Surya Paloh: Tak Ada Alasan NasDem Keluar Koalisi Pemerintahan Jokowi

Menurut NasDem pemerintahan Jokowi baik

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengatakan pihaknya tidak memiliki alasan mundur dari koalisi pemerintahan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hingga 2024.

"Gak ada alasan bagi NasDem untuk mundur kalau bukan dimundurkan. Apa alasannya bagi NasDem? Pemerintahan ini dianggap baik oleh NasDem," ujar Surya kepada wartawan usai menghadiri kegiatan silaturahmi kebangsaan dengan sejumlah doktor dan guru besar dari berbagai universitas di Ballroom NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Baca Juga: Surya Paloh: Pidato Jokowi Nasihat untuk Golkar, Bukan Sindir NasDem

1. Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dinilai menunjukkan adanya peningkatan keberhasilan

Surya Paloh: Tak Ada Alasan NasDem Keluar Koalisi Pemerintahan JokowiPresiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sejauh ini, kata Surya, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf menunjukkan adanya peningkatan keberhasilan dari waktu ke waktu, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

Karena itu, Surya mengatakan, NasDem akan tetap menjadi bagian koalisi pemerintah dan memperjuangkan agar pada masa akhir jabatannya, Presiden Jokowi dapat meninggalkan warisan yang baik.

"Harapan kami, berakhirnya masa jabatan Presiden Jokowi dalam dua tahun ke depan beliau meninggalkan sesuatu yang jauh lebih berarti sebagai legacy (warisan). Itu yang harus diperjuangkan oleh NasDem," ucapnya.

2. Surya Paloh minta kadernya jaga suasana kondusif

Surya Paloh: Tak Ada Alasan NasDem Keluar Koalisi Pemerintahan JokowiKetum Nasdem, Surya Paloh saat konpres jelang rakor pemenangan pemilu. IDN Times/ Ardiansyah Fajar.

Selain itu, Surya mengimbau para kader NasDem agar tidak menanggapi komentar mengenai mundur dari koalisi pemerintahan atau pun komentar negatif lainnya, yang berpotensi membuat suasana politik di Tanah Air tidak kondusif.

"Yang diharapkan NasDem adalah suasana yang tenang, koalisi makin saling menghargai, makin kokoh. Jadi saya pikir kepada kader-kader NasDem gak perlu menjawab komentar-komentar yang barang kali hanya membuat suasana itu tidak kondusif," ujarnya.

Baca Juga: Surya Paloh: Dukung Ahok Dibilang Penista, Dukung Anies Jadi Kadrun

3. NasDem berupaya menjaga kondisi politik kondusif

Surya Paloh: Tak Ada Alasan NasDem Keluar Koalisi Pemerintahan JokowiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Surya, situasi politik yang kondusif perlu senantiasa terjaga agar tidak mengganggu Indonesia dalam melanjutkan pembangunan dan menghadapi beragam persoalan yang makin kompleks.

"NasDem berupaya agar suasana yang kondusif itu harus tetap terjaga secara baik, sayang kalau gak. Apalah itu urusan-urusan si A-lah, si B-lah, ini, itu. Itu istilahnya isu tetek bengek (masalah kecil)," ucap Surya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya