Taman Ismail Marzuki HUT ke-55, Ada Beragam Acara Gratis

Perayaan akan digelar 8 sampai 12 November

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-55 Taman Ismail Marzuki di Kawasan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, mulai 8 sampai 12 November 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana menyatakan, momen perayaan Hari Ulang Tahun TIM sangat penting mengenang warisan Ismail Marzuki.

Tak hanya itu, ini dilakukan untuk mengapresiasi peran penting yang dimainkan Taman Ismail Marzuki dalam mempromosikan seni dan budaya.

"Ini sekaligus menjadi wadah ekspresi para seniman dan budayawan," ujar Iwan dalam konferensi pers di TIM, Senin (6/11/2023).

1. Masyarakat tidak dipungut biaya alias gratis

Taman Ismail Marzuki HUT ke-55, Ada Beragam Acara GratisKepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, dalam konpers ulang tahun ke 55 Taman Ismail Marzuki, Senin (6/11/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Iwan memastikan, semua acara selama perayaan ulang tahun, TIM bisa dinikmati masyarakat secara gratis tanpa biaya apa pun. Meski demikian, dalam acara tertentu membutuhkan registrasi perserta agar acara berlangsung nyaman.

"Hanya dicatat atau registrasi saja misalkan saat di Teater, ini karena kami ingin menjaga kenyamanan saja. Misalkan acara Huriah Adam, nanti dimungkinkan (teater) terisi penuh, sehingga registrasi menjadi penting, karena kita tidak ingin juga terlalu padat," katanya.

Baca Juga: Festival Literasi Hadir di Taman Ismail Marzuki, Hibur Penyuka Sastra

2. Beragam pertunjukan musik, teater dan planetarium

Taman Ismail Marzuki HUT ke-55, Ada Beragam Acara Gratispenampilan Kerispatih (instagram.com/kerispatih_)

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Pra-event bakal dilaksanakan pada 8 hingga 9 November 2023.Sedangkan, main event yang dilaksanakan pada 10 hingga 12 November.

Rangkaian kegiatan bakal diisi oleh live mural, pertunjukan musik, teater, pameran seni rupa inklusif, festival WBTb, pertunjukan planetarium mini, bazar UMKM, pidato kebudayaan pembagian makanan khas Betawi secara gratis, serta penampilan artis ibu kota yakni Kerispatih.

"Tema yang dipilih pada tahun ini yaitu TIM Ruang Bersama Dalam Cipta & Karya yang bermakna harapan agar Taman Ismail Marzuki tetap menjadi ruang para seniman untuk menghasilkan karya-karya seni yang berkualitas dan menciptakan ekosistem seni budaya yang lebih harmonis dan kondusif," katanya.

3. TIM bisa jadi pusat seni dan budaya

Taman Ismail Marzuki HUT ke-55, Ada Beragam Acara GratisPotret terkini revitalisasi Taman Ismail Marzuki (IDN Times/Annisa Dewi Lestari)

Iwan berharap, pegiat seni budaya, para kolaborator, dan segenap masyarakat, bisa memeriahkan rangkaian kegiatan perayaan ini. Dia ingin Taman Ismail Marzuki dapat menjadi pusat seni dan budaya yang berkelanjutan, inklusif, dan bermanfaat bagi masyarakat Jakarta dan Indonesia secara keseluruhan.

"TIM memiliki potensi besar untuk terus menginspirasi, mendidik, dan mempromosikan seni dan budaya" kata Iwan.

Baca Juga: Pengelolaan Taman Ismail Marzuki Dikaji Ulang

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya