Bangga! Indonesia Negara Terindah Keenam di Dunia

Indonesia mengalahkan negara-negara lain di Asia

Jakarta, IDN Times – Kabar menggembirakan datang dari sebuah publisher ternama asal Inggris, Rough Guides. Situs penyedia panduan berwisata, Rough Guides, merangkum 20 daftar negara terindah di dunia.

Dilansir dari roughguides.com, Indonesia menempati peringkat keenam sebagai negara paling indah di dunia. Hal tersebut diperoleh dari jajak pendapat para pembaca dari berbagai negara di dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik predikat negeri terindah di dunia bagi Indonesia dalam laman “Rough Guides”, yang selama ini menjadi salah satu rujukan utama wisatawan dunia.

"Posisi ini sangat membanggakan bagi Indonesia, kita bisa menunjukkan kepada dunia bahwa tak ada negeri yang kaya dengan beraneka ragam pemandangan alam yang indah dan keragaman budaya yang memesona selain di sini," ujar Arief yang dilansir dari Antara.

Baca Juga: 8 Fakta Indahnya Pantai Nampu, Wisata Tersembunyi di Wonogiri

1. Inilah deretan negara terindah di dunia

Bangga! Indonesia Negara Terindah Keenam di Duniaidntimes.com

Melalui situs www.roughguides.com, penyedia guidebook yang berdiri sejak 1982 itu membuat rekomendasi tentang negeri-negeri indah, yang patut dikunjungi oleh para wisatawan dunia.

Rough Guides yang berpusat di London, Inggris, menyusun daftar negara terindah di dunia dari hasil jajak pendapat pengguna internet secara global, dan menempatkan Indonesia pada posisi keenam di bawah Afrika Selatan, Italia, Selandia Baru, Kanada, dan Skotlandia yang berada di urutan pertama.

Indonesia berhasil melampaui negara-negara di Benua Asia lainnya seperti India yang berada di peringkat ke-13, sementara Vietnam di peringkat ke-20.

2. Indonesia memiliki daya tarik yang tinggi

Bangga! Indonesia Negara Terindah Keenam di DuniaIDN Times/Sunariyah

Sebagai sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang sangat beranekaragam, tak heran jika Indonesia dianggap memiliki daya tarik tinggi sebagai negeri yang menyajikan suasana pedesaan, ketenangan pulau-pulau terpencil, hingga puncak gunung yang menjulang.

Dari poling pembacanya, Indonesia dianggap sangat menarik oleh wisatawan mancanegara karena memiliki 17.508 pulau yang membentang dari barat ke timur, serta keanekaragaman flora dan fauna yang luar biasa.

Selain itu, adat istiadat, berbagai santapan kuliner, dan lebih dari 500 bahasa daerah juga menjadi daya tarik lain bagi Indonesia.

3. Pesona Bali dan Lombok dianggap paling menonjol

Bangga! Indonesia Negara Terindah Keenam di DuniaIDN Times/Sunariyah

Tidak hanya itu, pesona Bali dan Lombok menjadi salah satu magnet lainnya dengan keindahan alam yang paling menonjol di Indonesia. Pulau Bali dikenal karena kuil-kuilnya yang indah dan sarana berselancar kelas dunia, sedangkan Lombok karena pantai-pantainya yang memesona.

Sementara itu, di bagian utara ada Kalimantan yang menawarkan kesempatan untuk melihat satwa liar orang utan di habitat aslinya.  

4. Predikat Indonesia sebagai negara terindah keenam dunia memperkuat aspek 3C

Bangga! Indonesia Negara Terindah Keenam di DuniaIDN Times/Sunariyah

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga memberikan apresiasi atas survei yang dilakukan oleh Rough Guides.

Posisi Indonesia yang dinobatkan Rough Guides sebagai negeri terindah keenam di dunia, kata Menpar Arief, hasil ini memperkuat aspek 3C, yaitu confidence (kepercayaan diri), credibility (kredibilitas), dan calibration (kalibrasi) bagi Pulau Bali, Pulau Lombok, dan berbagai destinasi wisata lainnya.

Baca Juga: Pesona Keindahan Indonesia Bagian Barat Terpancar dari Pulau Simeulue

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya