Comscore Tracker

5 Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan, Tetap Semangat!

Jadikan momen tepat untuk belajar hal baru

Kehilangan pekerjaan pasti menjadi momen menyedihkan yang pernah terjadi di dalam hidup. Apalagi, jika kamu menjadi tulang punggung keluarga dan memiliki banyak tanggung jawab. 

Bersedih dan terpuruk boleh saja kamu rasakan, namun kamu juga harus bangkit dan semangat lagi meskipun sulit. Lantas, bagaimana cara untuk bangkit lagi setelah kehilangan pekerjaan? Yuk, cek infonya lewat artikel di bawah ini.

1. Beristirahat dan menenangkan diri

5 Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan, Tetap Semangat!ilustrasi perempuan istirahat (pexels.com/Ron Lach)

Alih-alih langsung mencari pekerjaan baru, lebih baik untuk beristirahat sejenak guna memulihkan diri dari momen yang sulit. Kehilangan pekerjaan tentu bukan hal yang mudah diterima begitu saja, maka dari itu kamu perlu sedikit waktu memahami kenyataan yang terjadi.

Molly Owens, seorang penulis sekaligus CEO of Truity pada laman Lifehack, mengatakan bahwa kamu membutuhkan waktu merenungkan langkah apa yang diambil ke depannya. Memutuskan hal tersebut gak bisa dilakukan dengan terburu-buru, sebab hanya akan menjebakmu ke lingkup pekerjaan yang kurang tepat.

2. Belajar hal baru

5 Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan, Tetap Semangat!ilustrasi perempuan bermain laptop (unsplash.com/anete_lusina)

Daripada terus bersedih, lebih baik kamu belajar sesuatu yang baru sesuai dengan minat dan bakatmu. Dilansir YourTango, Candice Zhang selaku penulis yang berfokus pada hubungan, kesehatan, hingga sesuatu terkini mengatakan, di momen ini kamu memiliki banyak waktu luang untuk mencoba berbagai hal baru.

Maka dari itu, manfaatkanlah waktu tersebut hingga kamu berhasil untuk mempelajari banyak hal baru. Dengan begitu, kamu juga akan punya value lebih ketika terjun di dunia karier kembali.

3. Menjaga hubungan baik dengan kolega

5 Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan, Tetap Semangat!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/ThisIsEngineering)

Ketika keluar dari perusahaan tempatmu bekerja, tetaplah jaga komunikasi yang baik dengan kolega. Jangan menghilang karena kamu merasa jika bukan bagian dari mereka lagi.

Justru dengan lancarnya komunikasi yang masih terjalin, kamu bisa mendapatkan informasi terkait lowongan pekerjaan di perusahaan lain. Jika beruntung, kamu juga akan mendapat relasi yang lebih luas berkat kolegamu itu, lho!

Baca Juga: 9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

4. Cari kesibukan

5 Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan, Tetap Semangat!ilustrasi sibuk bekerja (unsplash/Stefan Stefancik)

Setelah puas bersedih dan merenung, kamu harus segera sadar bahwa masih banyak hal yang menanti di masa depan. Fokus kepada diri sendiri dan gak ada alasan kamu gak menjadi produktif.

Buat dirimu sesibuk mungkin sehingga gak ada ruang untuk segala energi negatif yang tersisa. Seperti apa yang dikatakan Melly di LifeHack, kamu harus tetap aktif dan mendapatkan lebih banyak energi untuk terus bergerak maju. Jadilah produktif dengan memperbaiki CV dan mencari pekerjaan freelance.

5. Keluar dari zona nyaman atau melakukan perubahan

5 Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan, Tetap Semangat!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kehilangan pekerjaan bukan berarti kamu harus berhenti bergerak, lebih dari itu, kamu justru bisa mencari hal baru yang berbeda dari sebelumnya. Kamu berhak melakukan apa pun yang kamu inginkan bahkan jika itu mengharuskan keluar dari zona nyaman. 

"Ketika kamu mencari posisi baru, kamu bebas untuk melakukan apa pun dan mencoba berbagai hal sampai menemukan yang sesuai. Semakin banyak eksperimen yang dilakukan, maka kamu akan semakin bahagia dan percaya diri," kata Candice yang dikutip dari YourTango.

Itu dia lima cara bangkit lagi setelah kehilangan pekerjaan. Nikmati waktu sedihmu dan nikmati pula perjuangan yang akan kamu lakukan setelahnya. Jangan patah semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tipe Penunda Pekerjaan dengan Berbagai Alasan, Kamu yang Mana?

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya