Comscore Tracker

Jelang World Heart Day, Kenali Produk Pangan untuk Jantung Sehat

Bantu jaga kesehatan jantung dengan makanan ini, ya!

Sudah tahu tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day? Mengutip laman World Heart Federation, hari peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat dan mencegah penyakit kardiovaskular (berkaitan dengan fungsi jantung dan pembuluh darah).

Penyakit kardiovaskular bukan penyakit yang bisa dianggap sepele. Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mencatat bahwa penyakit jantung menyebabkan kematian terbesar kedua di Indonesia.

Jantung adalah nyawa kita, menjadi bagian yang tak ternilai dalam tubuh. Jantung berperan memompa darah pembawa oksigen dan segala macam zat gizi untuk kelangsungan hidup kita. Ngeri, ya, kalau ada masalah dengan jantung?

Kabar baiknya, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya adalah dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Yuk, kenali apa saja produk pangan yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung kita!

1. Konsumsi minyak zaitun

Jelang World Heart Day, Kenali Produk Pangan untuk Jantung Sehatilustrasi minyak zaitun (flickr.com/Oregon State University)

Layaknya pipa, pembuluh darah kita bisa tersumbat. Tingginya kadar kolesterol atau lemak jahat, disebut low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, bisa menumpuk atau menimbulkan plak dalam pembuluh darah, sehingga pembuluh darah bisa menyempit dan tidak elastis. Hal ini berisiko terhadap masalah jantung, seperti aterosklerosis atau penyakit jantung koroner.

Nah, minyak zaitun mengandung monounsaturated fat acids (MUFA) yang tinggi. Ini adalah sejenis asam lemak tak jenuh yang mekanismenya adalah membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik, yang nantinya membantu membersihkan kelebihan LDL dalam tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa minyak zaitun tidak cocok untuk pemasakan suhu tinggi, seperti menggoreng. Minyak zaitun memiliki titik asap rendah, menurut Tangkudung (2014), yang apabila digunakan untuk menggoreng maka akan berpotensi menjadi free fatty acids yang tidak baik untuk tubuh.

Minyak zaitun bisa dijadikan saus atau dressing untuk salad, menumis, atau bisa juga dikonsumsi lansung, meskipun beberapa jenis minyak zaitun memiliki rasa yang sedikit pahit.

2. Virgin coconut oil

Jelang World Heart Day, Kenali Produk Pangan untuk Jantung Sehatilustrasi virgin coconut oil (draxe.com)

Virgin coconut oil (VCO) juga dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sama dengan minyak zaitun, VCO juga dapat membantu meningkatkan HDL. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam VCO bisa membantu pembuluh darah arteri agar terhindar dari aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Minyak ini bisa dikonsumsi langsung, bisa dimulai dengan 3 sendok makan per hari atau konsultasikan dulu ke dokter atau ahli gizi.

Baca Juga: 6 Fakta Murmur Jantung, Suara seperti Adanya Tiupan pada Jantung

3. Buah dan sayur

Jelang World Heart Day, Kenali Produk Pangan untuk Jantung Sehatilustrasi belanja buah dan sayur (pexels.com/Anna Shvets)

Kenapa harus buah dan sayur? Karena keduanya adalah sumber serat yang tinggi, dan kasus penyakit jantung diketahui juga bisa disebabkan karena asupan serat yang rendah. Jadi, penting untuk memenuhi kebutuhan serat harian, yaitu dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. 

Tidak hanya serat, pada buah tertentu, seperti alpukat, mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. 

Selain itu, faktor risiko penyakit jantung adalah obesitas atau kegemukan. Artinya, kita juga bisa mencegah penyakit jantung dengan cara menjaga berat badan tetap ideal. Salah satu caranya adalah dengan mencegah dan/atau mengatasi obesitas dengan pola makan tinggi serat, dan bila perlu lakukan diet rendah kalori atau rendah lemak.

4. Ikan berlemak

Jelang World Heart Day, Kenali Produk Pangan untuk Jantung Sehatilustrasi ikan salmon (pexels.com/Ivan Samkov)

Apa semua ikan berlemak? Ya, semua ikan mengandung lemak. Namun, ikan berlemak yang di sini adalah jenis ikan yang mengandung tinggi lemak tak jenuh, seperti omega-3.

Lantas, ikan apa yang tinggi omega-3? Kamu bisa mengonsumsi ikan laut seperti sarden, tuna, atau salmon.

5. Bawang putih

Jelang World Heart Day, Kenali Produk Pangan untuk Jantung Sehatilustrasi bawang putih (pexels.com/Nick Collins)

Berdasarkan laporan dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, bawang putih mengandung senyawa organosulfur anti aterosklerosis, yaitu minyak atsiri S-alk(en)il-sistein sulfoksida dan asam amino non-volatil γ-glutamil-S-alk(en)il-L-sistein. Penggunaan bawang putih lazim digunakan untuk sebagai bumbu masakan sehari-hari.

Konsumsi acar bawang putih sempat viral beberapa waktu lalu. Ingat? Dilansir Healthline, makan bawang putih sehari cukup 3-6 gram atau 1-2 siung. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan, ya, konsumsinya karena bawang putih bisa menyebabkan masalah pencernaan, bahkan risiko perdarahan abnormal.

Itulah beberapa produk pangan untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Prinsip dari jenis produk di atas kurang lebih sama, yaitu kaya akan lemak tak jenuh, baik MUFA atau polyunsaturated fatty acid (PUFA), adanya serat, serta senyawa yang baik untuk mengontrol lemak jenuh penyebab penyakit jantung.

Namun, untuk menjaga maupun meningkatkan kesehatan jantung tidak bisa hanya mengandalkan makanan. Pencegahan lain seperti menjaga asupan natrium, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik, dan berhenti merokok juga penting untuk jantung yang sehat. Yuk, investasi kesehatan sejak dini!

Baca Juga: 8 Kebiasaan Umur 20-an dan 30-an yang Akan Mencegah Penyakit Jantung

Putri Yulianingtyas Photo Writer Putri Yulianingtyas

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya