11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar Biasa

Disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara

Depok, IDN Times - Masjid Dian Al-Mahri atau yang biasa dikenal Masjid Kubah Emas menjadi salah satu tujuan wisata religi yang juga menjadi ikon di Kota Depok, Jawa Barat. Siapa yang tidak terkesima saat pertama kali melihatnya. Kubahnya yang dilapisi emas dan dibangun di atas lahan seluas 70 hektare, serta memiliki luas bangunan sebesar 8.000 meter persegi, membuat siapa pun berhenti untuk sekadar mengaguminya.

Masjid yang bergaya Timur Tengah ini memiliki 5 kubah, satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal.

Kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang. Selain itu, karena areanya yang luas dan bebas diakses untuk umum, tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekadar dijadikan tempat beristirahat.

Meski kini belum terlalu ramai dikunjungi karena pandemik COVID-19, masjid ini sudah dibuka untuk umum. Seperti apa penampakan Masjid Kubah Emas? Ini potretnya.

1. Gerbang masuk area jemaah perempuan yang sering dijadikan tempat berfoto

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar Biasailustrasi masjid (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Baca Juga: 9 Potret Masjid An-Nawier, Simbol Peradaban Arab di Pekojan Jakarta 

2. Saat memasuki area plaza, disambut oleh pemandangan 3 kubah emas

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaMasjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

3. Selasar yang panjang dan tinggi berlapis marmer dan granit

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaIlustrasi masjid (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Baca Juga: Filosofi di Balik Indahnya Masjid At-Thohir Depok

4. Pintu besar berbahan kayu saat akan memasuki area salat masjid

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaPintu masuk area salat Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

5. Ruang salat lantai 1 yang didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaRuang salat Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Baca Juga: Wisata Religi Sambil Berburu Suvenir di Masjid Keramat Luar Batang

6. Pilar-pilar kokoh yang tinggi menciptakan skala ruang yang besar, materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar Biasa

7. Ornamen lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaOrnamen di dalam Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

8. Area mezanin yang nantinya juga digunakan untuk Salat Idul Fitri 1443 H

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaBagian mezanin di Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Baca Juga: 10 Potret Kemegahan Masjid At-Thohir, Wisata Religi Baru di Kota Depok

9. Pemandangan keseluruhan Masjid Kubah Emas

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaMasjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

10. Taman luas yang mengelilingi masjid membuat mata menjadi teduh

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaKolam yang mengelilingi bagian mezanin Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

11. Area luar tempat wudu jemaah perempuan

11 Potret Masjid Kubah Emas Depok, Megahnya Luar BiasaTempat wudhu perempuan di Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). (IDN Times/Syifa Putri Naomi)

Nah, setelah melihat potret-potret di atas kalian berminat mengunjungi Masjid Kubah Emas? Yuk sekalian ngabuburit!

Topik:

  • Sunariyah
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya