Jelang Pencoblosan Pilpres 2024, Anies Sowan ke Jusuf Kalla dan Aa Gym

Anies dapat nasihat dari JK dan didoakan Aa Gym

Jakarta, IDN Times - Capres nomor urut satu, Anies Baswedan sowan ke sejumlah tokoh bangsa menjelang dua hari pencoblosan pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang akan digelar pada Rabu (14/2/2024) nanti. 

Pada Senin (12/2/2024) pagi, Anies Baswedan sowan ke Jusuf Kalla di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan. Anies dan sang istri, Fery Farhati ikut merayakan hari ulang tahun ke-81 istri Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla. 

kehadiran Anies Baswedan dan Fery Farhati disambut langsung Jusuf Kalla atau JK. Anies terlihat menghadiri acara ulang tahun Mufida ditemani sang istri, Fery Farhati, serta Co-Captain Timnas AMIN Sudirman Said.

Anies terlihat mengenakan kemeja batik coklat dan Fery Farhati mengenakan kemeja batik berwarna coklat tua. Terlihat, Anies dan istrinya berbincang ringan dengan Mufidah. Sesekali mereka terlihat tersenyum sambil berbincang.

Usai menyapa Mufidah, Anies juga terlihat menghampiri JK yang mengenakan baju batik berwarna abu-abu gelap. Keduanya sempat berfoto bersama dengan Mufidah. 

Baca Juga: Aa Gym Terima Anies Jelang Pencoblosan, Akui Punya Frekuensi yang Sama

1. Jusuf Kalla berikan nasihat untuk Anies jelang pencoblosan

Jelang Pencoblosan Pilpres 2024, Anies Sowan ke Jusuf Kalla dan Aa GymWakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia Jusuf Kalla saat menerima capres nomor urut satu, Anies Baswedan di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan. (IDN Times/Amir Faisol)

Pada kesempatan itu, Jusuf Kalla turut memberikan nasihat secara khusus kepada capres nomor urut, Anies Baswedan, di masa hari tenang kampanye pemilu 2024.

JK meminta supaya Anies memanfaatkan masa pemilu selama tiga hari ini untuk beristirahat, setelah 75 hari penuh menggelar kampanye ke sejumlah daerah di Indonesia untuk menggalang suara.

"Saya bilang ke pak Anies, kalau perlu dua hari dua malam kau tidur karena ini bayar yang berapa bulan tidak ada waktu tidur," kata dia.

Namun ternyata, di masa tenang kampanye, Anies masih belum bisa istirahat total karena menjamu masyarakat yang mau bertemu dengannya.

"Masyarakatlah yang selalu ingin menunjukkan bagaimana perlunya berjuang bersama-sama untuk Indonesia lebih baik dengan cara perubahan," tutur dia.

2. Anies Sowan ke Aa Gym usai bertemu Jusuf Kalla

Jelang Pencoblosan Pilpres 2024, Anies Sowan ke Jusuf Kalla dan Aa GymPengasuh Ponpes Daarut Tauhid Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menerima capres nomor urut satu Anies Baswedan di Aula Masjid Daarut Tauhid, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (IDN Times/Amir Faisol)

Pada siang harinya, Anies melanjutkan silaturahmi ke Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Keduanya sempat makan siang bersama di Aula Masjid. 

Sebelum makan siang bersama, Anies sempat menunaikan sholat zuhur berjemaah di Masjid Daarut Tauhid dan mendengarkan tausiyah dari Aa Gym. 

Aa Gym mengaku memiliki satu frekuensi yang sama dengan Anies baik dalam hal keimanan atau niat baik yang diniatkan untuk bangsa Indonesia. 

"Aa senang sekali karena frekuensinya sama, dengan frekuensi keimanan, frekuensi diniatkan jadi amal soleh, mudah-mudahan kalaupun jadi dibimbing oleh Allah karena Indonesia ini ruwet sekali," kata Aa Gym.

Lebih lanjut, Aa Gym turut mendoakan Anies Baswedan supaya mendapatkan bimbingan Tuhan ketika ditakdirkan menerima amanah memimpin Indonesia. 

"Saya mendoakan yang terbaik buat beliau kalau jadi itu yang terbaik bagi beliau dan bagi Indonesia, semoga jadi apapun yang ditakdirkan, semoga yang terbaik saja," kata dia.

Aa Gym sudah berniat untuk tidak menyebutkan salah satu nama capres dan cawapres yang akan didukungnya pada Pilpres 2024. Kendati begitu, ia mengaku senang bila ada sosok pemimpin yang dapat merubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi.

Hal itu disampaikan menjawab pertanyaan awak media apakah Aa Gym sudah menyatakan sikap mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. 

"Saya udah keburu janji yang sekarang mah nggak pakai mendukung menyebut nama tapi saya senang sekali kalau bangsa ini berubah jadi lebih baik," kata dia.

3. Anies senang diterima Aa Gym

Jelang Pencoblosan Pilpres 2024, Anies Sowan ke Jusuf Kalla dan Aa GymPengasuh Ponpes Daarut Tauhid Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym menerima capres nomor urut satu Anies Baswedan di Aula Masjid Daarut Tauhid, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (IDN Times/Amir Faisol)

Anies mengaku senang dapat diterima Aa Gym menjelang dua hari pencoblosan. Pada kesempatan itu, ia mengaku banyak berdiskusi berbagi pengalaman sehingga menjadi pembelajaran penting baginya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memuji sosok Aa Gym karena selalu bersikap proaktif dan mengambil tanggungjawab dalam berbagai hal.

Ia turut mendoakan supaya Aa Gym selalu diberikan kesehatan dan menjadi teladan bagi masyarakat umum.

"InsyaAllah terus menjadi penjuru menjadi teladan dalam dakwah kita semua, amin," ujar dia.

Baca Juga: Ini Nasihat JK ke Anies Baswedan di Masa Tenang Kampanye Pemilu 2024

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya