Comscore Tracker

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrol

Agar wajahmu tak terlihat seperti kilang minyak!

Minyak atau sebum sebenarnya penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Namun jika produksinya terlalu berlebihan, kulit akan tampak seperti kilang minyak! Belum lagi, kondisi itu bisa memicu penyumbatan pori-pori, jerawat, beruntusan, dan komedo

Jika kamu tak ingin itu terjadi, ada sejumlah cara yang bisa kamu coba untuk mengontrol produksi minyak pada kulit. Yuk, simak cara mengatasi kulit berminyak berikut ini! Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, kok. 

1. Cucilah wajahmu setidaknya dua kali sehari

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontroltreehugger.com

Cara pertama untuk mengatasi kulit yang terlalu berminyak adalah dengan menyeimbangkan kondisi kulit. Kamu bisa melakukannya dengan mencuci wajah setidaknya dua kali sehari. Ini bisa membantu mengurangi sebum yang terperangkap di pori-pori.

Akan tetapi, mencuci wajah juga tidak boleh dilakukan terlalu sering. Sebab, kulit yang kering karena sabun justru memicu kelenjar minyak untuk lebih aktif daripada biasanya.

2. Kulit berminyak tetap butuh pelembap

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolhappyknits.com

Banyak kesalahpahaman mengenai kulit berminyak. Orang-orang beranggapan bahwa jenis kulit tersebut tidak membutuhkan pelembap lagi karena khawatir akan semakin terlihat seperti kilang minyak. Namun ini adalah anggapan yang keliru. 

Kamu sebaiknya tetap menggunakan pelembap, terutama yang bebas minyak, karena produk tersebut bisa mengendalikan produksi sebum. Gunakan pelembap yang ringan setelah mencuci muka. 

3. Pakailah gel lidah buaya

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolgreatist.com

Gel lidah buaya adalah produk perawatan kulit yang multifungsi. Selain membantu mengatasi masalah jerawat, lidah buaya juga mampu mengendalikan produksi sebum yang berlebihan. 

Bukan hanya itu, kandungan astringent di dalam lidah buaya juga mampu membantu membersihkan dan memperkecil tampilan pori-pori kulit. Maka dari itu, kamu bisa mengaplikasikan gel lidah buaya sebagai pelembap. 

4. Pakai masker tanah liat atau clay mask

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolskincare.com

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan masker tanah liat atau clay mask. Kandungan di dalamnya efektif dalam menyerap minyak yang berlebih di dalam pori-pori. Tak hanya itu, melansir Healthline, masker tanah liat juga bisa mencegah pertumbuhan jerawat, komedo, dan whitehead

5. Manfaatkan oatmeal sebagai masker

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolbyrdie.com

Jurnal dari University of Louisville School of Medicine, Amerika Serikat, tahun 2014 mengatakan bahwa oatmeal mampu membersihkan kulit hingga bersih, termasuk dari minyak yang berlebihan. Selain itu, oatmeal juga mengandung saponin dan antioksidan untuk menenangkan kulit. 

Kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan bahan-bahan lain, seperti madu, yoghurt, atau pisang yang dihancurkan. Setelah itu, aplikasikan masker alami tersebut ke wajah selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan kulitmu pun akan terasa lebih ternutrisi.

Baca Juga: Ini 8 Perawatan Kulit Bangsawan Zaman Dulu yang Ampuh Bikin Glowing

6. Gunakan lemon untuk cegah penumpukan sebum

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolhearstapps.com

Pada umumnya, kulit berminyak rentan berjerawat. Oleh karena itu, kamu juga sebaiknya memakai produk yang bisa mencegah penumpukan sebum di pori-pori yang berpotensi untuk menjadi jerawat. 

Untuk memakainya, kamu harus memeras air lemon. Setelah itu, aplikasikan ke wajah setidaknya dua kali dalam seminggu. Agar hasilnya maksimal, campurkan dengan madu, putih telur, atau yoghurt.

7. Gunakan tomat sebagai masker

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolmakeitgrateful.com

Melansir Greatist, tomat kaya akan vitamin B, antioksidan, dan berbagai enzim yang baik untuk kulit berminyak. Tak hanya itu, buah tersebut juga mengandung salicylic acid alami. Zat tersebut ampuh untuk menyerap minyak berlebih dan mencegah jerawat. 

Untuk memakainya, haluskan tomat dan oleskan pada wajah. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan irisan tomat di area yang paling berminyak.

8. Waspadai aktivitas hormonal

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolskincare.com

Mengutip Elle, produksi hormon androgen menyebabkan peningkatan produksi minyak pada wajah. Hal ini sering kali menimbulkan beruntusan dan jerawat.

Androgen biasanya diproduksi tubuh ketika kamu sedang stres, menstruasi, hamil, dan menopause. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, waspadailah aktivitas hormonal yang satu ini. 

9. Rekomendasi kandungan skincare untuk kulit berminyak

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolgarnierusa.com

Ada beberapa rekomendasi kandungan skincare yang ampuh dalam mengendalikan produksi minyak berlebih. Berikut ini di antaranya:

  • Salicylic acid atau asam salisilat untuk membersihkan pori-pori dari sebum dan debu yang menumpuk;
  • Hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan;
  • Niacinamide sebagai sumber vitamin B3 untuk mengurangi produksi sebum;
  • Glycolic acid untuk mencegah jerawat;
  • Retinol untuk mengontrol produksi minyak.

10. Atur pola makanmu

10 Cara Mengatasi Kulit yang Terlalu Berminyak, Sebum Lebih Terkontrolmedicalnewstoday.com

Mengatasi kulit yang terlalu berminyak tidak bisa dilakukan hanya dari luar. Kamu juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuhmu. Sebab, sering kali makanan memengaruhi banyaknya produksi sebum. 

Mengutip Elle, yang sebaiknya kamu lakukan adalah mengurangi konsumsi makanan berminyak, gula, dan susu. Sementara, asupan yang sebaiknya diperbanyak adalah makanan yang mengandung zink, magnesium, vitamin B, dan omega-3.

Itulah sepuluh cara mengatasi kulit berminyak. Lakukan cara-cara di atas dengan rutin agar produksi minyak terkontrol, ya!

Baca Juga: 10 Cara Mencerahkan Kulit Wajah, Tanpa Perlu Beli Skincare!

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya