Comscore Tracker

Gak Usah Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Sedang Mengalami Kebuntuan Ide

Apakah kamu sering mengalami kebuntuan ide saat berkarya?

Dalam membuat karya, seseorang dituntut untuk memiliki ide yang fresh agar hal tersebut menuai keberhasilan. Namun pada kenyataannya, mencari ide bukanlah sebuah hal yang mudah karena kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan dunia.

Apakah kamu masih sering mengalami kebuntuan ide dalam membuat sebuah karya? Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kebuntuan tersebut bisa hilang. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, coba simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Cobalah untuk istirahat sejenak untuk menyegarkan otak

Gak Usah Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Sedang Mengalami Kebuntuan Ideunsplash.com/Isabella and Louisa Fischer

Saat ide sedang buntu, cobalah untuk mengistirahatkan otak dan pikiran. Kebuntuan tersebut bisa saja disebabkan oleh dirimu yang terlalu lelah karena bekerja terus tanpa henti. Dengan beristirahat, percayalah bahwa lambat laun pikiranmu pasti akan menjadi fresh.

Hal itu disebabkan oleh pikiran stres yang sebelumnya menguasai otak menjadi hilang. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan baik agar otakmu bisa tersegarkan kembali.

2. Jangan terlalu memaksakan diri agar bisa menemukan ide

Gak Usah Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Sedang Mengalami Kebuntuan Ideunsplash.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells

Sebelumnya telah disebutkan bahwa kamu wajib beristirahat jika ide sedang buntu. Ingatlah bahwa memaksakan diri agar bisa menemukan ide bukanlah langkah yang tepat. Hal itu karena hanya akan membuatmu stres sebab kondisi fisik dan mental yang beluk stabil.

Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk lebih sayang kepada diri sendiri dengan tidak terlalu memaksakannya. Ingatalah bahwa terkadang kamu perlu memerhatikan keadaan diri sendiri agar tidak membuatmu menjadi sakit dan berhenti berkarya.

3. Kamu bisa melihat karya-karya orang lain sebagai referensi

Gak Usah Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Sedang Mengalami Kebuntuan Ideunsplash.com/Brooke Cagle

Di luar sana masih banyak karya orang lain yang bisa dijadikan referensi. Apalagi ketika idemu sedang buntu-buntunya, cobalah untuk melihat karya mereka agar kamu bisa tercerahkan. Namun kamu gak boleh melakukan plagiasi karena hal tersebut melanggar hak cipta.

Gunakan karya orang lain hanya sebagai referensi untuk memantik ide yang sedang buntu. Oleh karena itu mulai sekarang jangan pernah ragu untuk melihat karya orang lain karena kamu perlu melakukannya demi terciptanya sebuah ide yang fresh.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan saat Merasa Buntu dan Kehabisan Ide

4. Lakukan hobimu agar ide bisa tiba-tiba muncul

Gak Usah Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Sedang Mengalami Kebuntuan Ideunsplash.com/yuri efremov

Percaya deh kalau menjalankan hobi juga dapat memantik idemu agar bisa muncul. Ketika ide sedang buntu, yang kamu butuhkan hanya hibutan agar pikiran menjadi segar kembali. Menjalankan hobi merupakan salah satu bentuk penyegaran kembali otakmu. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk melakukan hobimu meskipun itu hanya sekadar membaca buku.

5. Berdiskusilah dengan orang-orang di sekitarmu

Gak Usah Panik, Lakukan 5 Hal Ini saat Sedang Mengalami Kebuntuan Ideunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Pada hakikatnya manusia itu makhluk sosial yang gak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Ketika idemu sedang buntu-buntunya, cobalah mengajak orang-orang disekitarmu untuk berdiskusi. Kamu akan mendapatkan sudut pandang baru dengan melakukan hal semacam itu.

Oleh sebab itu mulai sekarang jangan pernah ragu untuk meminta pertolongan orang lain ,ya! Percayalah bahwa mereka akan dengan senang hati jika dimintai pendapat terkait ide yang cocok untuk karya terbarumu.

Mengatasi kebuntuan ide memang membutuhkan effort yang agak banyak. Hal itu dilakukan agar kamu bisa memutarkan kembali roda kreativitas yang sebelumnya telah terhenti.

Baca Juga: 5 Ide Kado Minim Sampah, Cocok Buat Pencinta Lingkungan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya