Wikimedia Gelar Konferensi, Beri Pembekalan Kontributor se-Indonesia

Kontributor Dapat Menulis Informasi Reproduksi Perempuan

Bogor, IDN Times – Wikimedia kembali menggelar konferensi keempat untuk kontributor seluruh Indonesia dan kali ini ditempatkan di Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung sejak 2-5 Mei 2024, 100 kontributor diberikan pembekalan sejumlah materi.

Ketua Wikimedia Indonesia, Rachmat Wahidi mengatakan, Wiki Nusantara merupakan konferensi yang bertujuan mengajak kontributor di Wikipedia, Webpeg wikimedia lain, untuk berbagi pengalaman. Kontributor yang hadir dari seluruh Indonesia dapat saling berbagi pengalaman dengan kontributor lainnya.

“Mereka nanti bisa sharing dengan teman-teman yang lain, kalau sekarang Wiki Nusantaranya diselenggarakan empat hari, kalau sebelumnya dua hari,” ujar Rachmat kepada IDN Times, Sabtu (4/5/2024).

1. Sebanyak 100 peserta mengikuti WikiNusantara

Wikimedia Gelar Konferensi, Beri Pembekalan Kontributor se-IndonesiaKetua Wikimedia Indonesia, Rachmat Wahidi memberikan sambutan pada pelaksanaan WikiNusantara 2024, di salah satu hotel wilayah Bogor. (IDNTimes/Dicky)

Wiki Nusantara dapat menjadi ajang saling mengenal antar kontributor dari wilayah lain. Dengan adanya pertemuan tersebut, antar kontributor atau komunitas dapat melakukan kerja sama positif.

“Peserta yang datang mencapai 100 orang dari berbagai latar belakang dan berbagai komunitas, mulai dari Medan hingga Manokwari,” ucap Rachmat.

Peserta yang mengikuti Wiki Nusantara merupakan kontributor aktif dan memiliki pengalaman, serta banyak mengikuti kegiatan Wikimedia Indonesia. Selain itu, para kontributor diberikan kesempatan untuk memberikan inovasi maupun gagasan pada kegiatan Wiki Nusantara.

“Kalau sebelumnya mereka sudah pernah mengerjakan dengan komunitasnya, itu bisa dibawa ke sini untuk sharing dengan teman-teman yang lain,” tutur Rachmat.

Baca Juga: Canda Prabowo ke Pers: Kadang Kalian Juga Meresahkan

2. Kontributor diberikan materi dari Google Search Asia

Wikimedia Gelar Konferensi, Beri Pembekalan Kontributor se-IndonesiaGoogle search Asia, yakni Pratyusha Mukherjee (kanan) saat menghadiri kegiatan WikiNusantara di salah satu hotel wilayah Bogor, (IDNTimes/Dicky)

Rachmat menjelaskan, Wiki Nusantara turut menghadirkan narasumber Google Search Asia, yakni Pratyusha Mukherjee. Pada kesempatan tersebut, Pratyusha Mukherjee memberikan materi penggunaan AI dalam mencari informasi melalui Google.

“Misalnya kalau ada kontributor wikipedia yang ingin nulis artikel, bisa mencari sumber yang valid atau rekayasa AI melalui teknologi itu, sehingga bisa memilah mana yang valid atau hoax,” jelas Rachmat.

Selain itu, lanjut Rachmat, kontributor diberikan pemahaman menulis isu tentang kesehatan reproduksi perempuan sehingga dapat hadir di ranah internet. Menurutnya, saat ini banyak orang mencari informasi kesehatan reproduksi perempuan di internet.

“Kontributor Wikipedia bisa menulis tentang informasi tentang topik itu, supaya orang lain yang ingin cari tahu tentang kesehatan reproduksi itu lebih mudah untuk didapatnya,” ungkap Rachmat.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Dewan Pers soal Polemik Tempo vs Bahlil

3. Kontributor diajak saling berbagi informasi dan pengalaman

Wikimedia Gelar Konferensi, Beri Pembekalan Kontributor se-IndonesiaSejumlah kontributor Wikimedia mengikuti kegiatan WikiNisantara 2024 di salah satu hotel di wilayah Bogor. (IDNTimes/Dicky)

Rachmat menilai, kontributor yang baru bergabung dengan Wikimedia Indonesia, dapat menggali informasi dengan kontributor yang telah lama bergabung. Saat ini anggota aktif Wikimedia di Indonesia sekitar 50 ribu kontributor.

“Kalau untuk yang aktif dan teridentifikasi atau mengenali kontributornya mencapai 150 orang, kalau yang di luar itu pasti banyak, kita nggak tahu siapa aja,” pungkas Rachmat.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya