PAN Sambut Baik PDIP Usung Khofifah di Pilkada Jawa Timur 2024

PAN bentuk koalisi besar untuk Khofifah

Intinya Sih...

  • PAN membentuk koalisi besar dengan partai politik lain untuk memenangkan Khofifah di Pilkada Jawa Timur 2024.
  • PAN siap menjalin komunikasi dengan PDIP, Demokrat, Golkar, dan Gerindra untuk membangun koalisi tersebut.
  •  

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, mengatakan, Khofifah Indar Parawansa mulai melakukan penjajakan dengan partai politik untuk Pilkada Jawa Timur 2024.

Eddy menuturkan, sebagai partai yang pertama kali mengusung Khofifah, PAN juga siap menjalin komunikasi dengan partai politik lain untuk membangun koalisi besar dalam rangka pemenangan Khofifah di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024. 

Eddy mengatakan, PAN akan menyambut baik bila PDIP mau bergabung dengan koalisi PAN untuk memenangkan Khofifah pada Pilkada Jatim November yang akan datang.

"Kami juga sangat welcome jika teman-teman dari PDIP bergabung dalam koalisi," ujar Eddy Soeparno saat dihubungi IDN Times, Rabu (1/5/2024).

Baca Juga: Khofifah Sudah Pasti Diusung PAN, Emil Masih Abu-Abu

1. PAN harap Demokrat, Golkar, dan Gerindra mau berkoalisi

PAN Sambut Baik PDIP Usung Khofifah di Pilkada Jawa Timur 2024Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono sekeluarga bersama Khofifah Indar Parawansa sekeluarga. (IDN Times/Ardiansyah Fajar).

Di samping itu, Eddy mengatakan, PAN juga berharap nantinya Demokrat, Golkar, dan Gerindra mau ikut bergabung dalam koalisi tersebut untuk kembali memenangkan Khofifah di Jawa Timur. 

Pasalnya, ketiga partai tersebut dikatakan Eddy juga merupakan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 lalu. 

"Kita berharap Gerindra, Golkar, dan Demokrat juga akan mendukung Bu Khofifah. Bagaimana pun juga beliau adalah Ketua TKD Jatim di Pilpres 2024," ucapnya.

Baca Juga: Pilgub Jatim: PDIP Tak Rekom Risma, Pilih Komunikasi dengan Khofifah

2. PDIP beri sinyal dukung Khofifah di Pilkada Jawa Timur

PAN Sambut Baik PDIP Usung Khofifah di Pilkada Jawa Timur 2024Ketua PDIP Jatim Said Abdullah saat di acara PAN. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Said Abdullah, memastikan tidak akan merekomendasikan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini untuk maju sebagai Calon Gubenur (Cagub) Jatim 2024. 

Alih-alih mendukung Risma, PDIP kini justru berkomunikasi dengan Khofifah untuk menatap Pilkada Jawa Timur.

 "Bu Risma tidak saya rekomendasi," ujarnya.

Said juga memberi sinyal bahwa PDIP nantinya akan mengusung Khofifah. Sinyal itu tampak dari Said dan Khofifah yang datang langsung di acara PAN. Sementara PAN sendiri telah memberikan tiket ke Khofifah untuk maju kembali sebagai Gubernur Jatim.

"Pilgub dalam proses. Insyaallah kami duduk bersama Mbak Khofifah di depan kader PAN, dalam rangka rakorwil pemenangan Pilkada PAN. Kan indah kalau sudah duduk bersama seperti ini," ucapnya.

Baca Juga: PKB dan NasDem Gabung Koalisi, PAN Ingin Parpol Lain Ikutan

3. PDIP sudah duduk bareng dengan Khofifah, tapi tak bahas Emil Dardak

PAN Sambut Baik PDIP Usung Khofifah di Pilkada Jawa Timur 2024Khofifah saat bertemu dengan Prabowo Subianto. (Dok. TKD Prabowo-Gibran)

Selain itu, Said juga mengakui bahwa dirinya baru-baru ini bertemu dengan Khofifah secara tertutup. 

"Kami memang benar bertemu dengan Ibu Khofifah, di mana? Di PP Muslimat. Dalam rangka apa? Pertama, bicara tentang fiskal. Kemudian kondisi geopolitik. Ketiga, saya memang merayu Mbak Khofifah agar bisa bergandengan dengan PDI Perjuangan. Ya itu saja," ungkap dia. 

Sementara itu, ihwal keberadaan Emil Elestianto Dardak yang merupakan mantan Wakil Gubernur Jatim, Said menegaskan bahwa pembahasan belum sampai di sana. PDIP dan Khofifah belum menemui titik kesepakatan. 

"Jangan harap ada kesepakatan, kan baru saja bincang-bincang. Yang paling penting kami tahu persis apa yang diinginkan Mbak Khofifah membangun Jatim 5 tahun ke depan," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: PAN Tegaskan Tak Ada Resistensi di KIM Usai NasDem-PKB Merapat Prabowo

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya