BNPB Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Cianjur

Warga membangun tenda di halaman rumah masin-masing

Jakarta, IDN Times - BNPB menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan bantuan logistik ke lokasi terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang terjadi Senin (21/11/2022) siang. BNPB menyiapkan sebanyak 47 tenda pengungsi untuk mendukung kebutuhan darurat warga yang terdampak gempa.

Tidak hanya itu, BNPB juga menyiapkan bantuan logistik berupa sembako serta barang-barang pemenuh kebutuhan utama senilai Rp500 juta.

Kabarnya, saat ini sebagian masyarakat membangun tenda di halaman rumah masin-masing. BNPB mengimbau bagi masyarakat yang rumahnya terdampak gempa, bisa mengungsi ke tempat yang sudah disediakan.

Nantinya, pemerintah juga akan memberikan bantuan untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat, sedang, maupun ringan. "Rumah yang alami kerusakan akan dibangun kembali oleh pemerintah," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Jakarta sore tadi.

Ia juga berharap, upaya penanganan bencana ini bisa berjalan dengan baik. "Gempa sudah terjadi, tidak ada satu kekuatan yang bisa menghindari kapan terjadinya bencana, yang pasti setelah terjadi bencana bagaimana upaya-upaya kita secara sinergi, soliditas dan sungguh-sungguh agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," ujar Suharyanto.

Baca Juga: IDI Cianjur Kerahkan 200 Dokter dan Nakes Tangani Korban Gempa Cianjur

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya