KPU Ungkap Nasib Logistik Pemilu Jelang  14 Februari

KPU distribusikan logistik pemilu dengan berbagai cara

Jakarta, IDN Times - Pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kurang dari dua hari lagi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan nasib logistik berbagai keperluan pemilu sudah didistribusikan dengan baik.

Adapun logistik alat perlengkapan pemungutan penghitungan suara itu di antaranya berupa kotak suara, surat suara, dan berbagai formulir penghitungan yang digunakan sebagai administrasi perolehan hasil suara di tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari menyebut bahwa logistik pemilu sebagian masih dalam proses distribusi dari gudang menuju TPS di kecamatan, kelurahan, dan desa.

"Posisinya semua sudah disortir, dilipat, dibungkus, dan dimasukan ke dalam kotak suara. Sekarang ini sedang dalam proses distribusi dari gudang-gudang KPU menuju kecamatan, menuju desa, kelurahan, dan menuju TPS," kata Hasyim dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024).

Sementara, untuk posisi gudang yang dekat jangkauannya dengan TPS, akan langsung didistribusikan dari gudang ke TPS, tanpa melalui kecamatan, desa, dan kelurahan. Pertimbangannya, kata Hasyim, karena KPU tidak punya gudang di tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa.

"Gudang adanya di tingkat kabupaten kota. Sehingga KPU harus memikirkan juga mempertimbangkan tentang kondisi penempatan kotak suara di tingkat kecamatan/desa/kelurahan," ungkap dia.

1. Pengiriman logistik pemilu ditempuh dengan berbagai cara

KPU Ungkap Nasib Logistik Pemilu Jelang  14 FebruariIlustrasi logistik Pemilu. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasyim menuturkan, logistik pemilu sudah didistribusikan ke sejumlah daerah yang lokasinya relatif jauh dari kota. Hal itu untuk memastikan tak adanya keterlambatan logistik.

KPU berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mendistribusikan logistik, salah satunya dengan aparat TNI dan Polri. Jajaran KPU Daerah melaporkan pengiriman logistik ditempuh dengan berbagai cara, mulai dari jalan kaki, sepeda motor, speedboat, hingga tunggangan hewan seperti sapi.

"Ada yang jalan kaki karena menuju ke lokasi TPS itu satu-satunya hanya bisa ditempuh lewat jalan kaki, ada yang pakai sepeda motor, ada yang bawa mobil, ada yang diantar pakai perahu-perahu speedboat ke wilayah-wilayah kepulauan," tuturnya.

"Alhamdulilah dilaporkan, daerah yang jauh-jauh, terluar dari berbagai macam provinsi itu sudah mulai tiba di lokasi masing-masing. Sehingga masih ada waktu satu hari untuk sampai TPS, untuk memastikan bahwa kegiatan pemungutan suara Rabu, 14 Februari 2024 itu logistik InsyaAllah sudah tersedia di TPS pada hari H pemungutan suara," sambung Hasyim.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa dan Aliansi Mendesak Ketua KPU RI dan Jokowi Mundur 

2. Pengiriman logistik di daerah terdampak bencana

KPU Ungkap Nasib Logistik Pemilu Jelang  14 FebruariKPU RI menggelar simulasi pengiriman logistik Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Bogor, Cibinong, Jawa Barat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

KPU juga mengantisipasi, jelang pemungutan suara, sejumlah daerah ada yang terdampak bencana. Salah satunya, bencana banjir yang kini terjadi di sejumlah wilayah di bagian utara Jawa Tengah, meliputi Grobogan, Demak, hingga Kudus.

Hasyim memastikan pihaknya akan membicarakan lebih lanjut terkait mekanisme pemungutan suara di desa-desa yang dilanda bencana. KPU terus berkoordinasi dengan jajaran KPU daerah setempat.

"Dalam situasi ini kita pantau terus, sampai hari ini sudah ada laporan dari KPU Demak dan KPU Provinsi Jateng kepada kami berapa desa yang masih tergenang air dan kemungkinan untuk bisa surut pada 14 Februari itu masih dipantau terus. Sehingga nanti kami akan mabil keputusan, statsunya pemungutan suara di desa-desa yang masih tergenang banjir. Bagaimana akan kita putuskan besok," beber Hasyim.

3. Mengenal logistik pemilu

KPU Ungkap Nasib Logistik Pemilu Jelang  14 FebruariKPU RI menggelar simulasi pengiriman logistik Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Bogor, Cibinong, Jawa Barat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagaimana diketahui, logistik pemilu merupakan perlengkapan penyelenggaraan yang digunakan dalam pemilu anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta perlengkapan penyelenggaraan yang digunakan dalam pemilu presiden dan wakil presiden.

Perlengkapan pemilu diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 14 Tahun 2023 tentang perlengkapan pemungutan suara, dukungan perlengkapan lainnya, dan perlengkapan pemungutan suara lainnya dalam pemilihan umum. Dalam aturan itu dijelaskan perlengkapan pemungutan suara yakni kotak suara, surat suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, alat untuk mencoblos pilihan, dan TPS/TPSLN.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Banjir Demak, KPU Jateng Usulkan TPS di Kecamatan Karanganyar PSU 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya