Comscore Tracker

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, Jangan Sering Ditahan!

Kentut itu juga penting bagi kesehatan, lho!

Berbicara tentang kentut tentu menjadi suatu hal yang kurang mengenakkan, bukan? Namun hal ini sangat wajar dialami oleh semua orang. Kentut sendiri terjadi akibat gas yang dihasilkan oleh tubuh dan disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya akibat proses pencernaan makanan yang lalu dikeluarkan melalui anus. 

Kentut mengeluarkan bau yang tidak sedap  sehingga membuat siapa saja yang mencium aromanya akan menghindar dan menutup hidung.  Walaupun begitu, kamu gak bisa menganggap sepele masalah kentut, lho! Banyak yang gak sadar bahwa sebenarnya kentut memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Kentut bahkan dapat memberi peringatan mengenai masalah kesehatan pada tubuhmu. Berikut ini adalah 5 manfaat kentut bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Mengurangi rasa sakit pada perut

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, Jangan Sering Ditahan!ilustrasi sakit perut (pexels.com/Sora Shimazaki)

Manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah kentut adalah mengurangi rasa sakit pada perut. Makanya kenapa kamu dianjurkan untuk tidak keseringan menahan kentut.

Melansir Healthline, saat kamu sedang makan, mengunyah, menelan dan memproses makanan, seluruh aktivitas itu akan mengumpulkan gas di dalam saluran pencernaanmu.  Jika gas menumpuk dalam waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada perut. Tapi ketika kamu buang angin, itu dapat menghilangkan gas dan meredakan tekanan yang menyebabkan rasa sakit pada perut.

2. Menjaga kesehatan usus besar

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, Jangan Sering Ditahan!ilustrasi tangan memegang perut (pexels.com/Kindel Media)

Dalam kondisi berada satu ruangan bersama orang lain tentu membuatmu memilih untuk menahan kentut, bukan? Namun sering menahan kentut bukanlah hal yang baik untuk kamu lakukan. Kamu perlu tahu bahwa kentut juga bermanfaat menjaga kesehatan usus besar.

Melansir Healthline bahwa menahan gas terlalu sering justru bisa mengiritasi usus besar. Hal ini juga dapat mengiritasi wasir. Itulah mengapa buang angin selalu lebih sehat daripada menahannya.

3. Mendeteksi adanya alergi makanan

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, Jangan Sering Ditahan!ilustrasi pria sakit kepala (pexels.com/Andre Piacquadio)

Jika seseorang mengalami alergi, biasanya gejala yang dikeluarkan oleh tubuh adalah rasa gatal atau timbul ruam pada kulit. Nah, siapa sangka jika kentut juga bermanfaat untuk mendeteksi adanya alergi makanan, lho!

Melansir Healthline bahwa ketika kamu mengonsumsi makanan yang menyebabkan  alergi, tubuhmu akan menghasilkan gejala yang memberi tahu bahwa saluran pencernaan sedang terganggu.  Gejala ini mungkin seperti diare, mual, kembung, dan buang angin.

Jika kamu mengalami buang angin secara  berlebihan setelah makan makanan tertentu, tubuhmu mungkin mencoba memberi tahumu bahwa makanan tersebut menyebabkan alergi.

Jika hal ini berlangsung terus menerus lebih baik segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab terjadinya alergi.

Baca Juga: Bisa Jadi Berbahaya, 7 Hewan dengan Kentut yang Tidak Biasa

4. Mengatasi perut kembung

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, Jangan Sering Ditahan!ilustrasi tangan memegang perut (pexels.com/Kindel Media)

Salah satu penyebab perut terasa tidak nyaman adalah perut kembung. Perut kembung terjadi akibat udara yang terjebak dalam saluran pencernaan yang tidak dapat dikeluarkan dari tubuh. Tentu hal ini menimbulkan rasa begah dan tidak nyaman. Nah, dengan buang angin kamu bisa mengatasi perut kembung dengan mengeluarkan udara yang terjebak dalam perut.

5. Sebagai peringatan untuk masalah kesehatan

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan, Jangan Sering Ditahan!ilustrasi wanita sakit perut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bukan hanya membantu mengatasi perut kembung, lho! Ternyata kentut juga dapat menjadi peringatan mengenai masalah kesehatanmu.

Salah satunya jika kamu sering kentut dan mengalami sembelit, hal ini  mungkin memberi tahu bahwa kamu sudah terlalu banyak mengkonsumsi serat. Dr. Niket Sonpal, MD, seorang internis dan ahli gastroenterologi di New York City, mengatakan jika orang yang makan serat secara berlebihan bisa memicu timbulnya gas yang menyebabkan perut kembung, kram, bahkan  sembelit. Serat yang berlebihan inilah yang dapat memperkuat tinjamu. Jika kamu mengkonsumsinya terlalu banyak, gerakan usus pun menjadi sulit untuk dikeluarkan, melansir laman Health.

Adapun menurut tinjauan dari studi Organisasi Kesehatan Dunia yang diterbitkan pada 2019 menjelaskan bahwa  mengonsumsi 25 hingga 29 gram serat makanan setiap hari adalah ukuran yang optimal.

Nah, itulah beberapa manfaat kentut yang penting bagi kesehatan. Dari sekian manfaatnya, yang mana sudah kamu rasakan nih? Walaupun kamu dianjurkan untuk tidak menahan kentut, bukan berarti kamu bisa kentut sembarangan, ya!

Jika kamu sudah merasa ingin buang angin lebih baik segera cari tempat sepi atau toilet agar tidak mengganggu orang yang ada di sekitarmu. Jangan lupa atur pola makan yang sehat agar sistem pencernaanmu juga lancar.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kentut yang Berhubungan dengan Kondisimu

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya