Menkopolhukam: Pukul 10, Bandara Palu Bisa Didarati Hercules

Bandara Palu lumpuh setelah gempa bumi berkekuatan 7,4 SR

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto memperkirakan Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu baru bisa beroperasi kembali pada Sabtu (29/9) pukul 10.00 WIB.  Namun, kata dia, hanya pesawat C-130 Hercules yang bisa mendarat karena sebagian badan landasan pacu rusak. 

"Dari 2.500 meter panjang landasan pacu, 500 meter rusak karena gempa," kata Wiranto dilansir dari Kantor Berita Antara (29/9).

Sebelumnya pada Jumat petang, tsunami terjadi di Palu dan Donggala setelah gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang.

BMKG mengaktivasi peringatan dini tsunami dengan status siaga, dengan tinggi potensi tsunami 0,5 – 3 meter di pantai Donggala bagian barat. Kemudian peringatan dini tsunami dengan status Waspada dengan tinggi potensi tsunami kurang dari 0,5 meter  di pantai Donggala bagian utara, Mamuju bagian utara dan Kota Palu bagian barat. BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami sejak pukul 18.36 WIB.

1. Alat navigasi di Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu juga rusak

Menkopolhukam: Pukul 10, Bandara Palu Bisa Didarati HerculesWikimedia.org/Releno1234

Selain landasan pacu yang rusak akibat gempa, alat navigasi di bandara ini juga rusak sehingga tidak memungkinkan bagi pesawat apa pun untuk mendarat di Palu.

Pada Sabtu dini hari ini, kata Wiranto, pasukan TNI dan SAR sedang membawa alat navigasi dari Makassar. Mereka diperkirakan tiba di Palu, pada Sabtu pagi ini pukul 07.00 WIB.

"Jadi, pukul 10.00 (WITA) sudah bisa didarati oleh pesawat Hercules," ujar dia. 

Dengan panjang 2.000 meter, kata Wiranto, Bandara Palu sulit didarati pesawat jet berukuran besar seperti Boeing 747 dan sejenisnya. Namun, Wiranto masih menunggu hasil pemeriksaan yang lebih komprehensif pada Sabtu ini. "Perlu pengecekan," ujarnya.

2. Pemerintah sudah menyiapkan pesawat Hercules untuk bawa bala bantuan

Menkopolhukam: Pukul 10, Bandara Palu Bisa Didarati HerculesANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Keberadaan Bandara Sis Al Jufri menjadi sangat vital karena menjadi sarana konektivitas untuk menerima bala bantuan dari berbagai daerah Indonesia.

Pemerintah pusat sudah menyiapkan pesawat Hercules dari TNI yang berisikan bantuan obat-obatan, tenda, makanan pokok, pakaian dan juga tenaga relawan untuk bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Gempa & Tsunami Sulteng, Kubu Prabowo-Sandiaga Ucapkan Belasungkawa

3. Komunikasi terputus akibat gempa, pemerintah belum bisa memastikan jumlah korban

Menkopolhukam: Pukul 10, Bandara Palu Bisa Didarati HerculesFacebook/Presiden Joko Widodo

Saat ini, kata Wiranto, sambungan komunikasi ke lokasi bencana di Donggala dan Palu masih terputus. Pemerintah sedang menyiapkan telepon satelit untuk sementara waktu agar memudahkan proses koordinasi penanganan bencana. 

Oleh karena komunikasi yang masih terputus, kata Wiranto, pemerintah pusat belum bisa memastikan berapa warga yang menjadi korban dari gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Komunikasi masih terputus dari daerah. Seluler sedang berusaha kita pulihkan. Tapi kita siapkan satelit," ujar dia.

Baca Juga: VIRAL: Kubah Masjid di Sebelah Palu Grand Mall Ambruk Akibat Gempa

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya