Comscore Tracker

5 Cara Mencegah Kanker Mulut yang Bisa Kamu Lakukan

Hindari penyakit mematikan yang menyiksa ini!

Pernah dengar kanker mulut? Memang, angka kematian akibat kanker mulut tidak lebih besar dibandingkan angka kematian lainnya. Terkadang, kanker mulut tidak terdeteksi di stadium awal. Seperti sebuah celengan yang jika sudah penuh tinggal dituai hasilnya, kanker mulut pun seperti itu.

Kanker ini lebih umum ditemui pada laki-laki daripada perempuan. Apalagi, beberapa ahli mengutarakan bahwa penderita kanker mulut sudah mulai merambah dewasa muda (usia 20-an dan 30-an). Untungnya, dengan perkembangan teknologi di bidang medis, kanker ini dapat diobati.

Meski tersedia pengobatan untuk kanker mulut, tetapi cara terbaik adalah dengan mencegah kanker berkembang. Apa saja cara mencegah kanker mulut? Intip di bawah ini, ya!

1. Berkunjung secara rutin ke dokter gigi

5 Cara Mencegah Kanker Mulut yang Bisa Kamu Lakukanilustrasi dokter gigi (pixabay.com/oswaldoruiz)

Apakah yang kamu pikirkan saat berkunjung ke dokter gigi?

  • Gigi bersih?
  • Napas lebih segar?
  • Rongga mulut yang lebih sehat?

Semuanya benar, kok! Namun, apakah pernah terpikir olehmu bahwa kunjungan rutin ke dokter gigi dapat mencegah berkembangnya kanker mulut?

Karena bidangnya berkaitan dengan mulut, dokter gigi lebih sering mendeteksi kanker mulut pertama kali. Oleh karena itu, dengan rutin mengunjungi dokter gigi, kamu dapat mencegah atau mendeteksi kanker mulut lebih dini.

Dokter gigi mungkin akan merujukmu ke spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau spesialis bedah kepala dan tenggorokan. Selain pencegahan melalui dokter gigi, kamu juga dapat menjaga kebersihan rongga mulut dengan menggosok gigi dan flossing secara teratur.

2. Hindari rokok

5 Cara Mencegah Kanker Mulut yang Bisa Kamu Lakukanilustrasi stop merokok (technofaq.org)

Kamu ingat pesan yang tertulis di setiap iklan rokok atau bungkus rokok? Intinya, bahkan produsen rokok pun telah memperingatkan bahwa merokok dapat merusak kesehatan. Salah satu akibatnya adalah kanker mulut.

5 Cara Mencegah Kanker Mulut yang Bisa Kamu Lakukanilustrasi peringatan tentang bahaya merokok (givesmileforme.blogspot.com)

Baik perokok aktif ataupun pasif, kamu lebih rentan terhadap kanker mulut. Merokok dapat menyebabkan munculnya seriawan putih keabuan di rongga mulut.

Seriawan tersebut dinamakan leukoplakia dan ini bersifat karsinogenik. Jadi, kamu harus segera menjauhkan diri dari rokok dan asap rokok yang sama bahayanya untuk mulutmu.

Baca Juga: 8 Gejala Awal Kanker Mulut yang Harus Perokok Waspadai

3. Hindari konsumsi alkohol berlebih

5 Cara Mencegah Kanker Mulut yang Bisa Kamu Lakukanilustrasi laki-laki mabuk-mabukan (unsplash.com/Matteo Vistocco)

Sama seperti merokok, minuman beralkohol juga berbahaya bagi mulut. Makin tinggi kadar alkohol dan jumlah gelasnya, makin tinggi pula risiko kanker mulut.

Alkohol dapat menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap kanker, salah satunya adalah kanker mulut. Apalagi, mulut adalah organ pertama yang "menyambut" cairan alkohol.

Menurut penelitian oleh National Institutes of Health, mereka yang mengonsumsi 3,5 liter alkohol per hari lebih memiliki kemungkinan dua hingga tiga kali lipat terkena kanker mulut. Risiko akan makin tinggi kalau kamu minum alkohol sambil merokok.

4. Mendapatkan vaksin HPV

5 Cara Mencegah Kanker Mulut yang Bisa Kamu Lakukanilustrasi vaksin HPV (openaccessgovernment.org/Jesada Wongsa)

Bukan hanya untuk perempuan, laki-laki pun juga sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin humanpapilloma virus (HPV). Terlebih saat usia laki-laki dalam rentang 40-50 tahun, mereka rentan terkena HPV16 yang menjadi faktor utama penyebab kanker mulut. Seperti yang ditekankan di awal, kanker mulut kadang memiliki gejala yang minimal. Saat sudah parah, baru makin tampak atau terasa gejalanya.

Bagi laki-laki, disarankan untuk mendapat vaksin HPV saat berumur 11 hingga 26 tahun, saat belum aktif secara seksual. Jika sudah divaksinasi HPV, kamu tidak perlu khawatir terhadap HPV. Namun, sebagai langkah pencegahan, para lelaki disarankan untuk mempraktikkan seks aman, yakni dengan kondom dan tidak gonta-ganti pasangan.

5. Lindungi mulut dari paparan sinar matahari

5 Cara Mencegah Kanker Mulut yang Bisa Kamu Lakukanilustrasi lip balm yang mengandung SPF (pexels.com/Burst)

Di tengah pemanasan global dan bolongnya lapisan ozon, sinar dan radiasi matahari makin berbahaya. Karena kanker mulut dapat dipicu oleh radiasi ultraviolet (UV) dari matahari, mereka yang sering bekerja di lapangan lebih rentan terkena kanker mulut. Jika kulitmu rentan terbakar matahari, kamu juga harus melindungi bibirmu karena bibir juga memiliki sensitivitas yang sama seperti kulitmu yang lain.

Disarankan agar kamu menghindari paparan sinar matahari mulai pukul 10 pagi hingga 2 siang. Gunakan lip balm dengan SPF saat kamu sedang berada di luar. Atau, kamu bisa menggunakan topi untuk menutupi wajahmu dari sinar matahari.

Demikianlah beberapa cara mencegah kanker mulut yang bisa kamu upayakan. Ingat, walaupun sudah tersedia pengobatan kanker, tetapi yang jauh lebih baik adalah dengan mencegahnya.

Baca Juga: 7 Jenis Kanker yang Banyak Menyerang Laki-laki, Waspada!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Nurulia R F

Berita Terkini Lainnya