10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota Depok

Masjid At-Thohir memiliki empat menara setinggi 40 meter

Depok, IDN Times - Masjid At-Thohir yang dibangun Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kini menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kota Depok yang harus  dikunjungi.

Masjid yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu 9 Maret 2022 lalu ini memiliki detail kubah besar yang dikelilingi kubah-kubah berukuran sedang dan kecil dan 4 menara setinggi 40 meter.

Didesain dengan arsitektur klasik modern dengan dua lantai di dalamnya, Masjid At-Thohir dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Masjid yang didominasi berwarna putih ini berkapasitas 1.976 jemaah di dalam masjid dan 1.395 jemaah pada fasilitas pendukung, seperti plaza serbaguna.

Lokasi Masjid At-Thohir ini persisnya terletak di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Jalan Mochamad Thohir, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat. Letaknya kurang lebih 500 meter dekat pintu ke luar masuk Tol Cimanggis.

Biasanya pada pagi atau sore hari, banyak warga yang menghabiskan waktu di sekitar masjid. Kebanyakan mereka berswafoto, membuat video, atau sekadar duduk di area theater. Pengurus masjid pun tidak keberatan bila pengunjung mengambil gambar suasana  dalam masjid, seperti yang dilakukan IDN Times pada Jumat (29/4/2022). 

Seperti apa penampakan masjid bergaya Timur Tengah ini? 

1. Megahnya Masjid At-Thohir yang bernuansa putih langsung menyita perhatian para pengunjung saat tiba di lokasi

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokMasjid At Thohir di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Tapos, Depok, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Baca Juga: Masjid At-Thohir Siap Gelar Salat Idul Fitri, Kapasitas 3.000 Jemaah

2. Masjid bergaya timur tengah nan modern dengan empat menara melambangkan 4 arah mata angin, utara, timur, selatan, dan barat, menggambarkan bahwa Islam bisa dipandang dari seluruh arah

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokMasjid At Thohir di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Tapos, Depok, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

3. Papan nama masjid At-Thohir yang dihiasi air mancur menjadi objek menarik untuk berfoto

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokMasjid At Thohir di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Tapos, Depok, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

4. Area theater yang nantinya akan dijadikan taman edukasi Islam untuk anak-anak

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokTheater di taman Masjid At Thohir di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Tapos, Depok, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

5. Pintu masuk masjid yang setiap saat selalu didatangi warga untuk berwisata religi

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokPintu masuk Masjid At Thohir di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Tapos, Depok, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

6. Rangkaian 99 Asmaul Husnah terdapat di bagian depan ruang salat utama menaungi lokasi imam dan mimbar

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokSuasana di dalam Masjid At Thohir di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Tapos, Depok, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

7. Tak cuma orang dewasa, anak-anak pun terlihat antusias dengan kemegahan masjid ini

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokJemaah usai salat Maghrib di Masjid At Thohir, Kamis 28 April 2022, di Kompleks Podomoro Golf View, Tapos, Depok. (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

8. Suasana seusai salat magrib, jemaah diwajibkan selalu menggunakan masker

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokSuasana usai salat Maghrib di Masjid At Thohir di Kompleks Podomoro Golf View, Tapos, Depok. (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Baca Juga: 6 Potret Keunikan Bangunan Masjid Lautze, Berarsitektur Khas Tionghoa

9. Wastafel yang bersih dan tertata apik membuat jemaah betah bersih-bersih

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokDeretan wastafel di tempat wudhu Masjid At Thohir di kawasan perumahan Podomoro Golf View, Tapos, Depok, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

10. Area wudu perempuan dilapisi marmer hitam membuat kesan elegan, kebersihannya juga terjaga lho

10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota DepokTempat wudhu di Masjid At Thohir, Kompleks Podomoro Golf View, Tapos, Depok. (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Nah, setelah melihat potret-potret di atas apa kamu berminat berwisata religi ke Masjid At-Thohir?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya