Comscore Tracker

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!

Yuk, diperhatikan ya...

Sibuknya suasana klinik atau rumah sakit menjadi salah satu faktor sesi konsultasi dengan dokter dan perawat menjadi agak terbatas. Tak hanya kamu, ada pula beberapa hal yang sebenarnya ingin tenaga medis tersebut sampaikan kepadamu seperti berikut ini, dilansir dari berbagai sumber.

1. Tolong, katakan dengan sejujurnya

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!blog.mavencare.com

"Bila menyangkut soal kesehatan, tak perlu malu untuk menyampaikan yang sebenar-benarnya agar pengobatan yang diberikan tepat. Jangan pernah merasa takut untuk dihakimi sebab kami tidak menghakimi. Tak perlu malu untuk mengakui seberapa bergantungnya kamu dengan alkohol, seberapa banyak kamu telah melakukan hubungan intim, dan sebagainya. Percayalah, kami telah melihat banyak yang jauh lebih parah."

2. Perhatikan berat badanmu

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!paragon.fit

"Selalu amati berat badanmu. Bila kamu mengalami penurunan berat badan dengan drastis, kemungkinan besar ada sesuatu hal yang serius terjadi padamu. Pun demikian bila berat badanmu bertambah dengan signifikan dalam waktu singkat."

3. Kenali dirimu sendiri dengan baik

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!thespec.com

"Peraturan pertama, kenali diri sendiri termasuk riwayat kesehatanmu. Pemeriksaan hanya menggunakan mesin saja tidak cukup, apalagi bila kamu telah melakukan pemeriksaan di banyak tempat. Jika kamu cukup banyak mengalami kondisi medis tertentu, akan lebih baik bila kamu membuat catatan tersendiri."

4. Kondisi mental adalah kondisi yang serius

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!au.reachout.com

"Meski tak dapat diamati seperti pada fisik, gangguan mental adalah masalah yang serius. Jangan ragu untuk mencari pertolongan. Kamu tidak sendiri."

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Konsumsi Gula Berlebih Tidak Baik untuk Kesehatanmu

5. RJP tidak seperti yang ada di film

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!davidsonccc.edu

"Bila kamu melihat ada seseorang yang terkapar dan tidak bernapas, mulailah untuk melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru) dengan segera. Jangan berhenti sampai tenaga medis profesional datang meski itu artinya kamu harus melakukannya hingga berjam-jam. RJP tidak ditujukan untuk membuat seseorang kembali terbangun secara ajaib, tetapi untuk menjaga organ vital tubuh tetap berfungsi sampai mendapa perawatan di rumah sakit."

6. Perhatikan dulu penyebab sakit kepala

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!newbodyosteo.com

"Umumnya sakit kepala dikarenakan oleh kurang tidur dan kurang air. Coba tinjau kembali dua hal ini sebelum kamu terburu pergi ke dokter dan membuang waktu, tenaga, dan uang lebih banyak."

7. Kram perut boleh jadi bukanlah kram biasa

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!organicauthority.com

"Bila kamu mengalami kram dan rasa sakit yang terus menerus dan selalu membuatmu hingga tak dapat melakukan aktivitas, jangan selalu menganggapnya remeh. Boleh jadi, hal tersebut bukan pertanda PMS biasa, melainkan kondisi serius lainnya."

8. Konsumsi obat sesuai aturan dokter

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!rbth.com

"Tolong, konsumsi obat yang diberikan sesuai dengan anjuran. Jangan berhenti secara tiba-tiba hanya karena kamu merasa lebih baik. Beberapa penyakit dapat diatasi, tetapi bukan berarti dapat disembuhkan. Pastikan kamu berhenti mengonsumsinya setelah dokter berkata demikian."

9. Dokter tidak sempurna

Ini Lho 9 Hal Penting yang Para Dokter dan Suster Ingin Kamu Tahu!rd.com

"Bagaimanapun, dokter tidak akan memahami detail seluruh kondisi kesehatan yang ada. Karena itu, berdiskusi adalah cara yang tepat. Kamu juga dapat mencari informasi tambahan lain yang ada di buku, jurnal penelitian, dan sebagainya, lalu kita dapat bersama membahas hal tersebut. Tidak ada salahnya untuk mengedukasi diri sendiri terutama tentang apa yang terjadi pada tubuhmu sendiri."

Bagaimanapun, urusan kesehatan adalah tanggung jawab masing-masing. Untuk mendapat solusi dari dokter, kamu juga harus dapat memberikan informasi yang jelas dan jujur, ya! Dengan begitu, perawatan dan pengobatan yang diberikan pun akan sesuai sasaran.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan Serius jika Kamu Tak Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya