Megawati Sebut Pahlawan Perempuan di HUT PDIP, Kode Capres Perempuan?

Megawati harap perempuan RI tak seperti di Afghanistan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri meminta kepada para perempuan Indonesia untuk tangguh. Dia menyebut, perempuan di masa penjajahan sangat kuat.

Salah satunya adalah Laksamana Malahayati dari Aceh. Dalam kesempatan itu, Megawati juga menyoroti perempuan di Afghanistan yang kini semakin terpenjara di negaranya.

Megawati menegaskan, jangan sampai perempuan Indonesia nasibnya seperti di Afghanistasn.

Dalam hukum Republik Indonesia, bunyinya amanat, segala warga negara bersamaan kedudukannya di mata hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan," ujar Megawati di HUT ke-50 PDIP di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga: Sapa Ribuan Kader di HUT ke-50 PDIP, Megawati: Tahu Bapak Saya?

1. Hasto beri penjelasan

Megawati Sebut Pahlawan Perempuan di HUT PDIP, Kode Capres Perempuan?Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Usai acara, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menegaskan pernyataan Megawati itu bukan sebagai kode kalau capres 2024 dari PDI Perjuangan adalah perempuan. Menurut Hasto, Megawati merasa prihatin dengan perempuan di Afghanistan.

"Jadi, Bu Mega kan dalam konteks sosial politik dalam negeri dan internasional itu sangat prihatin dengan apa yg terjadi di Afghanistan, dengan melihat bagaimana Taliban itu kemudian melarang para perempuan untuk bersekolah," kata dia.

"Karena suatu pandangan yang sempit, maka Ibu Mega mengingatkan bahwa di republik ini tidak boleh ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan, karena semuanya sama," sambungnya.

Secara terpisah, politikus senior PDIP, Hendrawan meminta semua pihak untuk bersabar terkait capres. Sebab, hal itu merupakan hak prerogratif Megawati.

"Nama sudah di kantong ibu, sabar," kata Hendrawan kepada IDN Times.

Baca Juga: Jokowi dan Megawati Berdendang Saat Dihibur Denny Caknan di HUT PDIP

2. Megawati tak tergiur umumkan capres 2024 di HUT ke-50 PDIP

Megawati Sebut Pahlawan Perempuan di HUT PDIP, Kode Capres Perempuan?Megawati dalam acara perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan. (youtube.com/PDI Perjuangan)

Sebelumnya, Mega mengaku enggan mengumumkan calon presiden (capres) 2024, di HUT ke-50 PDIP. Megawati menegaskan, capres 2024 merupakan hak prerogatifnya sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Kan saya ketua umum terpilih di kongres partai sebagai institusi tertinggi partai, maka oleh kongres partai diberikanlah ketum terpilih hak prerogratif siapa yang akan dicalonkan. Saiki nunggin? (pengumuman capres) Gak ada, ini urusan gue," ujar Megawati.

Baca Juga: Mega Wanti-Wanti Kader PDIP: Sekarang Mulai Wabah Korupsi Berjamaah

3. Capres dari PDIP merupakan kader yang mumpuni

Megawati Sebut Pahlawan Perempuan di HUT PDIP, Kode Capres Perempuan?Megawati dalam acara perayaan HUT ke-50 PDI Perjuangan. (youtube.com/PDI Perjuangan)

Dia menegaskan, kader PDI Perjuangan yang nanti akan menjadi capres 2024 merupakan sosok yang mumpuni.

Lebih lanjut, Megawati mengatakan, PDIP saat ini ingin melakukan konsolidasi internal terlebih dahulu. Oleh karena itu, dia meminta kepada partai lain untuk tidak menunggu.

"Makanya gak dah dengan segala hormat saya pada temen saya partai lain, saya mau konsolidasi rumah tangga saya aja dah," kata dia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya