehingga timun suri sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Timun Suri yang Matang, si Buah Khas Ramadan 

4. Menyembuhkan gangguan penglihatan

5 Manfaat Timun Suri, Si Hidangan Favorit Saat Buka Puasapexels.com/Nicola Giordano

Tak ada yang mengira bukan jika timun suri mampu menyembuhkan gangguan penglihatan yang mengharuskanmu menggunakan kacamata. Yap, hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin A di dalam timun suri yang cukup tinggi. Di mana vitamin A tersebut sangat baik untuk kesehatan mata.

5. Memiliki manfaat untuk kecantikan

5 Manfaat Timun Suri, Si Hidangan Favorit Saat Buka Puasaunsplash.com/x )

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata timun suri juga berguna untuk kecantikan. Kandungan antioksidan di dalam timun suri dapat mencegah penuaan dini. Tak hanya itu saja, rajin mengonsumsi timun suri juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut serta melindungi kuku agar tidak rusak.

Itulah lima manfaat dari timun suri. Selain rasanya yang enak ternyata buah ini memiliki manfaat yang luar biasa. Wah pantas saja kalau timun suri menjadi hidangan favorit selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Primadona Saat Ramadan, Ini 5 Khasiat Buah Timun Suri

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You