Comscore Tracker

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantung

Tanpa obat dan dijamin ampuh menurut penelitian

Mirip seperti kolesterol, trigliserida atau TG adalah jenis lemak di dalam darah. Zat ini diolah oleh hati dari makanan, seperti keju, nasi, minyak goreng, mentega, dan daging.

Sebenarnya TG adalah lemak yang dapat dipecah menjadi energi. Namun ketika jumlahnya terlalu banyak, ia akan menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah. Akhirnya, kita pun berisiko tinggi untuk terkena stroke dan segala jenis penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar kadar trigliserida kita tetap normal. Berikut ini sejumlah cara alami yang bisa kita lakukan!

1. Batasi konsumsi gula harian

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungistockphoto.com

Menurut laman American Heart Association, gula yang berlebihan dapat berubah menjadi trigliserida dalam darah. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan gula, terutama fruktosa. Misalnya soda, permen, kue-kue manis, es krim, dan lain-lain. 

2. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungdlife.com

Karbohidrat sederhana terdiri dari nasi, tepung, sereal, kue, pasta hingga roti. Makanan tersebut tidak dianjurkan jika kamu ingin mengurangi kadar trigliserida. Pasalnya karbohidrat sederhana mengandung kadar gula. 

Maka dari itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan tersebut. Sebagai gantinya, kamu bisa lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Misalnya ikan, telur, ayam, dan lain-lain.

3. Hindari makanan berlemak jenuh

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungfoodwatch.com.au

Tak hanya gula, kamu juga harus menghindari makanan yang berlemak jenuh. Pasalnya, mereka dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah kita. Risiko penyakit jantung pun semakin tinggi. Contoh dari lemak jenuh dapat ditemukan pada makanan yang digoreng, makanan olahan, junk food, snack ringan, dan lain-lain.

4. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi lemak baik

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungrd.com

Tidak semua jenis lemak meningkatkan trigliserida. Lemak baik justru dapat menurunkan kadar zat tersebut dan dibutuhkan agar tubuh kita bisa berfungsi secara maksimal, menurut laman American Heart Association

Dari mana kita bisa mendapatkannya? Contoh makanan yang mengandung lemak baik adalah minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, serta ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel. Maka dari itu, perbanyak konsumsi makanan tersebut,, ya!

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Ini Akan Selamatkanmu jika Segera Diketahui

5. Perbanyak konsumsi makanan berserat

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungcloudfront.net

Serat adalah salah satu asupan yang dibutuhkan agar metabolisme tubuh kita lancar. Tak hanya itu, menurut studi dari National Institute of Public Health pada tahun 2011, serat ternyata juga bisa membantu menurunkan trigliserida.

Tercatat bahwa konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat hingga 8 persen. Namun dengan catatan, kita harus mengonsumsi makanan tersebut setiap hari.

6. Konsumsi ikan berlemak

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungdowntoearth.org.in

Ikan memang tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Dilansir dari Dietary Guidlines, ikan terutama yang banyak mengandung lemak sangat ampuh dalam mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol jahat. Ini karena mereka mengandung asam lemak omega-3. 

Bukan hanya itu, menurut studi, konsumsi ikan juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 36 persen. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, kita sebaiknya makan ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

7. Kurangi minuman beralkohol

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungmedicalnewstoday.com

Tanpa disadari, alkohol juga tinggi akan gula dan kalori. Keduanya akan berubah menjadi trigliserida jika jumlahnya terlalu banyak dalam tubuh. Selain itu, alkohol yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes tipe 2. 

“Konsumsi alkohol normal hingga berlebihan dapat meningkatkan kadar trigliserida sebanyak 50 persen atau lebih,” kata Palinski Wade, ahli diet dan nutrisi kepada The Healthy.

8. Konsumsi suplemen alami

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungharvestmarketnaturalfoods.com

Ada beberapa suplemen yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan trigliserida. Berikut ini di antaranya:

  • Minyak ikan: baik untuk memerangi kolesterol jahat, trigliserida, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung;
  • Ekstrak bawang putih: memiliki kandungan anti-inflamasi yang baik untuk mengurangi produksi trigliserida;
  • Temulawak: secara signifikan mengurangi trigliserida tanpa efek samping.

9. Cara lain untuk menurunkan trigliserida

9 Cara Menurunkan Kadar Trigliserida, Lemak Pemicu Penyakit Jantungindependent.co.uk

Selain yang telah disebutkan, masih banyak metode lain yang bisa dilakukan untuk mencegah peningkatan trigliserida. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Olahraga secara teratur minimal 30 menit sehari;
  • Menurunkan berat badan;
  • Memperbanyak konsumsi olahan kedelai;
  • Memperbanyak konsumsi kacang-kacangan pohon (almond, walnut, mede, makadamia, dan pistachio);
  • Kurangi kalori harian;
  • Atur dan ikuti jam makan yang tetap.

Untuk mengetahui kadar trigliserida, kamu perlu melakukan check-up yang biasa dilakukan di klinik atau rumah sakit. Jika hasil menunjukkan angka yang tinggi, maka jangan tunda mengikuti metode di atas, ya! Dengan begitu, trigliserida dapat segera diseimbangkan kembali. 

Baca Juga: 8 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol, Ampuh dan Cepat Tanpa Obat! 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya