Di Bekasi, Anies Janji Semua Kebijakan akan Perhatikan Disabilitas

Anies janji fokus setarakan empat kelompok rentan

Bekasi, IDN Times - Calon Presiden nomer urut 1, Anies Baswedan, menghadiri diskusi santai bersama disabilitas se-Jabodetabek di Islamic Center Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Jumat (15/12/2023). 

Dalam sambutannya, eks Gubernur DKI Jakarta itu berjanji akan menerapkan kesetaraan kepada penyandang disabilitas dalam penyusunan kebijakan-kebijakan di Indonesia. 

"Ikhtiar melakukan perubahan ini, salah satu hal mendasar yang kita ingin kerjakan adalah memasukkan prinsip keadilan di dalam penyusunan kebijakan, dan prinsip keadilan itu artinya prinsip kesetaraan dalam melakukan kebijakan-kebijakan," kata Anies dalam pidatonya, Jumat. 

Baca Juga: Anies Sebut Indeks Demokrasi Turun, Jokowi: Caci Presiden Biasa Saja

1. Kesetaraan yang bermanfaat

Di Bekasi, Anies Janji Semua Kebijakan akan Perhatikan DisabilitasCapres nomor urut 01, Anies Baswedan. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga mnyampaikan, kesetaraan yang dimaksud yakni kesempatan yang sama sebagai warga negara. Selain itu juga penyandang disabilitas harus mendapatkan fasilitas publik yang memadai. 

"Kesetaraan kesempatan, kesetaraan fasilitas. Itu semua hal mendasar yang kalau semua itu dikerjakan, kami yakin potensi yang dimiliki akan berkembang dan akan bisa memberikan manfaat bagi dirinya, bagi keluarganya, dan bagi masyarakat," katanya. 

2. Empat kelompok paling rentan

Di Bekasi, Anies Janji Semua Kebijakan akan Perhatikan DisabilitasCapres nomor urut 01, Anies Baswedan. (IDN Times/Imam Faishal)

Dia juga mengatakan, selain penyandang disiabilitas, terdapat tiga kelompok lainnya yang harus diperhatikan. Ketiga kelompok itu yakni lansia, anak-anak, dan ibu hamil. 

Dia juga memastikan, jika empat kelompok itu mendapatkan kesetaraan, maka kelompok lainnya dipastikan akan mendapatkan kesetaraan yang sama. 

"Fokus diberikan pada empat kelompok paling rentan. Kalau empat kelompok paling rentan ini dibela, difasilitasi, InsyaAllah yang lain dapat," ungkapnya. 

3. Membuat panduan mendirikan bangunan

Di Bekasi, Anies Janji Semua Kebijakan akan Perhatikan DisabilitasCapres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika berbicara di Islamic Centre, Bekasi pada 15 Desember 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Dia juga menyampaikan, pihaknya akan membuat sebuah buku panduan mendirikan bangunan agar fasilitas-fasilitas dalam gedung tersebut juga dapat dinikmati oleh empat kelompok rentan itu. 

"Kami berencana ke depan membuat semacam guideline, buku pegangan untuk seluruh yang membangun gedung, yang membangun fasilitas, bisa memberikan kesetaraan bagi penyandang disabilitas," jelas Anies.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya