Katedral Gelar Misa Natal Hybrid, Protokol Kesehatan Dijamin Ketat

Jemaat harus masuk dengan screening PeduliLindungi

Jakarta, IDN Times - Humas Gereja Katedral, Susyana Suwadie, menjamin penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat selama pelaksanaan misa Natal. Dia menuturkan pelaksanaan misa Natal tahun ini dilakukan secara hybrid dengan tema Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan.

"Pada hari ini, di hari Natal, Gereja Katedral Jakarta akan menyelenggarakan tiga kali Misa, di mana Misa hanya satu kali online dan kemudian yang kedua kali adalah misa hybrid (online dan offline)," ujar Susyana di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga: Misa Natal di Purwakarta Dilakukan di Gereja dan Secara Virtual

1. Protokol kesehatan jadi komitmen Keuskupan Agung Jakarta

Katedral Gelar Misa Natal Hybrid, Protokol Kesehatan Dijamin KetatSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Susyana menyampaikan panitia juga memperketat penerapan protokol kesehatan selama misa tatap muka dilakukan. Menurutnya, disiplin protokol kesehatan adalah komitmen dari Keuskupan Agung Jakarta.

"Untuk itu kami tetap melaksanakan seperti awalnya pendemik, di mana itu semua harus melakukan pendaftaran melalui website Bela Rasa. Dan juga tidak melintas paroki, jadi semua harus masing-masing umat yang ada di Paroki itu," ucapnya.

Baca Juga: Tim Gegana dan Anjing Pelacak Sisir Lokasi Misa Natal di Palembang

2. Jemaat wajib kenakan masker dan screening PeduliLindungi

Katedral Gelar Misa Natal Hybrid, Protokol Kesehatan Dijamin KetatSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain itu, lanjut dia, jemaat yang harus melakukan screening melalui Aplikasi PeduliLindungi. Panitia juga menyediakan tempat cuci tangan hingga pengukur suhu.

"Masker harus tetap digunakan walaupun biasanya pada hari Natal umat senang sekali untuk berfoto. Nah itu tetap harus menggunakan masker, kemudian hanya dibuka saat penerimaan komuni saja," jelas Susyana.

Baca Juga: Umat Katolik Gereja HKTY Ganjuran Khusyuk Ikuti Misa Natal

3. Pengamanan Katedral dijaga ketat oleh TNI-Polri

Katedral Gelar Misa Natal Hybrid, Protokol Kesehatan Dijamin KetatSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Untuk pengamanannya, Susyana menyebut bahwa aparat keamanan yang terdiri dari TNI-Polri sudah bersiaga. Hal itu agar para jemaat tetap merasa aman dan nyaman saat beribadah.

"Sehingga, umat yang datang bisa beribadah secara khusyuk dan aman, nyaman. Karena itu yang menjadi tujuan di mana kali ini masih dalam pandemik kita semua masih merayakan secara sederhana," tuturnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya