Comscore Tracker

Suntikan Vaksin COVID-19 ke Jokowi, Dokter Kepresiden Lebih Tenang

"Karena sudah terbiasa dengan vaksinasi pertama."

Jakarta, IDN Times - Dokter Kepresiden Abdul Muthalib merasa lebih tenang saat menyuntik vaksin COVID-19 dosis kedua kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Vaksinasi COVID-19 kedua ini dilakukan di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

"Lebih tenang karena sudah terbiasa dengan vaksinasi pertama. Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden yang masih mempercayakan kepada saya untuk divaksin kedua," kata Abdul seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/1/2021).

Pada penyuntikan vaksin COVID-19 dosis pertama 13 Januari lalu, Abdul terlihat begitu gemetaran saat membenamkan jarum suntik ke lengan Jokowi. 

"Saya ingin menjelaskan sekali lagi bahwa vaksin yang saya berikan adalah vaksin Sinovac, bukan yang lain," ucapnya.

1. Sempat bertanya kepada Jokowi tentang efek vaksinasi pertama

Suntikan Vaksin COVID-19 ke Jokowi, Dokter Kepresiden Lebih TenangJokowi melakukan Vaksinasi COVID-19 Dosis ke-2 pada Rabu (27/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Ia juga sempat menanyakan kepada Jokowi apakah ada keluhan usai vaksinasi pertama, orang nomor satu di Indonesia itu mengaku tidak ada keluhan apa-apa.

"Berbincang dengan Bapak Presiden pertama kali 'Apakah bapak ada keluhan setelah vaksinasi pertama?' Ternyata tidak ada sama sekali. Begitu juga waktu disuntik bapak merasakan waktu ditusuk saja tapi yang lain-lain tidak ada apa-apa," kata Abdul.

Baca Juga: [BREAKING] Disuntik Vaksin COVID-19 Dosis Kedua, Jokowi: Tidak Terasa

2. Jokowi menerima vaksinasi COVID-19 kedua hari ini

Suntikan Vaksin COVID-19 ke Jokowi, Dokter Kepresiden Lebih TenangJokowi melakukan Vaksinasi COVID-19 Dosis ke-2 pada Rabu (27/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memang menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis hari ini. Penyuntikan vaksin dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, dan disiarkan secara langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

"Jadi setelah suntikan yang pertama 13 Januari lalu, dua minggu lalu, sekarang, hari ini, saya mendapatkan suntikan vaksin kedua dan sama seperti yang dilakukan dua minggu lalu, tidak terasa," kata Jokowi.

3. Jokowi sempat merasa pegal setelah vaksinasi pertama

Suntikan Vaksin COVID-19 ke Jokowi, Dokter Kepresiden Lebih TenangKomentar Jokowi setelah melakukan Vaksinasi COVID-19 Dosis ke-2 pada Rabu (27/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi melakukan vaksinasi pertama pada Rabu (13/1/2021). Mantan Wali Kota Solo ini mengaku sedikit pegal setelah beberapa jam. Namun demikian, dia tidak merasakan efek samping yang berlebihan.

"Gak terasa apa-apa, waktu suntik ya. Tapi setelah dua jam agak pegal dikit. Agak pegal dikit," kata Jokowi.

Baca Juga: Jelang Vaksinasi Masih Takut Jarum Suntik? Ini 5 Cara Mengatasinya 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya