Minta Dukungan Gerindra untuk Pilkada Depok, Supian Diminta Jadi Kader

Supian Suri juga diminta mengikuti sekolah partai Gerindra

Depok, IDN Times - Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri, tengah gencar melakukan safari politik jelang pencalonan Pilkada Depok 2024. Setelah Partai Amanat Nasional (PAN), Supian kini menjalin komunikasi politik ke Partai Gerindra.

Supian mengakui menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik, salah satunya Partai Gerindra. Dia telah berkomunikasi dengan DPC Partai Gerindra Kota Depok dan telah diberikan sejumlah persyaratan.

“Ini menjadi bagian dari perjalanan politik, menjadi realitas yang saya sendiri tidak bisa punya nilai tawar yang sangat seperti apa,” ujar Supian, Depok, Senin (29/4/2024).

Baca Juga: Maju Pilkada Depok, Sekda Supian Suri Gandeng 3 Partai

1. Supian Suri dapat lampu hijau dari sejumlah partai

Minta Dukungan Gerindra untuk Pilkada Depok, Supian Diminta Jadi KaderSekda Kota Depok, Supian Suri usai bermain sepak bola bersama warga di wilayah Beji, Depok. (Istimewa)

Supian mengklaim ingin membangun Depok dengan semangat kebersamaan, salah satunya bekerja sama dengan partai politik.

“Insyaallah kalau itu menjadi syarat, kenapa gak untuk bisa menjadi bagian dari sana,” tutur dia.

Supian menilai, hampir semua partai yang ada di Kota Depok mendukungnya pada Pilkada Depok 2024. Sebelumnya, dia telah mendatangi sejumlah partai politik, di antaranya PAN, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Sebenarnya semuanya kasih lampu hijau ya, cuma kan sekali lagi kita melihat realitas politik, karena kan keputusan juga ada di pengurus pusat,” terang Supian.

Supian optimistis, DPC maupun DPD partai mengetahui betul kondisi Kota Depok, sehingga dapat memberikan masukan kepada pengurus partai pusat.

“Di lapangan itu DPC atau DPD lebih tahu, sehingga harapan saya lampu hijau itu bisa diberikan pada saya pada saatnya nanti,” kata dia.

2. Supian Suri harus menjadi kader Gerindra

Minta Dukungan Gerindra untuk Pilkada Depok, Supian Diminta Jadi KaderKetua Dewan Pembina DPC Gerindra Depok, Nuroji saat membicarakan Pilkada Kota Depok. (Istimewa)

Sementara, Ketua Dewan Pembina DPC Gerindra Depok, Nuroji, mengakui telah memberikan sejumlah syarat kepada Supian Suri yang ingin maju menjadi calon Wali Kota Depok melalui dukungan partainya. Syarat utama yang harus dipenuhi Supian, yaitu menjadi bagian atau kader Gerindra.

“Kita punya syarat bahwa kendaraan ini atau Gerindra tidak bisa dipinjam begitu saja, syaratnya harus jadi kader,” ujar dia.

Syarat calon wali kota yang akan diusung Gerindra merupakan instruksi dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Orang nomor satu di Gerindra itu menginginkan kepala daerah dari internal partai.

“Sebenarnya kita ada, cuma bisa bersaing gak? Jadi dari luar ya dimungkinkan, tapi syaratnya masuk Gerindra,” jelas Nuroji.

Baca Juga: DPD PAN Kota Depok Bakal Usung Supian Suri Maju Pilkada

3. Supian Suri diminta mampu membangun koalisi

Minta Dukungan Gerindra untuk Pilkada Depok, Supian Diminta Jadi Kaderilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Nuroji telah menyampaikan persyaratan tersebut kepada Supian, jika berhasrat mendapatkan dukungan Gerindra. Saat pertemuan Nuroji dengan Supian, mengaku Supian Suri akan siap mengikuti syarat yang diajukan Gerindra.

“Kita ada tiga syarat, salah satunya itu, harus masuk Gerindra. Artinya kalau dia menang atau kalah tetap sama Gerindra,” ungkap Nuroji.

Syarat yang diberikan Gerindra merupakan mutlak karena belajar dari pengalaman Gerindra sebelumnya. Saat itu, Gerindra hanya dijadikan kendaraan politik sementara, saat kepala daerah berhasil memenangkan pemilu.

“Kita sudah banyak kepala daerah yang diusung, terus dengan mudah meninggalkan partai karena gak diikat dengan Kartu Tanda Anggota (KTA). Ya itu jadi pengalaman kami untuk lebih selektif,” ujar Nuroji.

Nantinya, kepala daerah yang ingin mencalonkan diri pada Pilkada melalui Gerindra, akan mendapatkan sekolah partai atau kaderisasi. Para calon akan mengikuti sekolah partai di Hambalang, Bogor.

“Syarat kedua Supian Suri bisa melakukan komunikasi politik membangun koalisi, syarat ketiga itu nanti lihat dari keseriusan Supian Suri dulu,” tutup Nuroji.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya