Comscore Tracker

Ini 5 Fakta Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba 

Menjanjikan eksotisme alam, budaya, dan agrowisata

Tapanuli Utara, IDN Times – Destinasi Super Prioritas Danau Toba benar-benar tiada duanya. Eksotisme Danau Toba akan semakin terasa kalau dinikmati di Pulau Sibandang. Memiliki paket wisata yang super lengkap dan telah berhasil dipetakan oleh Tim ‘The Experience’. Peta jalur wisatanya bahkan sudah dirilis ke publik lho.

 

Penjelajahan dan eksplorasi telah dilakukan di Pulau Sibandang mulai tanggal 21-24 November 2018. Tim penjelajahnya terdiri dari Felicia Priscila, Enjelia Febiola, Selvi Oktavia, Evan Dwi, dan Mohammad Hafiz Aliffito. Pulau yang secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara ini menjanjikan eksotisme alam, budaya, sejarah, hingga agrowisata.

 

“Pulau Sibandang berada di tengah Danau Toba, pulau ini sangat cantik. Sibandang memiliki paket lengkap sebagai salah satu destinasi terbaik di kawasan Danau Toba,” ungkap Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Regional I Kemenpar, Lokot Ahmad Enda, Rabu (28/11).

1. Jalur wisata Pulau Sibandang

Ini 5 Fakta Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba flickr.com

Tim ‘The Experience’ berhasil memetakan jalur wisata terbaik di Pulau Sibandang. Ditopang potensi alam luar biasa membuat Pulau Sibandang memiliki karakter yang unik. Garis pertemuan antara perairan dan daratan berupa bebatuan atau non pasir. Pantainya pun berhadapan langsung dengan Tarabunga, Sigaol, Bakkara, Muara, Nainggolan Pulau Samosir, dan Dolok Tolong Toba Samosir.

2. Mengintip proses pembuatan kain ulos asli kerajinan Sumatera Utara

Ini 5 Fakta Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba pesona.travel

Parade seni dan budaya yang ditampilkan di Pulau Sibandang juga menarik. Felicia Priscila beserta kawanannya menikmati proses pembuatan Ulos Harungguan di Desa Papande. Ulos di sini dibuat secara tradisional lho. Mulai dari bahan kapas, pembuatan dan pewarnaan benang, hingga pembuatan beragam motif ditawarkan pun dilakukan secara tradisional. Ulos di sini dahulu diperuntukan bagi para raja. Ulos Harungguan terkenal sebagai ‘rajanya ulos’.

3. Kenali ritual kuno di sana yang disebut Hoda-Hoda

Ini 5 Fakta Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba youtube.com

Saat berada di Pulau Sibandang, pengunjung dapat  menikmati Hoda-Hoda. Salah satu ritual kuno masyarakat Desa Sampuran yang dipadukan dengan Tarian Monsak yang merupakan sejenis ilmu bela diri silat dari tanah Batak. Sama seperti area lainnya, pengunjung juga bisa diajak manortor. Melengkapi potensinya, pengunjung bisa belajar pembuatan sampan khas Danau Toba. Pengunjung juga bisa menyaksikan Rumah Adat Bolon dengan arsitekturnya yang khas.

4. Jelajahi wisata sejarah

Ini 5 Fakta Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba suarajatim.co.id

Pulau seluas 850 hektare ini memiliki peninggalan sejarah berupa Rumah Kepala Nagari Rajagukguk. Ada juga Makam Raja Sorta Uluan yang diyakini sebagai raja Pulau Sibandang di puncak bukit Sibandang, hingga situs berupa Partukkoan yang merupakan kursi batu tempat para raja terdahulu melakukan musyawarah.

5. Pulau Sibandang juga dikenal sebagai Pulau Mangga

Ini 5 Fakta Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba hellosehat.com

Dengan tanah yang subur, Pulau Sibandang juga menjadi surga budidaya pertanian. Agrowisata di kawasan ini pun berkembang. Apalagi, Sibandang terkenal juga sebagai Pulau Mangga. Buah ini dihasilkan di tiga desa, seperti Sampuran, Papande, dan Sibandang. Selain ini, Pulau Sibandang juga jadi sentra penghasil kemiri, cokelat, hingga kopi.

6. Amenitas dan Aksesibilitasnya semakin melengkapi atraksi Danau Toba

Ini 5 Fakta Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba Shutterstock/kataleewan intarachote

Pada segi infrastruktur, dilengkapi beragam homestay yang berkonsep gaya arsitektur khas. Masyarakat sekitar sana sangat ramah. Menu kulinernya juga khas dengan cita rasa nikmat & tradisional.

 

“Keasrian Pulau Sibandang ini masih terpelihara dengan baik. Selain nyaman, harga yang ditawarkan juga menarik,” tegas Wijonarko selaku Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Area I.

 

Untuk sampai di Pulau Sibandang pun tidak sulit. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 45 dari Bandara Silangit menuju Muara. Selanjutnya, pengunjung dapat menyeberang melalui Pelabuhan Muara menuju dermaga dusun 2 Desa Sibandang. Moda transportasi penyeberangan bisa menggunakan kapal ferry kecil dari Desa Utte Mungkur Muara dengan waktu tempuh 5 menit. Moda transportasi lainnya bisa dengan menggunakan kapal wisata penumpang dari pelabuhan Muara dengan waktu tempuh 15 menit atau dari pelabuhan Balige dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Topic:

  • Karsa Adiguna

Just For You