Comscore Tracker

Jangan Dikonsumsi untuk Sarapan! 6 Makanan Ini Bikin Tubuh Mudah Lemas

Bikin mudah lapar juga

Normalnya, setelah makan, seseorang akan mengalami peningkatan energi dan menjadi lebih bersemangat. Akan tetapi, beberapa makanan justru dapat menguras energi dan membuatmu cepat merasa lemas dan lelah.

Ada beberapa penyebab mengapa makanan justru membuatmu tidak bertenaga, seperti kurangnya nutrisi, tingginya kadar gula dan karbohidrat olahan, serta pengaruh makanan tersebut terhadap kualitas tidur. Oleh karena itu, makanan jenis ini sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan atau ketika hendak melakukan banyak aktivitas.

Berikut ini beberapa daftar makanan yang membuat tubuh cepat merasa lemas dan lelah.

1. Kopi

Jangan Dikonsumsi untuk Sarapan! 6 Makanan Ini Bikin Tubuh Mudah Lemasunsplash.com/Nathan Dumlao

Ketika dikonsumsi dalam jumlah moderat, kopi dapat memiliki efek positif bagi fisik dan mental. Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko pengembangan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson sebesar 26-34 persen.

Namun, menurut penelitian dalam Pharmacology Biochemistry and Behavior, minum kopi secara teratur akan menyebabkan tubuh membangun toleransi yang akan mengurangi kekuatan efeknya.

Bahkan, menurut buku Progress in Brain Research, terlalu banyak kafeina justru dapat berdampak negatif pada kualitas tidur yang dapat mengurangi tingkat energi dalam jangka panjang.

2. Gorengan dan Makanan Cepat Saji

Jangan Dikonsumsi untuk Sarapan! 6 Makanan Ini Bikin Tubuh Mudah Lemasunsplash.com/kazuend

Makanan yang digoreng dan makanan cepat saji juga dapat menguras energi dan membuatmu mudah lemas. Itu karena makanan ini umumnya tinggi lemak dan rendah serat. Keduanya merupakan faktor yang dapat memperlambat pencernaan.

Selain itu, dikutip dari laman Healthline, gorengan dan makanan cepat saji cenderung rendah vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Padahal, makanan kaya nutrisi dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan tingkat energi. Terlalu sering makan gorengan dan makanan cepat saji bisa membuatmu kehilangan nutrisi tersebut.

3. Pasta

Jangan Dikonsumsi untuk Sarapan! 6 Makanan Ini Bikin Tubuh Mudah LemasUnsplash.com/Eaters collective

Karbohidrat memang dapat memberikanmu dorongan energi. Namun, karbohidrat olahan, seperti pada pasta, dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan penurunan insulin. Dilansir laman Huffington Post, ini dapat menyebabkan rasa lemas dan kelelahan beberapa saat setelah makan pasta.

Baca Juga: 10 Menu Andalan yang Biasa Dikonsumsi untuk Sarapan, Mana Favoritmu?

4. Yogurt Tanpa Lemak

Jangan Dikonsumsi untuk Sarapan! 6 Makanan Ini Bikin Tubuh Mudah Lemasunsplash.com/Micheile Henderson

Greek yogurt sudah terkenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Sebaliknya, jenis yogurt tanpa lemak harus dihindari karena justru menyebabkan penurunan energi dan membuatmu cepat lemas.

Sebab, yogurt tanpa lemak biasanya mengandung gula dengan kadar yang tinggi sebagai pengganti kekurangan lemak alami yang pada gilirannya akan menurunkan energi.

5. Smoothie Buah

Jangan Dikonsumsi untuk Sarapan! 6 Makanan Ini Bikin Tubuh Mudah Lemasunsplash.com/Brenda Godinez

Selama ini, smoothie buah dianggap sebagai solusi instan untuk mendapatkan manfaat buah-buahan dalam sekali minum. Padahal, biasanya smoothie mengandung fruktosa dalam jumlah tinggi sebagai pemanis.

Oleh karena itu, kebanyakan produk smoothie tidak begitu menyehatkan dan justru menurunkan level energi, khususnya smoothie dalam bentuk kemasan siap minum.

6. Sereal Sarapan

Jangan Dikonsumsi untuk Sarapan! 6 Makanan Ini Bikin Tubuh Mudah LemasUnsplash.com/Calum Lewis

Dilansir laman The Healthy, sereal sarapan biasanya mengandung banyak gula yang dapat meningkatkan energi dengan cepat, tetapi dorongan energi ini tidak akan bertahan lama dan kadar gula darah akan meningkat dengan cepat.

Ketika itu terjadi, bagian-bagian otak yang membuat kamu waspada akan ditutup dan membuat kamu cepat merasa pening dan lemas.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyebabkan tubuh mudah lelah. Karenanya, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut, ya!

Baca Juga: 5 Sandwich Lezat dari Berbagai Negara di Dunia, Cocok untuk Sarapan!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya