Comscore Tracker

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuh

Dijamin kamu bakal cinta banget sama bakteri ini

Pada umumnya, orang sering menganggap bakteri adalah kuman berbahaya karena menyebabkan penyakit pada tubuh. Tapi nyatanya, tubuh kita mengandung banyak sekali bakteri yang tergolong menjadi bakteri jahat dan bakteri baik. Wah, ternyata ada juga bakteri yang baik, ya! 

Bakteri baik memiliki peranan untuk membantu fungsi organ-organ dalam tubuh kita agar dapat bekerja dengan lebih baik dan memberikan manfaat pada kesehatan kita. Misalnya, bakteri yang biasanya ada di usus kita membantu mencerna makanan, menghancurkan mikroorganisme penyebab penyakit, dan memproduksi vitamin. Salah satu bakteri baik yang sering kita dengar adalah probiotik. Biasanya, probiotik ini dapat ditemukan di produk-produk susu dan turunannya, seperti yogurt, keju, dan kefir, buttermilk, kemudian dapat juga ditemukan di tempe, minuman olahan kedelai, dan granola.

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhchiroeco.com

Probiotik adalah bakteri hidup seperti lactobacilli dan bifidobacteria yang menjaga dan memperkuat saluran pencernaan dan membantu kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, probiotik juga dikenal dengan sifat detoksifikasi mereka, karena mereka dapat membantu membersihkan racun dan bahan kimia dari tubuhmu. Bakteri baik ini pun dapat merangsang penyerapan nutrisi, sehingga memudahkan tubuhmu untuk memproses vitamin dan mineral. 

Untuk lebih jelasnya, yuk kita lihat beberapa manfaat dari si bakteri baik ini!

1. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhhenryfordlivewell.com

Fungsi utama dari probiotik adalah membantu menjaga agar pencernaanmu tetap sehat. Saluran pencernaan kita biasanya memiliki triliunan bakteri usus dan ragi, yang secara kolektif dikenal sebagai "flora usus''. Agar sistem pencernaan berfungsi dengan baik, flora usus harus seimbang. Dalam kondisi pencernaan yang sehat atau normal, bakteri baik di usus lebih banyak daripada bakteri yang jahat. Nah, untuk menjaga kesehatan pencernaan ini, probiotik bekerja dengan cara membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi pencernaan dan membantu penyerapan makanan dan nutrisi.

Probiotik dapat membantu mencegah dan memperbaiki beberapa penyakit pada sistem pencernaan, seperti:

  • Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau iritasi usus
  • Radang usus
  • Diare yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit
  • Diare karena penggunaan antibiotik
  • Konstipasi

Menakjubkan, ya!

2. Meningkatkan sistem imun

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhculturelle.com

Dengan menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat dalam sistem pencernaan kamu, hal ini sebenarnya dapat sekaligus meningkatkan kekuatan dan efisiensi sistem kekebalan tubuh. Bakteri probiotik dapat menghambat reproduksi dan kelangsungan hidup patogen berbahaya di usus, dan mereka juga dapat mengatur jumlah antibodi yang ada di usus. Hal ini akan menjadikan sistem kekebalan lebih kuat dan siap untuk melawan penyakit.

Gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis, Crohn's Disease, dan ulcerative colitis pun lebih sering terjadi ketika tingkat bakteri baik dan buruk tidak seimbang, sehingga diperlukan probiotik untuk dapat membantu mengatur homeostasis usus, dan bahkan menyelamatkan hidup kamu.

Selain itu, beberapa jenis probiotik dikenal untuk membantu pembuatan antibodi alami dalam tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel-sel kekebalan termasuk sel-sel natural killer, sel-sel yang memproduksi Ig-A, serta limfosit T.

3. Membantu menjaga kesehatan mulut

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhdupontdental.com

Bakteri gak hanya memengaruhi pencernaan kita. Mereka juga berkontribusi menjadi peran utama dalam menjaga kesehatan mulut yang baik. Inilah sebabnya mengapa ada beberapa produk tablet hisap probiotik yang tersedia di pasaran untuk membantu mengurangi timbulnya penyakit periodontal.

Mengonsumsi probiotik dapat membantu kamu mencegah berbagai jenis infeksi mulut dan tenggorokan yang mengarah pada gejala lainnya yang lebih buruk. Kalau kamu terus-menerus menderita bau mulut, mungkin kamu perlu dosis probiotik yang tepat untuk mengatasinya. 

Tapi, kamu harus tetap rajin menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulutmu, ya!

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Dasar Yogurt, Gak Bikin Perut Buncit

4. Membantu menurunkan berat badan

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuheverydayhealth.com

Orang yang mengalami kesulitan menurunkan berat badan bisa mendapatkan manfaat besar dari probiotik. Gak hanya terbantu dalam menjaga pencernaan yang baik; beberapa probiotik juga mencegah lemak makanan terserap di usus. Lemak ini kemudian dikeluarkan dari sistem pencernaan jadi gak menumpuk di tubuh.

Selain itu, probiotik membantu kamu merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama. Ini berarti kamu bisa makan lebih sedikit dan menyimpan lebih sedikit lemak. Wah, bisa mempercepat perjalanan penurunan berat badan kamu, nih!

Tetapi pastikan dulu kamu mengetahui berbagai jenis probiotik dan pengaruhnya terhadap penurunan berat badan. Karena beberapa jenis probiotik seperti Lactobacillus acidophilus menyebabkan kenaikan berat badan. 

Jangan sampai salah pilih probiotik ya!

5. Meringankan alergi, eksim, dan flu

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhhealth.qld.gov.au

Ada beberapa probiotik yang meringankan gejala eksim yang parah pada bayi dan anak kecil. Inilah sebabnya mengapa probiotik direkomendasikan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit.

Menurut sebuah penelitian, ketika bayi diberi susu tambahan probiotik, mereka menunjukkan hasil yang lebih baik dan mengurangi gejala eksim daripada anak-anak yang diberi susu tanpa probiotik.

Selain itu, daya tahan tubuh yang kuat sebagai salah satu manfaat mengonsumsi probiotik pun berkontribusi besar saat kamu sedang rentan terkena flu yang memang membutuhkan imunitas tinggi agar tidak mudah terpapar. 

6. Membantu menjaga kesehatan kulit

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhhealthlibrary.in

Kesehatan kulitmu berkaitan berat dengan kesehatan ususmu. Ketika flora usus seimbang, tubuh mampu menyerap nutrisi dan menghilangkan racun. Ini membantu mencegah peradangan kronis yang menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Yuk, mulai perbaiki kondisi kulit kita dimulai dari menyehatkan usus kita!

7. Mencegah kanker

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhmedicalnewstoday.com

Probiotik juga dapat bermanfaat dalam mencegah kanker. Studi penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor yang mengarah pada perkembangan kanker tertentu. Luar biasa banget ya, fungsi dari probiotik ini!

8. Menjaga tekanan darah

Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Probiotik Untuk Tubuhhealth.harvard.edu

Salah satu manfaat paling menakjubkan dari probiotik adalah bahwa probiotik sangat membantu mengurangi kadar tekanan darah tinggi. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak dapat mempertahankan tekanan darah yang sehat dapat mengambil manfaat dari probiotik untuk mengobati hipertensi. Tapi kamu tetap harus memiliki gaya hidup sehat ya, jangan cuma mengandalkan probiotik saja.

Nah, beberapa poin di atas merupakan manfaat dari probiotik yang bagus buat kesehatan tubuh. Yuk, kita mulai pola hidup sehat dengan cara mengonsumsi probiotik. Tapi jangan berlebihan, ya!

Baca Juga: Gak Cuma Yogurt, Ini 7 Makanan Terbaik yang Mengandung Probiotik Alami

Natur Yasinka Photo Writer Natur Yasinka

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya