Comscore Tracker

Bunda Perlu Tahu, Berikut Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencang

Agar payudara tidak kendur

Perawatan payudara adalah suatu tindakan untuk perawatan tubuh agar payudara tetap terlihat menarik.Dengan bunda melakukan perawatan payudara yang baik, bunda tidak perlu khawatir jika bentuk payudaranya akan cepat berubah dan tidak menarik lagi.

Tujuan perawatan payudara selain agar tetap terlihat menarik adalah memelihara kebersihan, kesehatan, melenturkan, menguatkan puting, dan mengatasi putting yang terbenam. Nah, berikut ini beberapa cara merawat payudara untuk bunda-bunda!

Persyaratan perawatan payudara

Bunda Perlu Tahu, Berikut Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencangilustrasi tangan seorang perempuan yang sedang memegang payudaranya(pixabay.com/pornchai soda)

Sebelum bunda ingin melakukan perawatan payudara, bunda harus tahu bahwa ada persyaratan perawatan payudara. Apa, sih persyaratan perawatan payudara? Pertama, adalah memerhatikan makanan dan menu seimbang. Bunda harus tahu makanan apa yang bagus untuk dikonsumsi atau tidak.

Memerhatikan kebersihan sehari-hari, misalnya mandi sehari dua kali, mengganti pakaian, mengganti celana dalam saat basah, serta memakai bra yang bersih dan bentuk bra yang menyokong payudara. Selain itu, bagi bunda yang sudah terbiasa merokok dan meminum minuman alkohol, maka sebaiknya dihentikan, ya. Dua kebiasaan tersebut dapat memengaruhi kesehatan payudara secara lebih signifikan.

1. Menjaga berat badan yang ideal

Bunda Perlu Tahu, Berikut Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencangilustrasi berat badan (pixabay.com/laylabird)

Dilansir dr.Fadhli Rizal Makarim, cara yang pertama yang dapat bunda lakukan adalah dengan menjaga berat badan ideal. Hal itu dilakukan agar dapat menjadikan payudara menjadi lebih kencang dan enak untuk dilihat.

Pasalnya, berat badan yang naik turun terlalu cepat, dapat mengurangi elastisitas pada kulit daerah dada sehingga payudara menjadi terlihat kendur. Maka dari itu sangat saya sarankan untuk tidak melakukan diet ekstrim karena hal tersebut dapat membuat payudara bunda cepat mengendur.

2. Berhenti merokok

Bunda Perlu Tahu, Berikut Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencangilustrasi berhenti merokok (pixabay.com/bymuratdeniz)

Cara kedua adalah berhenti merokok. Perlu bunda ketahui bahwa kegiatan merokok dapat mambuat tubuh tidak sehat karena berpengaruh pada peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.

Tak hanya itu, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastisitas sehingga kulit bunda akan lebih mudah kendur terutama di daerah payudara. Maka, bunda-bunda yang sedang menjadi perokok aktif disarankan untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan kulit dan mencegah payudara menjadi kendur.

3.Memilih bra yang tepat

Bunda Perlu Tahu, Berikut Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencangilustrasi perempuan memegang bra (pixabay.com/happycity21)

Cara yang ketiga adalah memilih bra yang tepat. Maksud dari memilih bra yang tepat adalah bra yang sesuai dengan bentuk dan ukuran payudara bunda. Bra yang tepat yaitu bra yang mampu menopang payudara bunda dengan nyaman.

Dengan memilih bra yang tepat, payudara bunda akan tetap kencang dan kesehatan tubuh akan tetap terjaga.Jika bunda-bunda di rumah sedang menyusui anak, maka gunakan bra yang sesuai untuk menyusui. Jika bunda sedang melakukan olahraga, maka gunakan sport bra atau bra khusus untuk orang olahraga.

Baca Juga: 5 Alasan Puting Payudara Terasa Gatal, Apakah Normal?

4.Berolahraga secara rutin

Bunda Perlu Tahu, Berikut Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencangilustrasi olahraga (pixabay.com/skynesher)

Cara yang keempat adalah dengan berolahraga. Namun ingat, harus olahraga yang teratur. Dengan bunda melakukan olahraga secara teratur, maka berat badan bunda akan tetap terjaga dan dapat mengencangkan payudara sehingga tidak akan kendur.

Nah, dengan bunda melakukan olahraga, maka otot-otot di payudara pun akan mengencang. Melatih otot-otot dada, bahu, dan punggung dapat membuat bagian atas menjadi lebih kuat untuk menopang payudara. Nih saya kasih tips untuk bunda jenis olahraga yang bisa bunda lakukan, di antaranya : push up, plank, angkat beban dengan dumbbell, dan chest press.

5.Mengonsumsi makanan bergizi

Bunda Perlu Tahu, Berikut Cara Merawat Payudara Agar Tetap Kencangilustrasi mengonsumsi makanan bergizi (pixabay.com/amenic181)

Cara yang terakhir adalah mengosumsi makanan yang bergizi. Dengan bunda mengonsumsi makanan yang bergizi, tubuh akan sehat dan membuat kulit tidak keriput. Makanan bergizi terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, makanan laut, dan makanan berprotein tinggi.

Ada beberapa makanan yang dapat menjaga elastisitas kulit dan mengurangi munculnya keriput, terutama payudara. Antara lain omega 3, vitamin, dan makanan antioksidan. Makanan yang mengangung omega 3 adalah ikan kembung, ikan salmon, ikan tuna, dan ikan teri.Makanan yang mengandung vitamin adalah hati ayam, telur, kembang kol, tempe dan tahu. Sedangkan makanan yang mengandung antioksidan adalah brokoli, kol, dan bayam. 

Perlu bunda ketahui bahwa cara merawat payudara itu ada banyak. Namun, disini ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah. Ingat ya bunda, bahwa perawatan payudara bisa berhasil, jika bunda melakukannya dengan sungguh-sungguh!

Baca Juga: 5 Alasan Puting Payudara Terasa Gatal, Apakah Normal?

Khusnul Khotimah Photo Writer Khusnul Khotimah

Semakin besar usahamu semakin tercapai keinginanmu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya