Anies-Cak Imin Terbang Bareng ke Aceh Usai Pilpres 2024, Ada Apa?

Anies-Cak Imin juga didampingi istrinya

Intinya Sih...

Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar melakukan perjalanan ke Aceh setelah Pilpres 2024. Kunjungan dimulai dengan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman dan ngopi bareng di Waroeng Pak Haji. Kegiatan diakhiri dengan ngobrol dengan anak muda Aceh di Megah Kopi pada malam harinya.

Jakarta, IDN Times - Meski Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 sudah berakhir, pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar melakukan perjalanan bareng ke Aceh, Jumat (3/5/2024).

Muhaimin terlihat membagikan dokumentasi posisi mereka di dalam kabin pesawat dan hendak menuju ke Bumi Serambi Mekkah itu. Istri Anies dan Muhaimin juga terlihat ikut mendampingi kunjungan tersebut. 

"Bismillah, bersiap menuju Banda Aceh bersama-sama pagi ini. Insyaallah hari ini akan bersilaturahmi melepas rindu dengan saudara-saudara di Aceh," ujar Anies seperti ditulis di akun media sosial, dikutip hari ini. 

Anies menyebut kegiatan di Aceh dimulai dengan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman. Lalu, dilanjutkan dengan ngopi bareng di Waroeng Pak Haji. 

"Kegiatan diakhiri ngobrol dengan anak muda Aceh di Megah Kopi pada malam harinya. Sampai ketemu, Aceh!" kata Anies. 

Sementara, juru bicara Anies, Usamah Abdul Aziz, membenarkan kegiatan mantan Gubernur DKI Jakarta itu bersama Acak Imin di Aceh. Ia memastikan, dialog yang dilakukan pada hari ini bukan dikemas seperti Desak Anies saat masa kampanye. 

"Programnya beda. Ini bukan masa kampanye. Jadi, diskusi bisa lebih santai," kata Usamah kepada IDN Times melalui pesan pendek pada hari ini. 

1. Anies dan Cak Imin ingin silaturahmi ke warga Aceh

Anies-Cak Imin Terbang Bareng ke Aceh Usai Pilpres 2024, Ada Apa?Anies Baswedan dan Cak Imin ketika hendak terbang ke Aceh pada Jumat, 3 Mei 2024. (www.instagram.com/@aniesbaswedan

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Semmy itu mengatakan, kunjungan Anies-Cak Imin ke Aceh untuk mengucapkan terima kasih dan bersilaturahmi. Sebab, mereka menang telak di Tanah Rencong. 

Berdasarkan penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Anies-Muhaimin berhasil meraih 2.369.534 suara. Sementara, paslon Prabowo-Gibran mendapatkan 787.024 suara. 

"Jadi, Mas Anies dan Cak Imin ingin menyapa warga Aceh. Kan AMIN menang di sana," kata Semmy. 

Ia pun tak menampik upaya untuk tetap menyalakan semangat perubahan dimulai dari Aceh. Caranya dengan turun ke masyarakat. 

"Jadi, nanti, Mas Anies dan Cak Imin akan bertemu relawan, tokoh masyarakat dan pemuda," tutur dia. 

Semmy menambahkan, setibanya Anies-Cak Imin di Aceh, mereka disambut meriah oleh sejumlah politisi dari parpol yang dulu tergabung dalam Koalisi Perubahan, yakni PKB, Partai NasDem, dan PKS. 

Baca Juga: Anies-Cak Imin Resmi Bubarkan Timnas AMIN

2. Cak Imin bisa jelaskan ke publik soal langkah politik PKB pasca-Pilpres 2024

Anies-Cak Imin Terbang Bareng ke Aceh Usai Pilpres 2024, Ada Apa?Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar ketika menyampaikan pernyataan hari buruh. (www.instagram.com/@cakiminow)

Semmy menyadari usai Pilpres 2024, sikap politik parpol dalam Koalisi Perubahan sudah tidak sejalan. Seperti partai yang dipimpin Cak Imin, PKB, sudah menyatakan siap bergabung ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, selaku capres-cawapres terpilih Pilpres 2024. Pernyataan serupa juga disampaikan Partai NasDem yang juga bergabung dengan Prabowo. 

Publik pun bingung dengan sikap parpol yang ada di Koalisi Perubahan, tetapi malah merapat ke pemerintahan yang mengusung semangat keberlanjutan. "Justru acara ini bisa menjadi forum bagi Cak Imin untuk menjawab keputusan usai Pilpres. Apakah jadi bergabung (ke kubu Prabowo-Gibran) atau tidak," kata dia. 

Anies dan Cak Imin dijadwalkan berada di Aceh hingga Sabtu, 4 Mei 2024. 

3. Cak Imin titipkan delapan program perubahan untuk bisa gabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran

Anies-Cak Imin Terbang Bareng ke Aceh Usai Pilpres 2024, Ada Apa?Presiden terpilih, Prabowo Subianto ketika menerima program perubahan dari Muhaimin Iskandar. (www.instagram.com/@cakiminow)

Meski sudah menyatakan bakal bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran, tetapi Cak Imin menyerahkan delapan program perubahan kepada pria yang hingga kini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu. Cak Imin berharap Prabowo bersedia mengakomodasi delapan program perubahan di pemerintahannya. 

Delapan agenda perubahan itu yaitu merawat dan memperkuat kualitas demokrasi, menjamin kebebasan rakyat berbicara dan mengkritik, menjamin kebebasan pers sebagai pilar keempat demokrasi, memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan dan menjamin pemerataan akses ekonomi, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keseimbangan ekosistem, mewujudkan keadilan ekologis berkelanjutan dan mengedepankan etika lingkungan dan pembangunan.

IDN Times pernah menanyakan kepada Anies, apakah yakin delapan program perubahan itu bakal diakomodasi Prabowo. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Prabowo. 

"Pemegang mandat konstitusi yang memiliki kewenangan untuk menentukan, bukan orang lain. Karena konstitusi menyatakan yang memegang amanah adalah Pak Prabowo maka Pak Prabowo yang akan menentukan seperti apa. Kita hormati keputusannya," ujar Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada 30 April 2024. 

Lebih lanjut, Anies mengklaim tidak merasa ditinggalkan partai politik yang dulu mengusungnya dalam Koalisi Perubahan saat Pilpres 2024. Ia mengatakan komunikasi dengan tiga parpol pendukungnya masih tetap terbuka.

https://www.youtube.com/embed/CgDSqxnp1Xc

Baca Juga: Pesan Anies ke Prabowo: Biarkan Partai Beroposisi agar Muncul Diskusi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya