Polisi Maksimalkan Negosiasi untuk Bebaskan Pilot Susi Air

Tim khusus telah dikirim untuk upaya negosiasi

Jayapura, IDN Times – Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens masih disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dipimpin Egianus Kogoya. Kapten Philip sudah tiga bulan disandera Egianus dkk.

Berbagai upaya telah dilakukan personel TNI-Polri untuk membebaskan Kapten Philip Mark Mehterns dari tangan Egianus Kogoya. 

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Marah ke KKB: Pilot Tak Dilepas Malah Tembaki TNI

1. Upaya negosiasi bakal dimaksimalkan

Polisi Maksimalkan Negosiasi untuk Bebaskan Pilot Susi AirKKB pimpinan Egianus Kogoya menyandera pilot Susi Air, Kapten Kapten Philip Mark Merthens. (IDN Times/Istimewa)

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, mengatakan polisi akan memaksimalkan upaya negosiasi. Sehingga, KKB kelompok Egianus Kogoya bisa membebaskan Kapten Philip.

“Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini, termasuk dengan pihak Gereja yang di dalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya,” ucap Kapolda Papua melalui siaran pers yang diterima IDN Times pada Kamis (25/3/2023) pagi.

Baca Juga: Usai Peristiwa Penyanderaan, Pilot Susi Air Ogah Terbang ke Papua

2. Langkah penegakan hukum sedang disiapkan

Polisi Maksimalkan Negosiasi untuk Bebaskan Pilot Susi AirPasukan tim gabungan operasi penyelamatan pilot Susi Air di Nduga, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Irjen Pol Mathius mengatakan, Satgas Damai Cartenz sedang menyiapkan langkah-langkah penegakan hukum yang tepat, tegas, dan terukur.

Personel Polda Papua sangat terbuka dengan semua pihak dalam melakukan proses negosiasi.

“Tentunya negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja, saya membuka diri untuk semua pihak, yang dari awal yakni pihak pemerintah Nduga bekerja sama dengan Kapolres. Kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima,” kata Mathius.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Minta KKB Bebaskan Pilot Susi Air Tanpa Syarat

3. Tim khusus telah dikirim untuk negosiasi

Polisi Maksimalkan Negosiasi untuk Bebaskan Pilot Susi AirKapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. (IDN Times/Istimewa)

Irjen Pol Mathius mengungkapkan, telah mengirim tim khusus untuk bernegosiasi dengan KKB kelompok Egianus Kogoya. Polda Papua juga memfasilitasi semua pihak yang ingin membantu pembebasan Kapten Philip.

“Saya berharap negosiasi tersebut menghasilkan hasil yang baik. Kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus bisa mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik," tuturnya.

"Semua sedang berjalan dan dari pihak gereja nantinya akan kita bantu, salah satunya pihak Gereja Kingmi yang nantinya akan mengutus orang kepercayaannya untuk melakukan negosiasi tersebut,” pungkas dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya