Comscore Tracker

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meringankan Infeksi Sinusitis

Konsumsi dengan tepat, ya!

Sinus adalah rongga kecil yang berada di dalam tulang tengkorak manusia. Secara umum, rongga atau lapisan sinus berhubungan dengan saluran udara yang terdapat di belakang mata kita. Selain itu, saluran sinus juga menyebar di area belakang tulang dahi, tulang pipi, dan di sekitar batang hidung.

Nah, biasanya, penderita sinusitis akan sangat tersiksa ketika mereka naik pesawat terbang. Perasaan pusing, kepala sakit, dan dahi yang nyeri akan dirasakan ketika berada di ketinggian tertentu akibat perbedaan tekanan udara. Tentunya perawatan medis dan penanganan dari dokter adalah jalan terbaik yang bisa dilakukan.

Namun, mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini ternyata dapat meringankan infeksi sinusitis, lho. Gak percaya? Simak saja artikelnya.

1. Cuka apel

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meringankan Infeksi Sinusitisilustrasi cuka sari apel (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

Dilansir Chemist Direct, cuka apel bisa digunakan sebagai bahan makanan yang meringankan infeksi sinusitis. Cuka sari apel memiliki kandungan nutrisi lengkap yang juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Meminum satu sendok cuka apel dengan segelas air hangat tentu akan meredakan sinusitis secara alami.

Namun, jangan berhenti sampai di sini saja. Kamu juga harus berkonsultasi ke dokter jika sinusitis yang dirasakan makin intens, pusing, dan sakit. Nah, dengan kombinasi medis dan mengonsumsi makanan yang tepat, diharapkan infeksi sinusitismu juga akan hilang dan kamu bisa bernapas dengan lega kembali.

2. Lobak

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meringankan Infeksi Sinusitisilustrasi lobak (unsplash.com/Damien Creatz)

Lobak adalah salah satu makanan yang menyehatkan, termasuk untuk meringankan infeksi sinusitis. Laman K Health menerangkan bahwa lobak adalah salah satu dari sekian banyak makanan yang bisa mengurangi rasa tak nyaman bagi penderita sinusitis. Akan tetapi, mengonsumsi lobak juga bukanlah sebuah pengobatan.

Sifatnya hanya meringankan dan mencegah infeksi makin parah. Dalam lobak terkandung berbagai nutrisi dan gizi lengkap, seperti protein, serat, zat besi, magnesium, zodium, vitamin C, dan beberapa senyawa yang mampu mencegah kanker. Namun, terlalu banyak mengonsumsi lobak juga berpotensi membuat tubuh lemas karena turunnya gula darah.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Infeksi HPV Selain dengan Vaksinasi

3. Nanas

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meringankan Infeksi Sinusitisilustrasi buah nanas (unsplash.com/Brooke Lark)

Di luar dugaan, buah nanas ternyata mampu mengatasi dan meringankan infeksi sinusitis. Sebuah artikel kesehatan dari Ear & Sinus Institute, diketahui bahwa nanas mengandung enzim bromelain yang dapat memecah kotoran, lendir, dan zat asing yang ada di dalam saluran sinus.

Enzim ini juga terbukti ampuh untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang biasanya dialami oleh penderita infeksi sinusitis. Bahkan, enzim bromelain juga diketahui mampu mencegah beberapa jenis kanker. Namun, nanas juga jadi pantangan bagi penderita asam lambung. Selain itu, nanas diduga dapat merusak enamel gigi.

4. Teh hijau

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meringankan Infeksi Sinusitisilustrasi teh hijau (unsplash.com/Sergey Norkov)

Sudah lama teh hijau digunakan sebagai minuman berkhasiat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Nah, salah satu manfaat dari mengonsumsi teh hijau adalah menjaga kesehatan rongga sinus. New York Sinus Center dalam lamannya menjelaskan bahwa teh hijau dapat menjadi obat alami bagi sinusitis karena kandungan tinggi antioksidan.

Secara umum, teh hangat memang dapat meredakan dan meringankan infeksi sinusitis. Namun, teh hijau lebih banyak dipilih karena nutrisi dan kandungan gizi di dalamnya lebih lengkap. Jadi, konsumsilah teh hijau yang hangat untuk meredakan perasaan mengganjal di bagian rongga sinus kamu.

5. Madu

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meringankan Infeksi Sinusitisilustrasi madu (unsplash.com/Arwin Neil Baichoo)

Madu memiliki zat atau kandungan yang dapat menenangkan saluran hidung dan tenggorokan, terutama akibat infeksi sinusitis. Dalam kasus tertentu, madu juga bisa mengurangi penumpukan lendir yang menyebabkan infeksi sinusitis. Enzim yang terkandung di dalam madu diduga kuat mampu melawan bakteri, virus, dan jamur.

Menurut laman Netmeds, satu sendok teh madu dapat dicampur dengan satu sendok teh lemon dan campuran ini bisa diminum dua kali sehari untuk meredakan infeksi sinus. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa madu yang akan dikonsumsi adalah madu asli dan kamu tidak memiliki alergi terhadap madu.

Well, itu tadi deretan makanan dan minuman yang bisa meringankan infeksi sinusitis. Konsumsi dengan tepat dan jangan berlebihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, jangan lupa kamu juga wajib berkonsultasi dengan dokter perihal gejala infeksi sinus yang dialami.

Baca Juga: 7 Penyebab Amnesia yang Perlu Diwaspadai, Cedera hingga Infeksi Virus

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya