Persiapan Debat Besok di Jakarta, Gibran Ambil Cuti Dua Hari

Debat capres-cawapres mulai digelar 

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengambil cuti sebagai persiapan mengikuti debat calon presiden (capres) yang akan diselenggarakan besok, Selasa (12/12/2023).

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN), Nusron Wahid mengatakan, Gibran mengambil cuti pada hari ini, Senin (11/12/2023) sampai Selasa (12/12/2023). Saat ini, kata dia, Gibran berada di Jakarta.

"Ya Mas Gibran cuti dua hari. Senin-Selasa ada di Jakarta sekalian persiapan debat," ujar dia dalam keterangannya, Senin (11/12/2023).

Baca Juga: Bersihin Rumah Ibadah, TKN: Wujud Politik Pengabdian Prabowo-Gibran

1. Gibran dijadwalkan blusukan hari ini

Persiapan Debat Besok di Jakarta, Gibran Ambil Cuti Dua HariCalon Wakil Presiden Gibran Rakabuming dan Calon Presiden Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Berdasarkan agenda yang diterima IDN Times, Gibran berencana blusukan ke sejumlah titik di DKI Jakarta.

Agenda blusukan pertama Gibran adalah ke Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kemudian, Gibran blusukan ke rumah warga yang berada di Kelurahan Pasar Manggis.

Baca Juga: Sindir Prabowo Tak Bisa Blusukan, Hasto: Ganjar Tidur di Rumah Warga

2. Gibran ngaku sudah lakukan simulasi

Persiapan Debat Besok di Jakarta, Gibran Ambil Cuti Dua HariIlustrasi debat calon presiden dan wakil presiden jelang pemilihan presiden (pilpres) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Gibran mengatakan sudah melakukan simulasi debat sebelum mengikuti debat resmi yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sudah, sudah (persiapan), sudah simulasi juga," kata Gibran saat ditemui di Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023).

Baca Juga: Prabowo: Gibran Saya yang Pilih, Gak Ada Dinasti-Dinastian!

3. Besok debat capres

Persiapan Debat Besok di Jakarta, Gibran Ambil Cuti Dua Hariilustrasi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Diketahui, Gibran akan ikut mendampingi capres Prabowo Subianto saat mengikuti debat yang diselenggarakan di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

KPU juga telah menetapkan tema debat capres dan cawapres pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, mengungkapkan, debat akan digelar sebanyak lima sesi dengan tema yang berbeda. Debat pilpres tersebut diselenggarakan bergantian.

Debat pertama akan digelar untuk capres. Kedua untuk cawapres, ketiga untuk capres, dan keempat untuk cawapres. Terakhir atau kelima kembali debat untuk capres.

"Debat pertama itu nanti adalah porsinya untuk debat capres. Debat kedua adalah debat untuk cawapres. Debat yang ketiga adalah debat untuk capres. Debat keempat adalah debat untuk cawapres dan kelima atau yang terakhir, itu porsinya untuk debat capres," kata dia di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023).

Lebih lanjut, KPU juga mengungkapkan lima tema sesi debat sebagai berikut:

1. Pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga (capres)

2. Ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan (cawapres)

3. Pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik (capres)

4. Pembangunan berkelanjutan, SDA, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. (cawapres)

5. Kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM, dan inklusi (capres)

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Gibran Jawab Sindiran soal Susu Gratis dan Kebanyakan Joget

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya