Muncul Imbauan Tak Pilih Paslon yang Didukung Ba'asyir, Ini Kata TKN

Imbauan itu disampaikan oleh Sekjen PBNU Gus Ipul

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PBNU, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul meminta warga NU tidak memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden yang didukung eks terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir.

Sebelumnya, Ba'asyir menyatakan dukungannya kepada paslon nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

1. Imbauan itu merupakan hak Gus Ipul

Muncul Imbauan Tak Pilih Paslon yang Didukung Ba'asyir, Ini Kata TKNSekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menanggapi hal itu, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid mengaku bersyukur dengan imbauan tersebut. Namun, dia menegaskan pernyataan itu merupakan hak Gus Ipul.

"Itu urusannya Gus Ipul, ya kan, urusannya Gus Ipul. Kalau beliau (Gus Ipul) menganjurkan supaya tidak milih pasangan itu (Anies-Muhaimin ) ya alhamdulillah, itu haknya beliau," kata Nusron kepada awak media di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024).

"Kalau pada dukung pasangan kami (Prabowo-Gibran) ya alhamdulillah juga, itu rezeki kami," lanjut Nusron.

Baca Juga: Alasan Bobby Posting Joget Gemoy untuk Kampanye Prabowo-Gibran

2. TKN pastikan Prabowo-Gibran dan timsesnya berisi orang-orang baik

Muncul Imbauan Tak Pilih Paslon yang Didukung Ba'asyir, Ini Kata TKNPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka jelang mendaftar sebagai capres dan cawapres ke KPU pada Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Politikus Golkar itu memastikan, Prabowo-Gibran maupun timsesnya merupakan orang-orang baik. Sehingga tak heran apabila mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Timnya juga orang baik-baik. Pasti disayang Tuhan (dan) akan mendapatkan terus dukungan dari berbagai pihak," ucap Nusron.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Ganjar-Mahfud Menguat, Prabowo-Gibran Pertama 

3. Gus Ipul imbau tak dukung paslon yang didukung Ba'asyir dan Amien Rais

Muncul Imbauan Tak Pilih Paslon yang Didukung Ba'asyir, Ini Kata TKNKetua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Gus Ipul meminta seluruh warga NU bisa menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024. Ia pun mengimbau warga NU memilih calon presiden (capres) yang sesuai dengan kaidah NU.

"Kita ingin warga NU mencoblos pada tanggal 14. Kita berharap semua warga NU hadir dan menggunakan hak pilihannya dengan sungguh-sungguh memperhatikan semua paslon yang ada,” kata dia dalam keterangannya, dikutip Kamis (18/1/2024).

Gus Ipul berharap warga NU bisa mengetahui secara pasti calon mana yang seiring sejalan dengan kepentingan Indonesia dan kepentingan NU. Ia lantas mengimbau supaya warga NU tak mendukung kandidat yang didukung Abu Bakar Ba'asyir, apalagi Amien Rais.

Diketahui, pasangan yang mendapatkan dukungan langsung dari Abu Bakar Ba'asyir dan Amin Rais pada Pemilu 2024 itu adalah kandidat capres dan cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Iskandar alias Cak Imin.

“Jangan kita mendukung pasangan yang didukung oleh orang-orang yang berseberangan dengan cara berfikirnya orang NU. Seperti calon yang didukung Abubakar Baasyir misalnya, apalagi ada Amien Raisnya juga,” ujar dia.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu juga mengajak warga NU untuk memilih pasangan capres dan cawapres yang bermazhab ahlussunah waljamaah

Ia meminta supaya warga NU mau memilih dan memilah dari ketiga pasangan capres dan cawapres yang ada agar tidak tersesat karena berita hoaks.

“Pastikan bahwa paslon yang kita pilih itu sesuai dengan cara bermadzhab dan berfikirnya NU. Pilih dan pilah semua info yang ada agar kita tidak tersesat karena berita-berita hoax,” ujarnya.

Gus Ipul juga mengimbau supaya warga NU menghindari kelompok-kelompok yang selama ini berseberangan dengan NU harus dihindari. Terlebih hanya diiming-imingi posisi wapres.

“Kita harus waspada pada kelompok lain yang berseberangan dengan NU apalagi cuma diiming-iming posisi wakil presiden. Jangan mau pilih kelompok ini,” kata dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya