Comscore Tracker

Kena Reshuffle, 6 Eks Menteri Jokowi 'Banting Setir' Dukung Prabowo

Namanya politik, semua kemungkinan bisa terjadi

Jakarta, IDN Times - Dinamika politik memang sulit ditebak. Tidak ada yang namanya kawan ataupun lawan. Kesetiaan menjadi hal terakhir yang dibicarakan dalam ranah politik. Hari ini mendukung A, besok bisa saja mendukung rivalnya.

Itu pun yang terjadi dengan beberapa Menteri Kabinet Kerja Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang mengalami reshuffle. Mereka akhirnya memutuskan pindah haluan dan memilih mendukung rival Jokowi, yakni Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2019 ini.

Berikut, IDN Times rangkum mantan menteri Kabinet Kerja Jokowi yang mendukung Prabowo di Pemilu 2019.

1. Sudirman Said

Kena Reshuffle, 6 Eks Menteri Jokowi 'Banting Setir' Dukung PrabowoDok. IDN Times

Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo-Sandiaga Sudirman Said, diketahui sebelumnya adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Sudirman menjabat sebagai menteri setelah dilantik oleh presiden pada 27 Oktober 2014. Namun, ternyata nama Sudirman Said masuk ke dalam daftar nama menteri yang di-reshuffle oleh Presiden Jokowi. Pada 27 Juli 2016, Sudirman dilepas dari jabatannya sebagai Menteri ESDM dan digantikan oleh Arcandra Tahar.

Mantan Menteri ESDM ini sempat berpamitan lewat media sosial Twitter miliknya sehari sebelum dirinya resmi di-reshuffle oleh Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah, tugas besar selesai. Ladang amal & perjuangan makin lebar. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia yang hebat ini. Thx semua,” tulisnya pada Selasa (26/7/2016)

2. Rizal Ramli

Kena Reshuffle, 6 Eks Menteri Jokowi 'Banting Setir' Dukung PrabowoIDN Times/Vanny El Rahman

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tak sampai setahun menjabat sebagai menteri. Rizal dilantik pada 12 Agustus 2015 dan digantikan oleh Luhut Binsar Panjaitan pada 27 Juli 2016. Banyak yang mengatakan Rizal dicopot karena berseberangan dengan menteri-menteri lainnya.

Kubu Prabowo mendekati mantan menteri keuangan era Megawati ini. Rizal didaulat sebagai tim pakar ekonomi Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Baca Juga: Jokowi: Saya Tidak Berikan Toleransi kepada Perusuh

3. Ferry Mursyidan Baldan

Kena Reshuffle, 6 Eks Menteri Jokowi 'Banting Setir' Dukung PrabowoIDN Times/Irfan Fathurohman

Ferry Mursyidan Baldan menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional 27 Oktober 2014. Namun, Presiden Jokowi memasukan nama Ferry sebagai salah satu menteri yang di-reshuffle. Alhasil, pada 27 Juli 2016, Ferry secara resmi dilepas jabatannya dari posisi menteri di Kabinet Kerja.

Mantan menteri yang pernah menjabat sebagai anggota MPR dan DPR RI ini didaulat sebagai Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan Prabowo-Sandiaga. Ferry menjadi salah satu yang aktif mengumpulkan bukti-bukti pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini.

4. Tedjo Edhy Purdijanto

Kena Reshuffle, 6 Eks Menteri Jokowi 'Banting Setir' Dukung Prabowosetkab.go.id

Tedjo Edhy Purdijatno adalah mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia era Jokowi. Tedjo berhenti dari posisi menteri pada Agustus 2015. Presiden Jokowi me-reshuffle Tedjo dan menggantinya dengan Luhut Binsar Panjaitan.

Saat ini, Tedjo menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019.

Baca Juga: Jokowi Akui Pertemuan JK dan Prabowo Atas Inisiatifnya

5. Anies Baswedan

Kena Reshuffle, 6 Eks Menteri Jokowi 'Banting Setir' Dukung PrabowoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya adalah salah satu menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Anies menduduki jabatan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelum akhirnya di-reshuffle oleh presiden pada 27 Juli 2016.

Diketahui, pada saat maju sebagai gubernur, Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno. Sampai akhirnya, Sandiaga mundur dari jabatan wakil gubernur dan maju menjadi calon wakil presiden nomor urut 02 bersama Prabowo Subianto. Dari awal mantan pasangannya itu maju, Anies sudah mendeklarasikan diri mendukung pasangan nomor 02 ini.

6. Asman Abnur

Kena Reshuffle, 6 Eks Menteri Jokowi 'Banting Setir' Dukung PrabowoAsman Abnur (kiri) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Presiden Jokowi melantik Asman Abnur menjadi Menteri pemberdayaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) pada tanggal 27 Juli 2016. Namun, Asman mengundurkan diri dari jabatan menterinya lantaran partai pengusungnya Partai Amanat Nasional (PAN), tidak mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf) di Pilpres 2019 ini. Asman akhirnya digantikan oleh Komjen Syafruddin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Setelah mundur dari jabatan menteri, Asman fokus mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari PAN yang diketahui sebagai salah satu partai pendukung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019.

Baca Juga: Jokowi: Kalau Elite Rukun, di Bawah Juga Akan Dingin 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You