Seluk Beluk Berhaji di Tengah Pandemik, Stay Tune di Live IG IDN Times

Bagaimana persiapan haji di tengah merajalelanya COVID-19

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia memilih tidak memberangkatkan sekitar 216 ribu calon jemaah haji ke Tanah Suci tahun ini. Keputusan pembatalan diumumkan 2 Juni 2020 lalu oleh Menteri Agama Fachrul Razi. Pandemik COVID-19 yang terjadi secara global menjadi alasan.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang memutuskan tidak memberangkatkan warganya menjalankan Rukun Islam kelima itu. Negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam juga mengambil kebijakan serupa. Begitu pula Mesir, India, Uzbekistan dan Afrika Selatan. Pelaksanaan ibadah haji yang mengharuskan jemaah berkumpul di satu tempat saat bersamaan dikhawatirkan bisa mentransfer virus COVID-19 antarjemaah.

Selain alasan pandemik, pemerintah juga tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan keberangkatan calon jemaah ke Saudi karena hingga 2 Juni 2020, Saudi belum mengumumkan apakah akan menyelenggarakan ibadah haji atau tidak.

Pemerintah Arab Saudi sendiri baru mengumumkan bakal menggelar ibadah haji pada 22 Juni 2020. Itu pun terbatas dan tidak menerima jemaah dari luar negeri. Dari sekitar dua jutaan jemaah setiap tahunnya, tahun ini jemaah haji dibatasi hanya 10.000 orang saja.

"Karena situasi pandemik terus berlanjut dan virus corona lebih berisiko menyebar di area berkerumun dan perkumpulan orang dalam jumlah banyak, dan melihat penyebarannya antar negara, lalu dengan melihat rata-rata kenaikan secara global, maka diputuskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tetap dilaksanakan dengan jumlah jemaah yang sangat terbatas. Calon jemaah boleh berasal dari beragam kewarganegaraan yang sudah tinggal di Saudi," demikian pernyataan Kementerian Haji dan Umrah Saudi, 22 Juni 2020.

Nah, bagaimana proses persiapan penyelenggaraan haji yang tidak biasa ini, Live IG IDN Times akan menghadirkan Dubes RI di Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dalam Ambassasor's Talk bertema "Berhaji di Tengah Pandemik". Live IG ini akan akan digelar Rabu (15/7/200) pukul 18.00-19.00 WIB.

Jangan lewatkan ya!

Baca Juga: Haji 2020 Batal, Bagaimana Nasib Perlengkapan Calon Jemaah Haji?

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya