Apa Itu Reshuffle Kabinet? Ini Definisi dan Tujuannya

Jokowi disebut bakal melakukan reshuffle beberapa menteri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu (15/6/2022). Ada beberapa pos menteri yang disebut siap terkena reshuffle kabinet oleh Jokowi.

Reshuffle kabinet sendiri bukanlah hal baru di era kepemimpinan Jokowi. Sebelumnya, eks Gubernur DKI Jakarta tersebut beberapa kali melakukan reshuffle kabinet saat menjadi Presiden RI.

Lantas, apa sebenarnya definisi hingga tujuan dilakukannya reshuffle kabinet? Berikut ulasannya dari berbagai sumber yang dihimpun oleh Redaksi IDN Times.

1. Arti reshuffle

Apa Itu Reshuffle Kabinet? Ini Definisi dan TujuannyaTanggapan Presiden Jokowi mengenai Kritikan Mahasiswa terkait julukan 'The King of Lip Service' untuk Presiden Jokowi. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Reshuffle jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna perombakan. Istilah reshuffle biasanya digunakan untuk sebuah peristiwa yang berkaitan dengan perubahan di sebuah organisasi atau kelompok.

Kendati demikian, istilah reshuffle pada dasarnya tidak hanya digunakan untuk konteks kabinet atau pemerintahan. Situs Merriam Webster menyebut, reshuffle juga bisa digunakan pada konteks mengacak atau menyusun kembali setumpuk kartu.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang tercantum di dalam Longman Dictionary of Contemporary English, istilah reshuffle dapat digunakan pada konteks perubahan pekerjaan di dalam sebuah organisasi.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Lantik Zulhas dan Hadi Tjahjanto Jadi Menteri, Siapa Diganti?

2. Makna reshuffle kabinet

Apa Itu Reshuffle Kabinet? Ini Definisi dan TujuannyaMenteri Kabinet Indonesia Maju (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Reshuffle kabinet dapat diartikan sebagai sebuah perombakan kabinet yang ada di pemerintahan. Biasanya, reshuffle kabinet menyasar menteri yang ada di dalam pemerintah.

Dikutip dari Institute for Government, dijelaskan bahwa pergantian menteri di dalam reshuffle kabinet bisa bersifat minor dan juga bersifat mayor, apabila ada banyak menteri yang terkena reshuffle.

3. Tujuan reshuffle kabinet

Apa Itu Reshuffle Kabinet? Ini Definisi dan TujuannyaSurvei Charta Politika menyebut tingkat kepuasan kepada menteri kabinet Jokowi hanya 53,5 persen dan 63,1 persen responden ingin reshuffle kabinet. (Dok/Charta Politika)

Reshuffle kabinet pun memiliki beberapa tujuan yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk manajemen partai dan kabinet
  • Mengevaluasi kinerja para menteri di dalam pemerintahan
  • Pergantian atau perubahan kebijakan pemerintah
  • Penyegaran di kabinet pemerintahan

Nah, itu dia definisi atau pengertian reshuffle kabinet lengkap bersama dengan tujuannya. Kalau kamu jadi presiden, kira-kira menteri siapa nih yang harus di-reshuffle?

Baca Juga: NasDem soal Isu Reshuffle: Siap Kurang, Tetap atau Tambah Kursi

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya