Kementerian Koperasi dan UKM Jalin Kerja Sama dengan Bukalapak

UKM di Indonesia bisa maju nih

Jakarta, IDN Times - Pertumbuhan aksi berbelanja secara online di Indonesia, kian berkembang. Dan hal ini tidak lepas dari pertumbuhan dan maraknya pedagang yang memasarkan barangnya secara online.

Untuk mengapresiasi para pedagang tersebut, salah satu e-commerce ternama Indonesia, Bukalapak, menggelar Kopi Darat (Kopdar) bersama para Pelapak (mitra Bukalapak).

"Kopdar Akbar 2017 ini dihadiri oleh 5.000 lebih pelapak dan pengguna Bukalapak. Kami ingin turut membangun ekonomi digital lndonesia sekaligus memajukan usaha kecil menengah (UKM) di seluruh lndonesia," kata Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta, Sabtu (25/11).

Baca juga: Herdian Diganjar 25 Juta Rupiah Usai Bobol Bukalapak dan Tokopedia

Kementerian Koperasi dan UKM Jalin Kerja Sama dengan BukalapakIDN Times/Linda Juliawanti

Menurut Zaky pada kesempatan kali ini, ia ingin agar para pengusaha kecil bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

"UKM harus didukung, Bukalapak punya misi utama untuk mengembangkan bagaimana usaha kecil menjadi usaha besar. Kami ingin kita semua (UKM) maju bersama dan besatu dalam kebersamaan," lanjutnya. 

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi diselenggarakannya acara ini. 

Kementerian Koperasi dan UKM Jalin Kerja Sama dengan BukalapakIDN Times/Linda Juliawanti

Dia mengaku senang dengan perkembangan Bukalapak yang mampu meraih 2 juta pelapak yang sebagian besar bisnisnya telah berkembang.

"Saya ingat pada awal tahun 2016 lalu, ketemu Mas Zaky, waktu itu peminatnya hanya 300-400, sekarang 2017 tembus 2 juta. Ini luar biasa perkembangannya. UKM itu harus diberdayakan dan skema yang paling pas adalah e-commerce. Bukalapak sangat serius untuk itu. Saya yakin 2017 bisa tembus 4-5 juta," ungkap dia saat memberi sambutan.

Untuk itu, pihaknya menjalin kerja sama dan menandatangani kesepakatan dengan Bukalapak untuk mengembangkan potensi UKM di Indonesia melalui melalui berbagai kegiatan. 

Kementerian Koperasi dan UKM Jalin Kerja Sama dengan BukalapakIDN Times/Linda Juliawanti

Nantinya, produk-produk best seller Bukalapak bisa men-display produknya di Smesco INdonesia."Saya persilakan bukan hanya untuk jualan saja, Smesco itu terbuka untuk digunakan oleh komunitas bukalapak untuk acara apapun," kata dia. 

Adapun acara ini sedang berlangsung di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan. Para pelapak maupun pengunjung yang hadir dapat bersenang-senang dan menikmati berbagai booth dan kegiatan mulai dari kids corner, food truck, game, dan band berskala nasional. 

Baca juga: Web Series Bukalapak Sukses Bikin Kamu Kangen Kampung Halaman (Lagi)!

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya