Comscore Tracker

Jangan Sepele, Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit Ini!

Perlu waspada sejak dini!

Kesemutan ditandai dengan gejala mati rasa atau seperti kena setrum listrik pada saat menggerakkan angota tubuh yakni kaki dan tangan. Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah dan saraf saling berhubungan mengalami tekanan. Umumnya kita rasakan saat kondisi tubuh terlalu lama duduk atau berdiri.

Ternyata sering merasakan kesemutan pada tangan dan kaki tidak boleh dianggap remeh karena bisa menjadi pertanda indikasi penyakit lain yang lebih berbahaya. Dilansir dari Prevention, inilah 5 pertanda penyakit serius yang terjadi jika kita sering mengalami kesemutan.

1. Saraf terjepit

Jangan Sepele, Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit Ini!spineuniverse.com

Kerap mengalami kesemutan bisa jadi indikasi munculnya penyakit saraf terjepit. Hal ini bisa disebabkan oleh postur tubuh yang salah saat duduk, berdiri dan tidur serta bisa juga akibat cidera yang mengenai saraf simpatik. Menurut Stanley Lyadurai, MD, seorang profesor kedokteran neuromuskuler di Universitas Negeri Ohio, terapi fisik atau penggunaan obat seperti gabapentin dapat membantu meringankan rasa sakit akibat kesemutan.

2. Malnutrisi

Jangan Sepele, Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit Ini!dawn.com

Kesemutan yang sering terjadi pada kaki bisa jadi pertanda malnutrisi. Malnutrisi yakni kondisi seseorang yang kekurangan zat gizi yakni vitamin B terutama B1, B6, dan B12. Untuk mengatasinya disarankan segera mengkonsumsi suplementasi vitamin kompleks yang merupakan kombinasi B1, B6, dan B12 agar gejala kesemutan tidak terus berlanjut.

3. Stenosis serviks

Jangan Sepele, Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit Ini!pinimg.com

Penyempitan kanal tulang belakang atau disebut dengan stenosis serviks adalah kondisi kanal tulang belakang leher memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang atau akar saraf sehingga menyebabkan kesemutan. Menurut  Esther Young, DO, ahli saraf di Beaumont Health, stenosis serviks dapat didiagnosis dengan MRI atau CT Scan dan disembuhkan dengan terapi fisik atau suntikan epidural.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Mengurangi Kesemutan, Sudah Pernah Coba?

4. Diabetes

Jangan Sepele, Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit Ini!medicalnewstoday.com

Diabetes juga menjadi salah satu kemungkinan penyakit yang dialami pasien jika sering merasakan kesemutan. Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol akan menyebabkan kerusakan saraf perifer yang ditandai dengan gejala mati rasa. Selain itu, pasien juga merasakan haus yang berlebihan, atau sering buang air kecil. Jika kondisi ini terjadi, disarankan secepatnya melakukan tes A1C yakni memeriksakan kadar glukosa selama 3 bulan sebelumnya.

5. Multiple Sclerosis

Jangan Sepele, Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda 5 Penyakit Ini!yalemedicine.org

Kesemutan yang juga ditandai dengan gejala gangguan penglihatan, kecemasan atau masalah pencernaan merupakan pertanda penyakit Multiple Sclerosis (MS). Penyakit ini muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang selaput pelindung saraf dan saraf tulang belakang. Saraf yang rusak akan mengeras dan membentuk jaringan parut (sklerosis).

Nah, Itu dia 5 pertanda penyakit lain yang bisa menyerang akibat dari kesemutan. Jangan anggap sepele, jika kerap mengalami mati rasa pada kaki atau tangan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa menghindari penyakit yang lebih berbahaya! 

Baca Juga: Inilah 7 Penyebab Kesemutan, Mana yang Sering Kamu Alami?

Sertieun . Photo Verified Writer Sertieun .

Writer who loves life with beautiful words...❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya