Comscore Tracker

10 Perintah Allah Katolik yang Disampaikan Melalui HambaNya Musa

10 perintah ini merupakan kewajiban bagi umat Katolik

Sepuluh perintah Allah, atau yang disebut juga sebagai Dasa Titah, merupakan daftar sepuluh perintah yang ditulis oleh Tuhan Yesus dan ditujukan pada bangsa Israel melalui perantara Musa di gunung Sinai. Sepuluh perintah ini diberikan setelah Musa membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir dan dituliskan dalam dua loh batu.

Sejatinya, sepuluh perintah Allah ini merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh umat Katolik dalam kehidupan sehari-harinya, firman yang menjadi pegangan untuk melewati hari demi hari. Sepuluh perintah ini dapat diperoleh dari Keluaran 20:1-17 dan Ulangan 5:6-21.  Untuk itu, inilah beberapa hal seputar sepuluh perintah Allah Katolik yang perlu kamu ketahui.

1. Isi sepuluh perintah Allah

10 Perintah Allah Katolik yang Disampaikan Melalui HambaNya Musailustrasi orang beribadah (pexels.com/cottonbro)

Berikut merupakan teks resmi dari sepuluh perintah Allah yang digunakan oleh Gereja Katolik sebagai pedoman.

  1. Akulah Tuhan, Allahmu, jangan menyembah berhala, berbaktilah kepada-Ku saja, dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu.
  2. Jangan menyebut nama Tuhan dengan tidak hormat.
  3. Kuduskanlah hari Tuhan.
  4. Hormatilah ibu bapamu.
  5. Jangan membunuh.
  6. Jangan berzinah.
  7. Jangan mencuri.
  8. Jangan bersaksi dusta terhadap sesamamu manusia.
  9. Jangan mengingini istri sesamamu.
  10. Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.

2. Asal usul sepuluh perintah Allah

10 Perintah Allah Katolik yang Disampaikan Melalui HambaNya Musailustrasi seseorang membaca Kitab Suci (pexels.com/Orlando Allo)

Sepuluh perintah Allah, dalam bahasa Latin dikenal sebagai Dekalog, merupakan sepuluh buah perintah yang diberikan oleh Tuhan kepada bangsa Israel dengan perantara Musa. Musa merupakan seorang anak yang diadopsi oleh Putri Firaun dan kemudian menjadi seorang yang secara tidak langsung memimpin Mesir.

Raja Mesir yang seharusnya menjadi cemburu dan berusaha membunuh Musa, namun Musa berhasil melarikan diri. Bersama dengan itu, Musa berhasil membebaskan umat Israel dari perbudakan Mesir atas perintah Allah.

Sepuluh perintah Allah pertama kali muncul dalam Kitab Keluaran yang menggambarkan kisah Musa. Kesepuluh perintah ini bisa disebut sebagai perjanjian yang ditawarkan Allah  kepada umat Israel untuk membebaskan mereka tidak hanya dari perbudakan fisik di Mesir, melainkan dari perbudakan dosa juga. Kesepuluh perintah Allah ini sangat penting dalam pertumbuhan spiritual dan rohani seseorang, dan karenanya harus dipatuhi dan diimani setiap saat.

3. Tujuan sepuluh perintah Allah bagi umat Katolik

10 Perintah Allah Katolik yang Disampaikan Melalui HambaNya Musailustrasi orang beribadah (pexels.com/Mikhail Nilov)

Setiap umat Katolik pasti tahu dan hafal isi dari sepuluh perintah Allah ini. Lantas, mengapa sepuluh perintah Allah ini sangat penting bagi umat Katolik? Menurut buku Pendampingan Iman Katolik karya Tim Komisi Kateketik Regio Jawa, terdapat beberapa tujuan dari sepuluh perintah Allah tersebut.

  1. Melalui sepuluh perintah Allah, umat Katolik dapat menyelami lebih dalam bagaimana sifat Allah yang sebenarnya. Hal ini berarti umat-Nya dapat memahami seberapa besar kasih Yesus pada anak-anak-Nya.
  2. Sepuluh perintah Allah juga dijadikan pedoman hidup bagi orang-orang yang percaya pada-Nya.
  3. Allah ingin menuntun anak-anak-Nya untuk bisa hidup taat dan kudus sesuai dengan kehendak-Nya.
  4. Allah dan hukumnya bersifat kekal, tidak ada apa pun dan seorang pun yang dapat mengubah ketetapan-Nya.
  5. Meski tegas, Allah selalu penuh dengan kasih sayang dan pengampunan terhadap anak-anak-Nya yang mau setia dan tulus beriman pada-Nya.

Baca Juga: 10 Doa Katolik yang Harus Dihafalkan untuk Komuni Pertama

4. Penerapan sepuluh perintah Allah dalam kehidupan sehari-hari

10 Perintah Allah Katolik yang Disampaikan Melalui HambaNya Musailustrasi Kitab Suci (pexels.com/Pixabay)

Sepuluh perintah Allah harus dijalani dan dihidupi dalam keseharian umat Katolik. Penerapan sepuluh perintah Allah ini dapat tercermin dari tingkah laku dan perbuatan umat Katolik. Berikut ini beberapa tingkah sederhana dalam menerapkan sepuluh perintah Allah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Tidak menyebut nama Tuhan Allah dengan sembarangan.
  2. Bersungguh-sungguh mencintai Tuhan dengan sepenuh hati dan jiwa, menjadikan-Nya nomor satu dalam hidup.
  3. Rajin mengikuti kebaktian maupun perayaan besar lainnya tanpa perasaan terpaksa.
  4. Menghormati orangtua dan menunjukkan kasih sayang terhadap keluarga.
  5. Tidak dengan sengaja pernah membunuh atau mencelakakan orang lain.
  6. Selalu bersikap jujur terhadap sesama.
  7. Mau berbagi dengan yang membutuhkan.
  8. Tidak membicarakan orang lain di belakangnya, mau bicara apa adanya dengan tulus.
  9. Bertanggung jawab dan setialah
  10. Tidak merasa iri terhadap pencapaian orang lain.

5. Perintah gereja tambahan dari sepuluh perintah Allah

10 Perintah Allah Katolik yang Disampaikan Melalui HambaNya Musailustrasi seseorang membaca Kitab Suci (pexels.com/Eduardo Braga)

Tidak hanya sepuluh perintah Allah, nyatanya ada pula 5 perintah gereja yang menjadi pelengkap dari perintah Allah tersebut. 5 perintah gereja ini dipercaya dapat membantu menumbuhkan iman dan kepercayaan umat Katolik. Dilansir dari buku Doa Seorang Ibu karangan Yohana T.A., berikut merupakan isi dari 5 perintah gereja.

  1. Rayakan hari raya yang disamakan dengan hari Minggu.
  2. Rayakan Perayaan Ekaristi pada hari Minggu dan hari raya lain yang diwajibkan. Jangan melakukan pekerjaan yang dilarang pada hari itu.
  3. Berpuasa dan berpantanglah pada hari yang ditentukan.
  4. Mengaku dosalah sekurang-kurangnya sekali setahun.
  5. Sambut tubuh Tuhan ketika Paskah.

Itulah dia beberapa hal seputar sepuluh perintah Allah Katolik yang perlu kamu ketahui. Menaati dan menuruti firman-Nya bisa membantu umat Katolik menjaga iman dan perbuatannya agar tetap sesuai dan seturut kehendak Allah.

Dengan itu, kesepuluh perintah Allah ini biasa dijadikan pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, untuk tetap dapat membangun hubungan yang baik dengan Tuhan Yesus, sebenarnya tidak hanya sepuluh perintah Allah ini yang harus dituruti, melainkan seluruh firman Tuhan yang terdapat pada Kitab Suci. 

Baca Juga: 25 Ide Nama Baptis Katolik Perempuan Beserta Artinya

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya