Jokowi Mendadak Cek Pelaksanaan PPKM Mikro di Jakarta Pusat, Ada Apa?

Jokowi ngotot PPKM Mikro meski COVID-19 melonjak

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tiba-tiba memantau pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Jumat (25/6/2021).  Dalam video yang dirilis pada kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat didampingi sejumlah pejabat seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit hingga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. 

"Ini di Kelurahan Rawasari RW 01, Kecamatan Cempaka Putih. Jadi memang dadakan ke sini untuk memastikan PPKM Mikro itu berjalan atau tidak berjalan," ujar Jokowi.

1. Jokowi minta semua perangkat daerah turun ke lapangan

Jokowi Mendadak Cek Pelaksanaan PPKM Mikro di Jakarta Pusat, Ada Apa?Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Pelaksanaan PPKM Mikro di Cempaka Putih pada Kamis (25/6/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Baca Juga: Ini Alasan kenapa Jokowi Tetap Gunakan Kebijakan PPKM Mikro 

Jokowi mengatakan pemantauan langsung di lapangan saat ini sangat penting. Oleh karena itu, ia meminta gubernur hingga wali kota atau bupati dan dibantu oleh Pangdam, Kapolda, Danrem, Dandim, hingga Kapolres untuk bergerak langsung ke lapangan. 

"Karena yang diperlukan sekarang ini adalah tindakan lapangan, pengawasan lapangan, kontrol lapangan berjalan atau tidak berjalan. Percuma kita membuat sebuah kebijakan, policy tetapi di bawah tidak berjalan," jelas Jokowi.

2. Jokowi harap semua daerah siap lakukan PPKM Mikro

Jokowi Mendadak Cek Pelaksanaan PPKM Mikro di Jakarta Pusat, Ada Apa?Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Pelaksanaan PPKM Mikro di Cempaka Putih pada Kamis (25/6/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menurutnya, RW 001 Kelurahan Rawasari terlihat siap menjalankan PPKM Mikro. Hal itu, kata Jokowi, terlihat dari cara menjawab ketua RW hingga Lurah Rawasari ketika ditanya. 

"Ini yang kita harapkan di semua provinsi juga berjalan seperti ini, sehingga keyakinan itu lah yang akan kita pakai dalam rangka kebijakan-kebijakan selanjutnya. Saya rasa kedatangan saya melihat itu hanya ingin kepastian mengenai pelaksanaan PPKM Mikro," jelasnya.

3. Jokowi ngotot PPKM Mikro meski COVID-19 tengah melonjak

Jokowi Mendadak Cek Pelaksanaan PPKM Mikro di Jakarta Pusat, Ada Apa?Ilustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memang berkukuh menerapkan PPKM Mikro yang diperketat, meski kasus COVID-19 di Indonesia kembali melonjak tajam. Menurut Jokowi, PPKM mikro dinilai sebagai kebijakan yang tepat. 

"Kebijakan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini, untuk mengendalikan COVID-19 karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat," ujar Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: COVID-19 di Jakarta Mengganas, Anies: Bunyikan Alarm Tanda Bahaya!

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya