Comscore Tracker

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Perut

Minum secara rutin untuk memperoleh hasil terbaik!

Bisa dibilang, teh adalah minuman yang paling populer di dunia. Mau diminum dalam keadaan panas atau dingin, teh tetap terasa nikmat. Teh cocok disajikan dalam suasana apapun, seperti saat bersantai di sore hari, bertamu dan lainnya.

Dari sekian banyak jenis teh, ada beberapa teh yang diyakini bisa menurunkan berat badan dan mengecilkan lemak di perut. Tertarik menjalani diet dengan secangkir teh ini?

1. Teh hitam

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Perutfreepik.com

Varian teh ini adalah yang paling sering dijumpai dan paling ekonomis. Teh hitam telah mengalami oksidasi, yakni reaksi kimia ketika daun teh terpapar udara dan membuat warnanya jadi kecoklatan. Ketika diseduh, teh ini akan berubah warna menjadi gelap.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA), teh hitam terbukti bisa menurunkan berat badan dengan cara mengubah bakteri di usus. Polifenol pada teh hitam merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Menurut Susanne Henning, PhD, asisten profesor di UCLA Center for Human Nutrition, teh hitam adalah prebiotik, zat yang mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dan memperbaiki metabolisme. Sehingga, kita terhindar dari risiko kenaikan berat badan. Penelitian ini dipublikasikan di European Journal of Nutrition pada 30 September 2017.

2. Teh hijau

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Perutfreepik.com

Sebagian orang menganggap teh hijau lebih ampuh menurunkan berat badan dibanding teh hitam. Apakah benar? Berdasarkan penelitian berjudul "Effectiveness of Green Tea on Weight Reduction in Obese Thais: A Randomized, Controlled Trial" yang dipublikasikan di jurnal Physiology & Behavior, orang yang minum teh hijau akan kehilangan berat badan sebanyak 3,3 kilogram.

Penelitian ini melibatkan 60 orang yang mengalami kelebihan berat badan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok yang meminum teh hijau dan kelompok yang tidak mendapatkan penanganan apapun. Penelitian ini dilakukan selama dua minggu. Selain mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh dan lingkar pinggang berkurang secara signifikan berkat teh hijau.

Apa rahasia di balik teh hijau? Rupanya, teh hijau mengandung katekin, antioksidan alami yang meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Efek yang sama juga bisa didapatkan dari matcha. Disarankan untuk tidak meminum teh hijau lebih dari 5 cangkir per hari.

3. Teh oolong

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Perutliquidimageco.com

Tahukah kamu, apa itu teh oolong? Ini adalah teh tradisional dari Tiongkok yang teroksidasi sebagian, menempatkannya di antara teh hijau dan teh hitam.

Setelah diteliti, teh oolong terbukti bisa menurunkan berat badan, meningkatkan pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme. Ini ditegaskan di penelitian berjudul "Beneficial Effects of Oolong Tea Consumption on Diet-Induced Overweight and Obese Subjects" yang dipublikasikan di Chinese Journal of Integrative Medicine.

Penelitian ini melibatkan 102 orang yang mengalami obesitas. Mereka diminta untuk meminum teh oolong setiap hari selama enam minggu.

Apa yang terjadi? Para partisipan mengalami penurunan berat badan karena kalori dalam tubuh mereka lebih cepat dibakar.

4. Teh putih

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Perutpowerofpositivity.com

Mungkin, kamu bertanya-tanya, apa itu teh putih? Teh ini mengalami proses yang minimal dan dipetik ketika usianya masih muda.

Rasanya pun lebih halus dan sedikit manis, berbeda dengan teh lain yang memiliki citarasa kuat dan cenderung pahit. Teh putih berkhasiat untuk membunuh sel kanker, meningkatkan kesehatan mulut dan menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian berjudul "White and Green Teas (Camellia sinensis Var. Sinensis): Variation in Phenolic, Methylxanthine and Antioxidant Profiles" yang dipublikasikan di Journal of Food Science, ditemukan bahwa teh putih bisa menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Ekstrak teh putih bisa memecah sel-sel lemak sekaligus mencegah pembentukan sel lemak yang baru.

Baca Juga: Agar Tak Semakin Parah, Hindari 7 Minuman Ini saat Perut Kembung

5. Teh puerh

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Peruttutorming.com

Namanya terdengar asing, tetapi teh puerh ini sangat terkenal di Tiongkok. Ini adalah teh hitam yang telah melalui proses fermentasi.

Teh ini berkhasiat untuk menurunkan gula darah dan trigliserida dalam darah, tetapi bisa juga digunakan untuk menurunkan berat badan. Ini dibuktikan lewat penelitian berjudul "Comparative Studies on the Hypolipidemic and Growth Suppressive Effects of Oolong, Black, Pu-erh and Green Tea Leaves in Rats" yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Penelitian ini melibatkan 70 laki-laki yang dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok diberi kapsul ekstrak teh puerh, sementara kelompok lainnya tidak. Hasilnya, setelah tiga bulan, orang yang mengonsumsi kapsul ekstrak teh puerh kehilangan berat badan sebanyak satu kilogram. Walau berat badan hanya turun sedikit, lebih baik daripada tidak sama sekali, kan?

6. Teh rosella

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Perutsafimex.com

Mungkin, kamu sering mendengar khasiat teh rosella untuk pengobatan. Teh ini dibuat dari seduhan tanaman Hibiscus sabdariffa dalam air mendidih. Rasanya unik, yakni asam yang mirip dengan buah cranberry. Menurut studi, teh ini bisa menurunkan tekanan darah, melawan bakteri dan menurunkan berat badan. Tidak percaya?

Hal ini dibuktikan lewat penelitian berjudul "Hibiscus Sabdariffa Extract Inhibits Obesity and Fat Accumulation and Improves Liver Steatosis in Humans" yang dipublikasikan di jurnal Food & Function. Studi ini melibatkan 36 peserta yang kelebihan berat badan yang dibagi dalam dua kelompok.

Satu kelompok diberi teh rosella dan sisanya tidak. Setelah 12 minggu, teh rosella terbukti menurunkan berat badan, mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki rasio pinggul terhadap pinggang.

7. Teh jahe

7 Teh Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurangi Lemak di Perutteoshealthylifestyle.com

Terakhir, kamu bisa mencoba teh jahe yang efektif menurunkan berat badan. Jahe mengandung senyawa bernama shogaol dan gingerol yang bisa merangsang metabolisme. Selain itu, jahe bisa mengendalikan radikal bebas dan mengatasi peradangan.

Lewat penelitian berjudul "The Effects of Ginger Intake on Weight Loss and Metabolic Profiles among Overweight and Obese Subjects: A Systematic Review and Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials", ditemukan bahwa teh jahe ampuh untuk menurunkan berat badan, menghilangkan lemak perut dan memperbaiki rasio pinggang dan pinggul.

Nah, itulah 7 teh yang terbukti efektif menurunkan berat badan dan mengecilkan lemak di perut. Tak usah ragu, ngeteh yuk!

Baca Juga: Ini Reaksi Tubuh Setelah Minum Soda, Minuman Berkarbonasi Tinggi Gula

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya