Ini Deretan Aksi Demonstrasi Besar-besaran di Gedung DPR

#MillennialsBergerak #LawanArogansiDPR

Jakarta, IDN Times - Sepekan ini, pelajar dan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia menggelar demonstrasi menolak sejumlah rancangan undang-undang yang dianggap merugikan rakyat kecil, di sekitar Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Tak hanya di Jakarta, mahasiswa di berbagai kota juga memadati jalanan menuju gedung-gedung anggota DPRD dan pemerintah daerah, untuk menyuarakan tuntutan yang sama.

Selain demonstrasi yang masih berlangsung hingga hari ini, terdapat sejumlah unjuk rasa lainnya yang digelar di Gedung Parlemen. Berikut deretan aksi demonstrasi besar-besaran yang pernah dilakukan di depan Gedung DPR.

Baca Juga: [FOTO] Kerusuhan Aksi Massa di Sekitar Palmerah Utara

1. Peristiwa Mei 1998

Ini Deretan Aksi Demonstrasi Besar-besaran di Gedung DPRANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Peristiwa Mei 1998 akan selalu menjadi momen yang tak terlupan bagi masyarakat Indonesia. Dilansir dari berbagai sumber, pada saat itu, mahasiswa melakukan demonstrasi dan menuntut Presiden Kedua RI Soeharto mundur dari jabatannya.

Pada Mei 1998, ribuan peserta demonstrasi menduduki Gedung DPR RI dan pada saat itu juga, MPR yang dipimpin Harmoko, meminta Soeharto mundur.

Sebelum Soeharto diminta mundur, pada 12 Mei 1998 terjadi tragedi berdarah, yakni penembakan di Universitas Trisakti, dan empat mahasiswa menjadi korban.

2. Peristiwa 24 September 1999

Ini Deretan Aksi Demonstrasi Besar-besaran di Gedung DPR(Kawasan Semanggi) Google Street View

Satu tahun setelah peristiwa Mei 1998, tepatnya pada September, mahasiswa kembali melakukan unjuk rasa menolak Rancangan Undang Undang Penanggulangan Keadaan Bahaya (RUU PKB).

Aksi ini dilakukan di depan Gedung DPR oleh ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Alasan penolakan UU PKB karena undang-undang tersebut dianggap memberikan keleluasaan kepada militer, untuk menentukan keadaan bahaya sesuai kepentingan mereka.

Penolakan ini tidak hanya terjadi di Gedung DPR, namun masyarakat di kota lain seperti Bandung dan Semarang juga turut bersuara. Atas peristiwa yang dikenal dengan Semanggi II ini, 11 orang meninggal dan ratusan lainnya luka-luka.

3. Demo kenaikan harga BBM

Ini Deretan Aksi Demonstrasi Besar-besaran di Gedung DPRANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar pada April 2012 juga menuai protes dan demonstrasi besar-besaran.

Atas rencana tersebut, para demonstran mendatangi gedung DPR, untuk menyampaikan aspirasi mereka. Dalam aksi tersebut, 1.000 personel kepolisian disiagakan di gedung DPR.

Selain di depan gedung DPR, aksi penolakan kenaikan BBM ini juga dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia seperti, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bondowoso.

#MillennialsBergerak #LawanArogansiDPR

Baca Juga: Sisir Palmerah, Polisi Berpakaian Sipil Ringkus Beberapa Demonstran

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya