Comscore Tracker

20 Fakta Pernikahan Kaesang dan Erina, 2 Menteri Jadi Saksi

Yuk, simak berikut ini!

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Kaesang Pangarep dengan kekasihnya, Erina Sofia Gudono, segera menggelar akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Kedua calon mempelai ini menggunakan adat Solo dan Yogyakarta dalam prosesi pernikahannya. Kaesang mengaku, persiapan pernikahannya sudah matang seratus persen.

Hal ini tentu saja membuat masyarakat semakin penasaran dan tidak sabar menantikan hari bahagia sepasang calon pengantin tersebut. Yuk simak, 20 hal terkat pernikahan Kaesang-Erina berikut ini.

1. Prosesi pernikahan dimulai sejak 8 Desember 2022

  • Rangkaian dimulai dari acara semaan Al-Qur.’an

Sebelum memasuki rangkaian acara akad nikah, Kaesang dan Erina akan menggelar agenda Semaan Al-Qur.’an di kediaman Erina terlebih dahulu pada Kamis (8/12/2022). Setelah itu, keduanya segera melangsungkan prosesi midodareni di lokasi yang sama, Jumat (9/12/2022). Prosesi tersebut berupa pemasangan bleketepe atau anyaman daun kelapa di kediaman calon mempelai perempuan sebagai lambang dimulainya proses pernikahan.

  • Prosesi ngunduh mantu usai ijab kabul 

Sesudah mengucap ijab kabul pada Sabtu 10 Desember 2022, Kaesang dan Erina akan melanjutkan prosesi Ngunduh Mantu pada Minggu (11/12/2022). Prosesi ini dilangsungkan di dua lokasi sekaligus yakni di Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Diketahui, Loji Gandrung merupakan rumah dinas dari Wali Kota Solo.

2. Keluarga kenakan tiga motif batik selama prosesi pernikahan

  • Memesan 82 pakaian seragam

Kabarnya, keluarga dari kedua calon mempelai ini memesan sebanyak 82 pakaian seragam untuk pernikahan Kaesang-Erina. Pakaian ini meliputi beskap, blangkon dan jarik. Beskap yang digunakan nantinya memiliki tiga model yakni atela, landung, dan Jawi Jangkep. Seragam ini dijahit langsung oleh penjahit langganan keluarga Jokowi yang berlokasi di Busana Jawi Suratman, Jalan Teuku Umar 12, Solo Jawa Tengah.

  • Menggunakan tiga motif batik

Selain itu, jarik yang dikenakan juga memiliki motif batik yang berbeda-beda di setiap prosesi pernikahan. Pertama, ada motif Sido Drajat yang akan dikenakan saat prosesi siraman berlangsung. Lalu, motif Ceplok yang dikenakan pada saat prosesi pernikahan, dan motif Sido Dadi dipakai untuk Ngunduh Mantu.

3. Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina mengusung tema Mataram Islam

  • Tema dekorasi "Mataram Islam"

Kaesang dan Erina mempercayakan Asmoro Decoration untuk menghiasi lokasi venue Ngunduh Mantu mereka yang berada di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Dari beberapa ide tema yang diusulkan pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, keluarga calon mempelai menyetujui bahwa pernikahan tersebut menggunakan tema “Mataram Islam”. Tema ini berhasil dipilih keluarga kedua calon mempelai, mengingat asal usul kedua mempelai yakni Solo dan Yogyakarta. Diketahui, Mataram Islam sendiri merupakan asal muasal berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat.

  • Dilengkapi 6 hiasan

Lokasi pernikahan dengan tema ini nantinya dilengkapi visual enam hiasan bernama Mrajak Sewu, yang menggambarkan berdirinya Mataram Islam. Disertai juga dengan daun jati sebagai cover-nya. Serta di atasnya terdapat kelapa cengkir dan beberapa bilah bambu dimana ujungnya ditancapkan cabai.

4. Aturan-aturan yang harus diikuti selama proses Ngunduh Mantu di Pura Mangkunegaran

  • Pelaminan tidak boleh membelakangi Pringgitan tempat Singgasana raja

Mengadakan pernikahan di Pura Mangkunegaran, sepasang kekasih ini tetap menaati aturan yang dianut oleh Pura Mangkunegaran. Art Director Asmoro Decoration, Pandji Vasco Dagama menyebut, letak pelaminan nantinya dilarang membelakangi Pringgitan tempat Singgasana raja. Jadi tamu undangan nantinya diminta duduknya dari Timur menghadap Barat.

  • Tidak boleh memindahkan gamelan

Peraturan lainnya yang harus ditaati yaitu, tidak memindahkan gamelan yang berada di Pendhapa Ageng Pura Mangkunegaran, kecuali digeser. Beberapa gamelan tersebut ialah gamelan Kyai Kenyut Mesem, Kyai Seton, dan Kyai Lipur Sari.

5. Pernikahan disaksikan dua menteri, dan mahar Rp300 ribu

  • Dua menteri jadi saksi nikah

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Depok, Sleman, Yogyakarta, Muhammad Wiyono mencatat, ada dua menteri yang menjadi saksi pernikahan Kaesang-Erina. Mereka adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

  • Ada 2 mas kawin yang tercatat

Mahar yang diberikan Kaesang kepada Erina berupa seperangkat alat salat dan uang tunai sebesar Rp300 ribu. Mas kawin ini berdasarkan catatan yang terdaftar di KUA tersebut. Wiyono sendiri dipercaya kembali sebagai penghulu nikah dari keluarga Jokowi. Sebelumnya, ia menjadi penghulu nikah salah satu keponakan Jokowi yang menikah pada 2021 di Hotel Sheraton Yogyakarta, Depok.

6. Ngunduh Mantu dimeriahkan oleh karawitan dari ISI Solo

  • Melibatkan personel dari Institut Seni Indonesia

Upacara Ngunduh Mantu yang berlangsung di dua lokasi pada 11 Desember 2022 akan diiringi oleh dua grup karawitan, dengan total 44 personel dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah. Jumlah personel yang bakal menabuh gamelan di Loji Gandrung akan lebih sedikit mengingat durasi acara hanya 1-2 jam. Sementara acara tasyakuran di Pura Mangkunegaran berlangsung dari pagi hingga malam hari.

Menampilkan gendhing lagu "Ojo Dibandingke' saat ngunduh mantu

  • Koordinator Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) ISI Surakarta, Guntur Sulistiyono menyebut, grup karawitan ini juga menyiapkan gendhing lagu khusus yakni 'Ojo Dibandingke' untuk ditampilkan saat ngunduh mantu nantinya. Lagu tersebut sebelumnya sempat dibawakan di Istana Kepresidenan pada 17 Agustus 2022 lalu dan berhasil menarik perhatian hadirin.

7. Pernikahan Kaesang dan Erina tidak menerima sumbangan

  • Tidak menerima sumbangan apapun dari tamu

Kakak pertama Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming mengatakan, pernikahan adiknya tidak menerima sumbangan apapun, baik sebelum dan sesudah pernikahan. Hal ini merupakan persetujuan dari kedua pihak keluarga. Sebab, menurut keluarga, doa adalah sumbangan yang terbaik.

  • Tidak ingin merepotkan tamu

Sejak dahulu, keluarga Jokowi tidak menerima sumbangan saat menggelar acara pernikahan. Gibran mengatakan, pihak keluarga tidak ingin merepotkan tamu undangan. Bahkan, dirumahnya pun tidak menerima tamu.

8. Polri dan pejabat daerah menjaga ketat kediaman Erina

  • Menerjunkan 400-500 personel pegamanan

Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol R. Slamet Santoso menyebut, ada 400 hingga 500 anggota Polri DIY yang akan dikerahkan untuk mengamankan prosesi pra nikah di sekitar kediaman Erina. Para personel dikerahkan untuk mengamankan pasangan calon pengantin, keluarga, serta para tamu dan masyarakat di kediaman Erina.

  • CCTV terpasang di 13 titik sekitar lokasi kediaman calon mempelai wanita

Ketua Rukun Warga (RW) kediaman Erina, Sukamto mengungkapkan, menjelang acara pernikahan ini ada CCTV yang terpasang di tiga belas titik sekitar kediaman calon mempelai wanita. CCTV terpasang sejak Rabu (30/12/2022). Ada juga imbauan kepada warga sekitar untuk tidak membawa tamu selama prosesi pra nikah berlangsung. Imbauan tersebut mulai dari tanggal 7-9 Desember 2022.

9. Ada kirab kereta kencana dan panggung rakyat

  • Ada kirab 10 kereta kencana

Pernikahan ini juga akan melakukan kirab menggunakan 10 kereta kencana, yang dilakukan bersamaan dengan Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (11/12/2022). Nantinya, semua rangkaian acara Ngunduh Mantu dilaksanakan di Loji Gandrung. Setelah itu, barulah naik kereta ke Pura Mangkunegaran. Lalu, akan ada festival dan sembilan panggung rakyat di kawasan tersebut.

  • Jumlah tamu undangan 

Acara Ngunduh Mantu yang diselenggarakan selama dua hari tersebut akan dihadiri 3.000 tamu undangan yang akan hadir di Solo. Tak hanya tamu undangan, relawan Jokowi juga akan datang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Unit Pengelola Asrama Haji Donohudan, Bambang Sumanto, bahwa akan ada sekitar 5.000 relawan yang direncanakan menginap di Asrama Haji Donohunan saat ngunduh mantu. 

10. Berziarah ke makam Raja Mangkunegara

  • Ziara ke makam raj-araja

Sebelum melaksanakan pernikahan di Puro Mangkunegaran, Kaesang dan Erina juga melakukan ziarah ke makam Mangkunegara I dan XI di Karanganyar dan Kota Solo, Selasa (29/11/2022). Hal ini dilakukan karena keduanya bakal menggelar Ngunduh Mantu di Puro Mangkunegaran tersebut.

  • Mengenakan pakaian adat Jawa warna senada

Selama berziarah, Kaesang dan Erina didampingi oleh Pengageng Wedhana Satrio Puro Mangkunegaran KMRT Lilik Priarso. Kedua calon pengantin ini mengenakan pakaian adat Jawa dengan warna senada.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya